Arema FC Beruntung karena 2 Kartu Merah Pemain Dewa United

Arema FC tumbangkan Dewa United dengan skor 2-1

Malang, IDN Times - Arema FC akhirnya bisa membalas kekalahan pada putaran pertama dari Dewa United pada pekan ke-18 Liga 1 Musim 2023/2024. Mereka berhasil menumbangkan skuad Jan Olde Riekerink dengan skor 2-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali pada Kamis (2/11/2023). Dua gol Arema FC dicetak melalui penalti Gustavo Almeida pada menit 57, kemudian diikuti gol spektakuler Dedik Setiawan pada menit 67, sementara gol Dewa United dicetak Alex Martins Ferreira pada menit 70.

Hasil ini membuat Arema FC kian dekat untuk keluar zona degradasi atau hanya berjarak 1 poin saja dari Persita Tangerang yang berada di peringkat 15 papan klasemen Liga 1. Sementara Dewa United harus merosot 2 peringkat ke peringkat 8.

1. Fernando Valente mengakui Arema FC beruntung karena Dewa United mendapatkan 2 kartu merah

Arema FC Beruntung karena 2 Kartu Merah Pemain Dewa UnitedGustavo Almeida saat berduel dengan pemain Dewa United. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pertandingan antara Arema FC melawan Bali United berjalan sangat keras, wasit Nendi Rohaendi harus mengeluarkan 12 kartu kuning dan 2 kartu merah. Kartu merah diterima oleh pemain Dewa United yaitu Ahmad Risadi pada menit 39 dan Egy Maulana Vikri pada menit 90. Fernando Valente mengatakan jika mereka bisa unggul dari Dewa United karena menang jumlah pemain.

"Tentu saja kita mendapatkan keberuntungan karena mereka mendapatkan 2 kartu merah. Tapi saat kita tidak mencoba mencari solusi saat tidak mendapatkan bola, mungkin kami tidak akan bisa menang meskipun unggul dengan satu pemain saja," terang Pelatih Arema FC, Fernando Valente saat dikonfirmasi pada Jumat (3/11/2023).

Fernando mengatakan jika Dewa United adalah tim yang memiliki pemain-pemain berpengalaman dan pelatih yang bagus. Arema FC sangat kesulitan untuk mengimbangi permainan mereka pada babak pertama. Mereka bahkan bisa membobol gawang Julian Schwarzer meskipun kalah jumlah pemain pada babak kedua.

"Pada menit-menit akhir kita menghadapi situasi yang sulit, begitu juga mengatasi emosi pemain. Tapi kita tetap bertarung seperti singa, saya kira kita layak mendapatkan kemenangan ini," jelasnya.

Oleh karena itu, Fernando mengatakan jika kemenangan ini ia dedikasikan pada pemain-pemainnya yang telah mau berubah dengan menerapkan ide-idenya dalam permainan. Ia juga mendedikasikan kemenangan ini pada asisten pelatihnya, FX Yanuar, yang telah mensupport dirinya sebagai teman, penerjemah, analis, dan telah membantunya menyelesaikan banyak masalah bersama-sama.

Baca Juga: 5 Pemain Arema FC yang Tampil Tidak Sesuai Ekspektasi

2. Fernando Velente mengatakan jika ini adalah start baru Arema FC

Arema FC Beruntung karena 2 Kartu Merah Pemain Dewa UnitedBek kanan Arema FC, Achmad Figo, saat bermain melawan Dewa United. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatihan berkewarganegaraan Portugal ini menjelaskan jika putaran kedua Liga 1 adalah start awal Arema FC pada musim ini. Ia ingin para pemain melupakan rentetan hasil buruk pada putaran sebelumnya. Ini adalah awal yang baru bagi Arema FC, dan ia senang awal baru ini dimulai dengan kemenangan.

Namun, Fernando mengingatkan anak-anak asuhannya agar tidak terlena, pasalnya mereka masih dalam rentetan pertandingan melawan tim-tim papan di Liga 1. Ia menjelaskan jika pada 3 pertandingan sebelumnya mereka harus melawan Borneo FC, PSM Makassar, dan Madura United yang berakhir kekalahan. Kini mereka bisa mengalahkan Dewa United, tapi di depan mereka susah ditunggu Persib Bandung.

"Ini artinya kita harus tetap bekerja, kita harus tetap berimprovisasi, dan target saya adalah untuk mempersiapkan Arema menghadapi tim-tim besar seperti ini. Pada saat kita tidak memiliki pergerakan kolektif dan organisasi yang bagus, maka kita tidak memiliki kesempatan untuk menang," ungkapnya.

Ia yakin jika pemain-pemain Arema FC paham dengan tantangan yang akan mereka hadapi, sehingga mereka akan selalu mempersiapkan tim untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya. Dan akan memberikan determinasi yang tinggi pada tiap pekannya.

3. Rahasia Fernando Valente agar membuat pemain Singo Edan bangkit pada babak kedua

Arema FC Beruntung karena 2 Kartu Merah Pemain Dewa UnitedPemain-pemain Arema FC saat merayakan gol ke gawang Dewa United. (Dok. Media Officer Arema FC)

Fernando mengungkapkan jika ia memberi masukan pada para pemainnya saat jeda babak pertama sehingga bisa membalikkan keadaan melawan Dewa United. Ia mengatakan pada pemain agar lebih bersabar, lebih fokus, dan terorganisir. Pasalnya Dewa United memiliki pemain-pemain yang sangat berpengalaman bisa mencetak skor baik dengan transisi maupun set piece meskipun Arema FC telah unggul jumlah pemain.

"Pada menit akhir kita menderita banyak serangan, mereka sangat kuat pada saat duel udara dan set piece. Tapi kita juga melatih banyak cara untuk mematahkan dan memasuki garis pertahanan lawan," bebernya.

Pelatih 64 tahun ini mengatakan jika Arema FC memiliki kelebihan dari kedua sayapnya, oleh karena itu mereka melakukan kombinasi dari sisi kanan dan kiri mereka. Karena kombinasi inilah, mereka berhasil menciptakan peluang yang membuahkan gol. Meskipun 1 gol mereka dsri titip putih, ia tidak mempersoalkan gol tersebut dari mana.

"Tentu saja kita mencetak gol melalui penalti, karena penalti tidak datang dari langit. Dan kita memiliki talenta dari Dedik, dia adalah pemain yang luar biasa dan paling bekerja keras hari ini. Dia sangat layak untuk mendapatkan gol yang sangat luar biasa itu, tapi ini bukan gol terakhirnya karena dia akan membuat gol-gol berikutnya," ucapnya.

4. Dedik Setiawan bahagia bisa mencetak gol indah melawan Dewa United

Arema FC Beruntung karena 2 Kartu Merah Pemain Dewa UnitedDedik Setiawan saat merayakan gol ke gawang Dewa United bersama Achmad Maulana Syarif. (Dok. Media Officer Arema FC)

Striker Arema FC, Dedik Setiawan sangat bahagia bisa menciptakan gol dari tendangan jarak jauh. Ia sangat senang berkat golnya ini Singo Edan berhasil memenangkan pertandingan dan mengamankan 3 poin. Ini adalah gol ketiga Dedik di ajang Liga 1 musim ini.

"Kita sudah banyak bicara dengan pelatih, bahwa kita akan fokus menikmati setiap pertandingan. Teman-teman juga enjoy dalam pertandingan ini sehingga bisa mendapatkan kemenangan," paparnya.

Dedik menceritakan jika pada saat mencetak gol, ia begitu saja melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Pasalnya Dewa United memberikan pressure yang hebat sehingga dirinya harus membuat keputusan cepat, di saat yang sama ia tidak melihat ada satupun pemain Arema FC di depannya. Sehingga ia memilih untuk melakukan shooting langsung ke gawang dan terciptalah gol.

"Saya kira pada babak pertama kita kesulitan karena lawan bermain lebih kompak. Tapi Alhamdulillah pada babak kedua kita berhasil mencuri gol lebih dulu, mungkin karena alasan itu anak-anak memiliki motivasi lebih untuk menyerang menambah gol," pungkasnya.

Baca Juga: Arema FC Harus Bungkam Dewa United Sebagai Syarat Lolos dari Degradasi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya