Comscore Tracker

Sempat Terkendala Pandemik, Renovasi Stadion GBT Selesai Desember

Beberapa pekerjaan masih menunggu barang datang

Surabaya, IDN Times - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) telah resmi terpilih sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Untuk itu, Pemerintah Kota Surabaya pun mengebut pengerjaannya. Bahkan, mereka menargetkan renovasi stadion yang dibangun pada tahun 2010 itu bisa selesai paling lambat pada Desember 2020.

1. Sempat tersendat karena pandemik

Sempat Terkendala Pandemik, Renovasi Stadion GBT Selesai DesemberKepala Bidang Bangunan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya Iman Krestian saat ditemui di kantornya, Senin (9/3). IDN Times/Fitria Madia

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya, Iman Krestian menjelaskan, beberapa pekerjaan utama akan dimulai pada bulan Juli 2020. Pekerjaan tersebut antara lain penggantian rumput dan drainase lapangan, pengecatan tribun, pemasangan pagar keliling, serta penyelesaian interior seperti sirkulasi pemain, persiapan ruang ganti, ruang konferensi pers, dan lain-lain.

"Adanya PSBB kemarin memang sempat membuat persiapan mundur dari jadwal asal. Tapi insyallah bisa segera dikejar," ujar Iman saat dihubungi IDN Times, Sabtu (4/72020).

2. Pengerjaan single seat dan lift masih menunggu barang datang

Sempat Terkendala Pandemik, Renovasi Stadion GBT Selesai DesemberStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Sementara itu beberapa pekerjaan lain masih menunggu datangnya barang yang telah dipesan. Pandemik COVID-19 memang berdampak di negara manapun dalam berbagai bidang, termasuk penyediaan peralatan stadion. Barang-barang seperti single seat dan lift diperkirakan baru datang pada Agustus 2020.

"Jadi nanti pengerjaannya baru bisa Agustus, nunggu barang datang dulu," tuturnya.

Hal serupa juga berlaku pada pemasangan lampu stadion yang diganti dari 1200 lux ke 2400 lux. Pergantian ini dimulai pada bulan Agustus dan ditargetkan selesai pada November awal.

3. Rumput mulai diganti di akhir Juli

Sempat Terkendala Pandemik, Renovasi Stadion GBT Selesai DesemberIlustrasi Stadion Gelora Bung Tomo. IDN Times/ Mia Amalia

Untuk persiapan lapangan, pergantian rumput baru bisa dimulai di pekan ke empat Bulan Juli. Iman menjelaskan dibutuhkan waktu sekitar 4 bulan untuk menyiapkan rumput di lapangan GBT agar sesuai dengan standar FIFA.

"Jadi pekerjaannya 1,5 bulan ditamam. 3 bulan kemudian untuk adaptasi dan pertumbuhan rumputnya," jelasnya. Beberapa pekerjaan yang dirasa lebih mudah dilakukan ditaruh di akhir tahun seperti penggantian gawang dan bench pemain.

Baca Juga: Permak Gelora Bung Tomo, Pemkot Gelontorkan Dana Rp85 Miliar

4. Ditargetkan selesai pada Desember 2020

Sempat Terkendala Pandemik, Renovasi Stadion GBT Selesai DesemberRenovasi Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (29/12). Dok Humas Pemkot Surabaya

Iman mengatakan bahwa pihaknya menargetkan pengerjaan Stadion GBT ini diselesaikan di bulan Desember 2020. Oleh karena itu, saat ini para petugas dari DPRKPCKTR, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta dinas terkait lainnya sudah mulai memanaskan mesin untuk mengebut pekerjaan GBT.

Beberapa pekerjaan sebagai finishing ditaruh di akhir tahun seperti pengerjaan signage gate, kantin, area komersil, dan pemberian nomor pada gate serta single seat.

"Insyaallah selesai di Bulan Desember 2020," pungkasnya.

Baca Juga: Resmi! Gelora Bung Tomo Jadi Venue Piala Dunia U-20

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya