Jauh dari Rumah dan Tanpa Dukungan Bonek, Persebaya Yakin Libas PSM

Ayo Jul, wayahe menang!

Surabaya, IDN Times - Persebaya Surabaya akan menjalani laga tunda lanjutan Shopee Liga 1 melawan PSM Makassar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (14/11). Berstatus sebagai tuan rumah, Bajul Ijo-julukan Persebaya- akan menjalani laga jauh dari rumahnya karena sanksi yang dijatuhkan PSSI.

Kendati demikian, Pelatih Persebaya Aji Santoso optimistis anak asuhnya akan meraih 3 poin penuh. Ini merupakan laga kedua yang dijalani Aji setelah pada laga debutnya mampu menahan imbang tuan rumah PS Tira-Persikabo 2-2.

“Mudah-mudahan anak-anak bisa bermain dengan bagus dan mendapatkan poin yang tinggi,” tutur Aji saat konfrensi pers, Rabu (13/11).

1. Bajul Ijo tidak diperkuat Hansamu Yama dan Otavio Dutra

Jauh dari Rumah dan Tanpa Dukungan Bonek, Persebaya Yakin Libas PSMOtavio Dutra (kanan). Instagram.com/otaviodutra5_indonesia

Namun, perjuangan untuk meraih poin penuh itu dipastikan tidak mudah. Sebab, Persebaya dipastikan akan kehilangan duet bek andalan, Hansamu Yama Pranata dan Otavio Dutra.

Aji sendiri mempersiapkan Mokhamad Syaifuddin dan Andri Muladi untuk mengawal jantung pertahanan Persebaya.

“Hansamu tidak main karena akumulasi kartu. Dutra karena bermain di Timnas. Sudah disiapkan pengganti, karena memang stoknya tinggal 2 (Syaifuddin dan Andri,” sebut Aji.

2. Tanpa Bonek, Aji berharap pemain tetap tampil maksimal

Jauh dari Rumah dan Tanpa Dukungan Bonek, Persebaya Yakin Libas PSMSuasana Gelora Bung Tomo Surabaya saat pertandingan Persebaya vs PSS Sleman, Selasa (29/10). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain harus menjalani laga ratusan kilometer dari kandang, Bajul Ijo juga harus menjalani sanksi tanpa dukungan suporter setia mereka, Bonek. Aji mengaku bahwa dukungan Bonek sangat berarti bagi Persebaya. Meskipun demikian, Aji tak ingin hal itu menjadi alasan kualitas permainan Persebaya kendor selama 90 menit.

“Besok (Kamis) adalah pertandingan tanpa penonton. Sudah saya sampaikan ke seluruh pemain untuk siap mental tanpa dukungan Bonek. Sejujurnya kehadiran Bonek sangat diperlukan karena menjadikan motivasi lebih tinggi. Kami akan berusaha sekeras mungkin karena kami berstatus sebagai home (tuan rumah) meskipun main di Balikpapan,” ungkap mantan pelatih Persela tersebut.

Baca Juga: Debut Aji Santoso, Persebaya Harus Puas Seri 2-2 Lawan Tira Persikabo

3. Miswar masih diragukan tampil

Jauh dari Rumah dan Tanpa Dukungan Bonek, Persebaya Yakin Libas PSMpersebaya.id

Selain absennya dua centre-back, Persebaya juga dihadapi dengan masalah kebugaran pemain. David Da Silva dan Irfan Jaya belum sepenuhnya prima. Penjaga gawang Miswar Saputra pun kemungkinan besar akan duduk di bangku cadangan setelah sakit.

Kemungkinan Bajul Ijo akan kembali mengandalkan Imam Arief Fadillah sebagai penjaga gawang. Kendati kebobolan dua gol, mantan kiper Persib Bandung itu mampu menepis tendangan penalti Osas Saha saat menghadapi Tira-Kabo.

"Miswar saya rasa siap (tampil), hanya saja ia tampak kurus karena sakit beberapa hari. Tapi kondisinya sudah membaik,” beber Aji.

Baca Juga: Disanksi Berat, Persebaya Resmi Ajukan Banding 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya