Fernando Valente Merasa Kondisi Tim Arema FC Tidak Adil 

Arema FC akan menghadapi Bhayangkara FC hari ini

Malang, IDN Times - Arema FC akan menjalani pekan ke-11 Liga 1 Musim 2023/2024 menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi pada Jumat (1/9/2023) pukul 19.00 WIB. Arema FC tengah dalam situasi yang positif setelah meraih kemenangan perdana pada pekan lalu saat melawan Persikabo 1973. Sementara Bhayangkara FC belum bisa bangkit dari 4 pertandingan sebelumnya.

Arema FC dituntut untuk bisa kembali memenangkan pertandingan bersama pelatih barunya, Fernando Valente. Ini demi terlepas dari zona degradasi, pasalnya saat ini Singo Edan masih terdampar di posisi 17 klasemen Liga 1 musim 2023/2024 dengan hanya mengoleksi 6 poin dari 10 pertandingan.

1. Fernando Valente merasa situasi tim Arema FC tidak adil jika dibandingkan dengan tim lain

Fernando Valente Merasa Kondisi Tim Arema FC Tidak Adil Komentar Pelatih Baru Arema (Google/Avirista Midaada)

Fernando Valente mengeluhkan situasi timnya yang tidak adil dibandingkan tim-tim lain di Liga 1. Bagaimana tidak, mereka harus menjalani kompetisi sebagai tim musafir. Sedangkan tim-tim lain bisa bermain di kandang sendiri dan mendapatkan dukungan dari suporternya masing-masing.

"Ini bukan tentang saya, tapi seluruh tim Arema FC. Karena ini sangat tidak adil, bahwa kita tidak memiliki senjata yang sama seperti tim lain," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (1/9/2023).

Oleh karena itu, ia berharap agar Aremania memberikan dukungannya kembali pada Arema FC. Pasalnya dengan dukungan ini akan memberi motivasi yang tinggi pada para pemain.

Meskipun demikian, Fernando merasa terkejut dengan permainan Arema FC pada laga sebelumnya. Pasalnya Ariel Lucero dan kawan-kawan bisa bermain bagus dengan hanya sedikit persiapan, tapi mereka bisa belajar dan mengerti bagaimana cara bermain yang didinginkan pelatih 64 tahun ini. Ini membuat ia tidak sabar lagi untuk melakukan pertandingan selanjutnya.

"Kemarin adalah pertandingan yang sangat bagus, tapi itu hanya 3 poin. Kita harus terus memenangkan pertandingan, lebih konsisten, dan melihat tiap-tiap pertandingan," tegasnya.

Baca Juga: Sejumlah Fakta Fernando Valente Pelatih Arema FC

2. Arema FC membuktikan bahwa mereka tidak ketergantungan pada Gustavo Almeida

Fernando Valente Merasa Kondisi Tim Arema FC Tidak Adil Pemain Arema FC, Gustavo Almeida saat sesi latihan. (Dok. Media Officer Arema FC)

Fernando Valente juga telah membuktikan bahwa timnya tidak mengalami ketergantungan pada sosok Gustavo Almeida. Ini terbukti dari kemenangan melawan Laskar Padjajaran di laga sebelumnya. Gol dicetak dari tendangan first time Dedik Setiawan. Akhirnya ada pemain lain yang bisa mencatatkan namanya di papan skor.

"Saya tahu Gustavo adalah pemain penting, saya pikir Gustavo bisa tampil kali ini. Tapi apa yang kita perlihatkan pada pertandingan sebelumnya bahwa tanpa pemain utama sekalipun tetap bisa bermain bagus," ujarnya.

Fernando Valente tidak ingin membangun tim hanya dengan satu atau dua pemain saja. Ia ingin setiap pemain memiliki peran untuk mengangkat performa Singo Edan. Sehingga meskipun ada pemain yang absen, tidak akan mempengaruhi performa tim.

"Inilah bagaimana kami membangun tim dan bermain sesuai dengan yang saya inginkan. Bahwa selain bermain bagus tapi kemenangan juga harus diraih," ucapnya.

3. Fernando Valente melihat Arema FC dan Bhayangkara FC berada di level yang sama

Fernando Valente Merasa Kondisi Tim Arema FC Tidak Adil Fernando Valente saat memberi instruksi pada seluruh pemain Arema FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatih asal Portugal ini juga melihat bahwa pertandingan hari ini akan menjadi pertandingan yang seru. Pasalnya kedua tim sama-sama berada di zona degradasi, membuat keduanya memiliki fighting spirit untuk meraih 3 poin. Ditambah Bhayangkara FC memiliki beberapa pemain bagus yang perlu diwaspadai.

"Saya kita baik Arema maupun Bhayangkara memiliki level yang sama. Tapi kita dituntut untuk bisa memenangkan pertandingan kali ini agar bisa keluar dari situasi ini (terpuruk)," jelasnya.

Fernando menjelaskan bahwa pertandingan ini sangat penting bagi Singo Edan, karena merupakan bagian pertama dari sebuah proses yang tengah mereka kerjakan. Dari pertandingan ini ia ingin melihat bagaimana permainan Johan Ahmad Farisi dan kawan-kawan berkembang.

"Kita telah mempersiapkan kesulitan yang akan diberikan Bhayangkara FC. Kita telah mempersiapkan formula-formula untuk bisa memenangkan pertandingan," paparnya.

Di tempat yang sama, gelandang Arema FC, Ginanjar Wahyu mengatakan kalau mereka siap 100 persen untuk menghadapi Bhayangkara FC. Dirinya akan menampilkan penampilan terbaiknya untuk memastikan Singo Edan meraih 3 poin.

"Karena ini adalah pertandingan yang penting, karena semua pemain menginginkan menampilkan permainan terbaiknya. Meskipun persiapan singkat, kita yakin akan menampilkan yang terbaik, bekerjasama sebagai tim, dan menjalankan taktik yang sudah dipersiapkan," pungkasnya.

Baca Juga: Pecah Telur, Arema FC Bidik 3 Poin Kedua Lawan Bhayangkara FC

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya