2 Pemain Lokal Jadi Korban Pertama Rencana Perombakan Arema FC

Keduanya dipinjamkan ke tim Liga 2

Malang, IDN Times - Arema FC telah memulai proyek perombakan pemain di bawah asuhan Fernando Valente. Beberapa pemain dengan kontribusi minim mulai disingkirkan pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2023/2024.

Kedua pemain yang menjadi korban pertama rencana revolusi ini adalah Hamdi Sula Umanailo dan Samsudin. Keduanya akan dipinjamkan kepada tim yang berlaga di Liga 2.

1. Samsudin akan dipinjamkan ke Persikab Kabupaten Bandung dan Hamdi Sula ke PSMS Medan

2 Pemain Lokal Jadi Korban Pertama Rencana Perombakan Arema FCManajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas. (Instagram/wiebie_andriyas76)

Manajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas mengatakan jika keduanya tidak lagi masuk dalam rencana Fernando Valente dalam lanjutan Liga 1. Keduanya dianggap tidak mampu bersaing di dalam tim. Oleh karena itu, keduanya akan dipinjamkan ke tim lain yang berlaga di Liga 2.

"Hamdi akan dipinjamkan ke PSMS Medan. Sementara Samsudin akan ke Persikab Kabupaten Bandung," terang Wiebie saat dikonfirmasi pada Rabu (1/11/2023).

Keputusan ini telah diterima oleh kedua pemain ini, keduanya juga memiliki keinginan untuk mendapatkan menit bermain lebih. Sehingga didapatkan kesepakatan agar keduanya dipinjamkan ke tim lain yang bisa menjanjikan posisi reguler di tim.

"Sebenarnya keduanya memiliki potensi. Jadi kami doakan yang terbaik untuk mereka di tim barunya," ucapnya.

Baca Juga: Jadwal Arema FC Bulan November 2023, Jumpa Persib!

2. Samsudin gagal menembus persaingan di winger kanan

2 Pemain Lokal Jadi Korban Pertama Rencana Perombakan Arema FCPemain baru Arema FC, Samsudin. (Dok Media Officer Arema FC)

Samsudin datang ke Malang pada 1 Juli 2023 dari Deltras Sidoarjo dengan harapan tinggi. Ia akhirnya bisa membela tim di kompetisi dengan kasta yang kebih tinggi. Ia datang bersama eksodus beberapa pemain Deltras Sidoarjo ke Arema FC.

Namun harapan tinggal harapan, ia gagal menunjukkan performa memuaskan bersama Singo Edan. Ia hanya tampil sebanyak 5 kali bersama Arema FC, dan kecepatannya tidak mampu menembus pertahanan tim-tim Liga 1. Hingga akhirnya Samsudin tersingkir dalam persaingan winger kanan Arema FC yang diisi nama-nama seperti Dendi Santoso dan Charles Lokolingoy.

Pemain 26 tahun ini akhirnya harus kembali merasakan atmosfer Liga 2 bersama Persikab Kabupaten Bandung. Sambil kembali menata performanya yang menurun akibat jarang mendapatkan tempat di tim Singo Edan.

3. Hamdi Sula yang menyia-nyiakan kesempatan kosongnya posisi bek tengah Arema FC

2 Pemain Lokal Jadi Korban Pertama Rencana Perombakan Arema FCHamdi Sula (instagram.com/aremafcofficial)

Kedatangan Hamdi Sula di Arema FC sebenarnya sangat tepat waktu. Ia digadang bisa mengisi posisi yang ditinggalkan Bagas Adi Nugroho. Pemain kelahiran Sleman ini diterpa badai cedera yang membuatnya harus absen dalam banyak pertandingan. Ichaka Diarra juga menunjukkan performa mengecewakan ditambah ia juga sering keluar masuk ruang medis Singo Edan. Artinya 2 posisi bek tengah kosong pada waktu bersama.

Hamdi sula telah dicoba beberapa kali di posisi tersebut, tapi ia menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Penampilannya kurang solid sehingga Arema FC tidak terhindar dari kekalahan.

Kedua posisi tersebut justru direbut oleh Syaeful Anwar dan Charles Raphael yang awalnya berposisi sebagai gelandang bertahan. Hamdi juga beberapa kali dicoba sebagai bek sayap, namun ia tidak cukup cepat untuk membantu serangan sekaligus menjaga posnya di belakang.

Total Hamdi sudah bermain sebanyak 7 kali bersama Arema FC. Namun, itu tidak cukup membuat Fernando puas dan bersedia mempertahankan dirinya. Hingga akhirnya ia dikembalikan pada tim lamanya, PSMS Medan.

Baca Juga: Usai Arema Kalah dari Bali United, Putu Gede Mundur dari Arema FC

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya