Comscore Tracker

Pemkot dan Persebaya Damai, Bonek Batal Demo Besar-besaran

Persebaya bisa menyewa Stadion GBT dan Stadion G10N

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya dan manajemen klub sepak bola Persebaya telah mencapai kesepakatan terkait polemik persewaan Stadion Gelora 10 November dan Stadion Gelora Bung Tomo. Pendukung Persebaya, Bonek pun lega dan membatalkan rencana demonstrasi mereka.

1. Bonek batal demo

Pemkot dan Persebaya Damai, Bonek Batal Demo Besar-besaranPara Bonek bersama manajemen Persebaya dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Rabu (24/3/2021). Dok Humas Pemkot Surabaya

Bonek sempat mengancam akan melakukan aksi besar-besaran dengan lima ribu massa untuk meminta Pemkot Surabaya dan Persebaya menyelesaikan masalah persewaan stadion untuk home base dan lokasi latihan Persebaya. Namun, rencana ini batal berkat pertemuan kedua belah pihak pada Rabu (24/3/2021).

"Sesuai dengan keinginan Bonek dan tuntutan-tuntutan kita selama ini sudah bisa dipenuhi oleh pihak Pemkot Surabaya. Untuk aksi kita yang di hari Jumat itu kemungkinan ditiadakan karena tuntutan kita sudah terpenuhi," ujar salah satu pentolan Bonek Tribun Timur, Hasan Tiro.

2. Selama ini Bonek cuma bisa kesal memantau polemik

Pemkot dan Persebaya Damai, Bonek Batal Demo Besar-besaranWali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat bertemu dengan Persebaya dan Bonek, Rabu (24/3/2021). IDN Times/Fitria Madia

Cak Hasan, sapaan akrabnya, mengungkapkan kekesalan mereka selama ini. Kedua belah pihak hanya saling berkomunikasi lewat surat. Bonek pun cuma bisa melihat keduanya berseteru dari media. Untungnya, mereka bertiga sudah bisa duduk bersama.

"Pihak Pemkot dan Persebaya hanya saling membalas surat-surat. Akhirnya hari ini pihak Pemkot, perwakilan manajemen, dan disaksikan Pak Kapolrestabes. Keraguan-keraguan soal homebase Persebaya sudah terjawab," tuturnya.

3. Akan kabarkan ke semua Bonek

Pemkot dan Persebaya Damai, Bonek Batal Demo Besar-besaranIDN Times/Hendy Wardhana

Usai pertemuan tersebut, Cak Hasan akan membagikan kabar bahagia itu kepada seluruh Bonek di Kota Surabaya. Karena tak jadi demo, mereka akan fokus untuk mendukung Persebaya dalam ajang Piala Menpora. Tentu saja, dukungan ini hanya bisa disampaikan dari rumah dan media sosial.

"Langkah selanjutnya kami akan sosialisasikan kesepakatan dari pertemuan ini kepada seluruh Bonek melalui media sosial-media sosial yang kita punya," ungkap Cak Hasan.

Baca Juga: Viral Bonek ke Bandung, Cak Conk: Kalau Video Benar, Kami Kecewa!

4. Bonek sempat rencanakan demo

Pemkot dan Persebaya Damai, Bonek Batal Demo Besar-besaranIDN Times/Hendy Wardhana

Sebelumnya, Bonek mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran terkait polemik stadion tersebut. Bahkan, mereka sudah menyerahkan surat pemberitahuan aksi demonstrasi ke Polrestabes Surabaya. Rencananya akan ada 5.000 massa yang turun ke jalan dalam aksi itu.

"Kami sebagai supporter Persebaya atau bonek gerah dalam situasi ini. Persebaya selalu terkendala home base maupun tempat latihan. Perlu digarisbawahi, aksi ini murni bukan siapa yang mendorong, siapa yang menyuruh. Ini murni ikatan emosional supporter dan tim kebanggan. Tidak unsur siapa pun," tegas dirijen Green Nord 27, Syaiful Antoni, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga: Persebaya dan Pemkot Belum Sepakat Soal Stadion, Bonek Akan Demo

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya