Comscore Tracker

Presiden Persebaya, Azrul Ananda Positif COVID-19

Sebelumnya sudah tiga kali negatif swab PCR

Surabaya, IDN Times - Presiden Persebaya Surabaya, Azrul Ananda mengumumkan bahwa dirinya positif COVID-19 dengan CT Value 17. Kendati begitu, putra dari Dahlan Iskan ini memastikan kalau dirinya dalam kondisi stabil dan tidak bergejala sama sekali.

"Saya pun dinyatakan positif mendekati akhir pekan lalu, swab PCR Kamis sore, hasil Jumat siang, 24-25 Juni," tulisnya di catatan happywednesday.id, Rabu (30/6/2021).

.

1. Beberkan jalani vaksinasi tiga kali dan swab PCR negatif tiga kali

Presiden Persebaya, Azrul Ananda Positif COVID-19IDN Times/Hendy Wardhana

Dalam catatannya tersebut, Azrul membeberkan bahwa telah menjalani vaksinasi sebanyak tiga kali. Dua kali suntik Vaksin Sinovac di Indonesia dan satu kali Vaksin Johnson & Johnson di Amerika Serikat. Tak hanya itu, dia juga menjalani beberapa kali tes swab PCR dengan hasil negatif COVID-19.

"Perlu saya tegaskan, dalam tiga pekan terakhir, saya menjalani begitu banyak swab. Sebelum pulang Amerika swab PCR. Begitu mendarat di Surabaya swab PCR. Setelah karantina lima hari swab PCR lagi. Semua negatif. Itu tiga kali PCR dalam tujuh hari," terangnya.

2. Sempat ke Kediri, Jakarta dan pantau Persebaya sebelum terpapar COVID-19

Presiden Persebaya, Azrul Ananda Positif COVID-19Presiden Persebaya, Azrul Ananda saat menonton salah satu pertandingan Persebaya. IDN Times/Hendy Wardhana

Azrul pun mencoba mencari dari mana asal virus SARS CoV-2 yang menjangkit dirinya. Dia menuturkan akhir pekan terakhir, melakukan simulasi acara gowes alias bersepeda dengan 14 pesepeda ke Kediri. Jarak tempuhnya mencapai 260 km dalam dua hari. Sabtu dan Minggu.

"Kami praktis bersama terus. Saling mengingatkan pakai masker ketika berhenti istirahat, bahkan marshal memberikan masker kalau ada dari kami yang sempat lupa," katanya.

Balik dari Kediri, Azrul ke Jakarta pada Senin pagi. Dia menjalani tes swab antigen, hasilnya negatif. Pada hari itu juga, dia langsung balik ke Surabaya. "Saya bercanda ke teman-teman: Gile bandara lumayan ramai," ungkapnya. Keesokan harinya, dia sempat memantau Persebaya latihan bersama klub Liga 2, PSHW.

"Tidak ada tanda-tanda apa-apa. Tidak ada gejala apa-apa. Kamisnya, saya dikabari kalau ada teman yang demam setelah dari Kediri. Hari itu, walau tidak ada gejala apa-apa, saya mengecekkan diri. Hasil swab antigen reaktif, dan sorenya saya segera swab PCR. Jumat siang, hasilnya keluar. Saya positif dengan nilai CT 17. Relatif baru," ungkap Azrul.

3. Jalani isolasi mandiri di rumah, keluarga dan ART dinyatakan negatif COVID-19

Presiden Persebaya, Azrul Ananda Positif COVID-19IDN Times/Istimewa

Usai terkonfirmasi positif COVID-19, Azrul langsung isolasi mandiri di rumah. Terpisah dari keluarga yang lain. Seluruh isi rumah juga diswab PCR. Hasilnya cukup memuaskan, karena istri, tiga anak, asisten rumah tangga, dan driver negatif COVID-19.

"Alhamdulillah, semua negatif. Padahal, istri saya juga ikut acara gowes di Kediri itu, dan selalu bersama saya. Keluarga besar juga swab semua. Alhamdulillah, negatif semua," tambah dia.

Karena dianggap tidak menunjukkan gejala, Azrul disarankan temannya swab PCR lagi. Karena diduga hasil yang didapat ialah false positive. Dia pun menjalani swab pada Senin (28/6/2021). Tapi hasilnya tetap positif dengan CT Value 22,37. "Kata teman dokter, berarti sudah di jalan yang benar menuju recovery," bebernya.

Baca Juga: Enggan Maju Pilwali, Azrul Ananda Tegaskan Tak Punya Ambisi Politik

4. Berencana swab PCR lagi pekan ini, ajak masyarakat ikuti vaksinasi COVID-19

Presiden Persebaya, Azrul Ananda Positif COVID-19Dok.IDN Times/Istimewa

Azrul menambahkan, ia juga telah menghubungi semua pihak yang ada kemungkinan kontak erat dengannya dalam sepekan terakhir. Azrul sendiri akan melanjutkan karantina mandiri. Rencananya swab lagi seminggu setelah positif pertama.

"Saya bersyukur, sejauh ini saya relatif tanpa gejala. Cuaca sedang tidak enak, panas hujan bergantian di Surabaya. Hidung kiri saya sempat agak buntu, tapi rasanya itu karena sinus yang memang sering kambuh kalau cuaca sedang seperti itu, dulu pernah dioperasi," kata dia.

Azrul mengaku tidak minum obat aneh-aneh. Hanya disarankan Vitamin C 1000, Vitamin D 5000, Zinc, dan makan yang banyak. Terkait vaksinasi, Azrul menyebut hasil swab PCR seorang temannya yang juga suntik tambahan di Amerika dan ikut gowes ke Kediri yakni negatif COVID-19.

"Saya bercanda, dia dan saya disuntik pada hari yang sama di Amerika. Tapi dia makan lebih banyak. Dan mungkin saya lebih kelelahan, karena besoknya langsung ke Jakarta dan disambung jadwal padat," ungkapnya.

"Dan mungkin, karena divaksin di Amerika itu, saya sekarang menjalani isolasi mandiri relatif tanpa gejala. Mungkin kalau saya tidak divaksin tambahan, kondisi saya mungkin beda dan saya tidak bisa menulis sepanjang ini. Yang pasti, teman saya yang bergejala adalah yang belum divaksin," lanjutnya.

Azrul pun tetap mengajak masyarakat agar mau ikut vaksinasi COVID-19, mumpung masih gratis. Menurutnya, vaksin adalah melawan probabilitas dengan probabilitas. "Dan karena gratis, tidak ada ruginya menjalani vaksin," tegasnya.

Baca Juga: Lawan Persebaya, Persela Kembali Kalah di Laga Uji Coba

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya