Timnas Indonesia U-17 Didatangi Radja Nainggolan

Mereka juga libatkan psikolog

Surabaya, IDN Times - Timnas Indonesia U-17 akan memainkan laga kedua melawan Panama U-17 dalam lanjutan penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Senin (13/11/2023).

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali memastikan bahwa jajaran pelatih telah mengevaluasi para pemain. Mulai dari fisik, teknik hingga mental. Khusus mental, Garuda Muda sempat didatangi eks pemain Belgia, Radja Nainggolan.

"Kemarin pagi anak-anak timnas dikunjungi salah satu bintang Eropa, Radja Nainggolan. Datang memberi semangat," ujarnya saat konferensi pers di Surabaya, Minggu (12/11/2023).

Zainudin juga memberi motivasi kepada penggawa timnas. Intinya, kalau di sepak bola semuanya mungkin terjadi. Dia mencontohkan dua tim kuat, Argentina dan Brasil kalah pada laga perdana. Sementara Indonesia bisa meraih poin.

"Ucapan Radja Nainggolan dicamkan betul oleh anak-anak," katanya. "Mental anak-anak sudah kita persiapkan. Semua lawan sama. Kuncinya anak-anak mempersiapkan diri sebaiknya dan fokus konsentrasi tugas diberikan pelatih," tegas Zainudin menambahkan.

Selain itu, Zainudin menyebut kalau di dalam Timnas Indonesia U-17 juga ada psikolog. Nah, psikolog inilah yang juga membantu mengontrol kondisi mental pemain. Jika ada yang terlihat cemas dan lain sebagainya, maka langsung ditangani. 

"Kita dilengkapi pelatih. Kita juga ada psikolog. Karena ini anak usia 17. Tadi habis makan semua enjoy gak ada beban. Bahkan psikolog saya minta cari tahu apakah ada yang cemas, ternyata tidak. Mereka santai dan fokus," beber dia.

Termasuk banyaknya kritik suporter di media sosial, Zainudin menyampaikan kalau para pemain tidak terganggu. Justru mereka santai menghadapinya. Hal tersebut juga sebagai bekal untuk mendewasakan diri.

"Mereka bilang, ini mendewasakan kami. Namanya juga main bola. Ada yang suka, ada yang gak suka. Kami memahami keinginan publik. Ekspektasi publik sangat besar. Ini pertama tim main di Piala Dunia. Secara mental insyaallah (bagus)," ungkapnya.

Baca Juga: Arkhan Kaka, Pemecah Rekor Indonesia dalam Sejarah Piala Dunia

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya