Indonesia vs Turkmenistan 2-0, Erick Thohir: Mungkin Ranking Kita Naik

Semoga saja ya

Surabaya, IDN Times - Tim Nasional (Timnas) Indonesia unggul 2-0 mengalahkan Timnas Turkmenistan dalam FIFA Matchday di Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (8/9/2023). Dengan kemenangan tersebut, bisa saja rangking Indonesia di FIFA naik. 

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir mengatakan, Timnas Indonesia memang tidak sebagus Eropa, dimana saat kumpul pemain labgsung kompak. Timnas perlu waktu untuk tetap solid.

"Ini lah kita selalu berharap di PSSI punya waktu lebih untuk konsolidasi, apapun hasilnya ini hasil yang baik," ujar Erick usai menonton pertandingan Indonesia vs Turkmenistan di GBT, Jumat (8/9/2023). 

Erick menyebut, Rangking FIFA Turkmenistan hari ini masih lebih tinggi dari Indonesia yakni 138, sementara rangking Indonesia 150. Dengan kemenangan hari ini, bisa saja peringkat Indonesia naik. 

"Rangking Turkmenistan itu lebih tinggi artinya kalau kita menang mungkin hari ini posisi kita naik di 147 atau 148 tergantung negara lain," kata Erick. 

Untuk itu, dirinya akan manfaatkan momen menambah stok-stok pemain Timnas. Apalagi, di bulan September ini cukup berat bagi Timnas. 

"Memang bulan September ini bulan yang berat, Timnas main, U-17 masuk trining center, lalu U-23 main, Asian games main nah ini lah saya selalu tekankan, kita terus harus membangun lebih banyak lagi pemain, supaya stok kita cukup," ungkap dia. 

"Saya tadi hitung-hitung sama Waketum, sama Coach Indra sama Exco. Di usia 17 itu minimal kita lima kali sebelas paling enggak 55 pemain. Di U-20 sebelas kali empat begitu pun di klub senior sebelas kali tiga," tambahnya. 

Stok timnas harus ditambah agar timnas mengalami regenerasi. Generasi emas hari ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. 

"Banyak negara Eropa pun ketika generasi emas bagus, begitu meleset gak ketemu lagi 10 tahun. Nah momentumnya ini Allah baik, kita jangan sia siakan momentum," pungkas dia. 

Baca Juga: Indonesia Menang 2-0 atas Turkmenistan, Shin Tae-yong: Semua Bagus!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya