Putu Gede Belum Miliki Lisensi AFC Pro, Arema FC Disemprot PT LIB

Putu Gede tidak boleh latih Arema FC sebelum dapat lisensi AFC Pro

Malang, IDN Times - Arema FC kembali diterpa masalah sebelum menjalani Liga 1 Musim 2023/2024. Kali ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) mempermasalahkan status Pelatih Kepala Arema FC, I Putu Gede Dwi Siswanto. Pasalnya, pelatih asal Bali ini belum mengantongi lisensi AFC Pro sebagai syarat minimal sebagai pelatih tim di Liga 1. PT LIB menegaskan tidak akan mentolerir jika ada klub yang tidak patuh pada regulasi Liga 1. Mereka tidak segan-segan memberikan sanksi pada klub tersebut.

1. Tanggapan Arema FC terkait ancaman dari PT LIB

Putu Gede Belum Miliki Lisensi AFC Pro, Arema FC Disemprot PT LIBI Putu Gede saat melatih Arema FC. (Instagram/aremafcofficial)

Manajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas mengatakan pihaknya sudah mendengar terkait warning dari PT LIB. Mereka pun sudah menyiapkan Plan b untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya dengan melakukan rolling antara I Putu Gede dan Joko 'Gethuk' Susilo.

"Jadi Coach Joko yang akan melanjutkan peran kepelatihan musim lalu. Jadi terkait lisensi pelatih tidak masalah," terangnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (24/06/2023).

Sebenarnya pada Liga 1 Musim 2023/2024 Joko Susilo akan didapuk jadi Assisten Pelatih Arema FC meskipun sudah mengantongi lisensi AFC Pro. Dan Putu Gede akan menjadi pelatih kepala Singo Edan. Tapi tampaknya rencana tersebut akan direvisi.

2. Manajemen Arema FC ingin menanamkan semangat legenda Singo Edan

Putu Gede Belum Miliki Lisensi AFC Pro, Arema FC Disemprot PT LIBI Putu Gede saat masih menjadi pemain Arema. (IDN Times/Istimewa)

Wiebie mengakui jika staff kepelatihan Arema FC musim ini memang dihuni banyak legenda Singo Edan. Begitupun duet Putu Gede dan Joko Susilo yang merupakan legenda Arema FC era Galatama dan Arema 2000an.

"Porsi kepelatihan memang banyak diisi oleh legenda-legenda Arema FC. Kita tidak ingin ada semangat yang terputus dari perjalanan Singo Edan," tegasnya.

Selain Gethuk dan Putu Gede, ada beberapa nama lain dari legenda Arema FC yang jadi staff pelatih Arema FC. Mereka diantaranya Kuncoro, Siswantoro, Singgih Pitono, dan FX Yanuar.

Baca Juga: Ilham Udin Armaiyn Hengkang dari Arema FC

3. Putu Gede sebenarnya sudah mengurus lisensi AFC Pro sejak Mei 2023

Putu Gede Belum Miliki Lisensi AFC Pro, Arema FC Disemprot PT LIBI Putu Gede saat memimpin sesi latihan Arema FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatih Arema FC, Putu Gede sebenarnya sudah mulai mengurus lisensi kepelatihan AFC Pro sejak Mei 2023. Oleh karena itu, ia beberapa meninggalkan latihan Arema FC demi mendapatkan lisensi tersebut. Namun, tampaknya hingga Juni 2023 ia belum juga mendapat lisensi AFC Pro.

Sampai Liga 1 akan berjalan pada 1 Juli 2023, tampaknya Putu Gede belum akan mendapatkan lisensi AFC Pro. Pasalnya menurutnya pada bulan Juli 2023 masih ada modul yang harus ia selesaikan.

Putu Gede berencana melatih Arema FC sambil menyelesaikan lisensi kepelatihan AFC Pro di tengah-tengah kompetisi Liga 1. Tapi tampaknya hal tersebut tidak bisa terealisasi karena PT LIB semakin ketat menerapkan peraturan.

Baca Juga: Arema FC Tundukkan Bali United di Stadion I Wayan Dipta

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya