Liga 1 Pekan Ini Ditambah Alat dan Asisten Wasit

Telat gak se?

Surabaya, IDN Times - Pekan ke-30 Liga 1 2021/2022 akan sedikit berbeda. Sebab, Komite Wasit PSSI akan memberi alat tambahan untuk perangkat wasit yang bertugas di lapangan. Nah, pekan ke-30 sendiri mulai digelar, Rabu (9/3/2022).

1. Alat tambahan berupa gelang dan tongkat, asisten wasit juga ditambah

Liga 1 Pekan Ini Ditambah Alat dan Asisten WasitKetua PSSI Jatim sekaligus Calon Exco PSSI, Ahmad Riyadh (23/10). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh mengatakan, alat baru ini berupa gelang dan tongkat. Nantinya alat ini akan dipakai oleh wasit. Tak hanya itu, asisten wasit yang ditugaskan di Liga 1 juga akan ditambah menjadi empat orang.

"Liga 1 pakai alat tanggal 9 (Maret). Alatnya sudah di Bali," ujar Riyadh.

2. Wasit sudah diberi pelatihan dan simulasi

Liga 1 Pekan Ini Ditambah Alat dan Asisten WasitIlustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

Lebih lanjut, Riyadh menyebut kalau para wasit yang bertugas di Liga 1 sudah diberi pelatihan alat terbaru ini. Bahkan pihaknya mengaku telah melakukan simulasi pada dua hari lalu secara berturut-turut.

"Alat itu ada simulasinya tanggal 6-7 (Maret). Trainingnya sudah dari AFC (Federasi sepak bola Asia). Ada gelang dan tongkat," kata dia.

Baca Juga: Kisah Wasit Wanita Ukraina Rumahnya Dijarah Pasukan Rusia

3. Tambahan alat dan asisten wasit untuk minimalisir kelalaian

Liga 1 Pekan Ini Ditambah Alat dan Asisten WasitKetua PSSI Jatim sekaligus Calon Exco PSSI, Ahmad Riyadh (23/10). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Riyadh menyebut, tambahan alat dan asisten wasit ini guna mengantisipasi kelalaian wasit. Seperti halnya pertandingan Persebaya Vs Madura United, wasit membuat keputusan kontroversial ketika striker Persebaya, Samsul Arif dijatuhkan bek Madura United, Fachrudin di kotak penalti tapi tidak pelanggaran.

"Itu upaya (dengan mendatangkan alat). Ke depan penugasan wasit saya pakai (Direktur Wasit dari) Jepang dan Korea. Bukan wasit asing, direkturnya (yang dari Jepang dan Korea)," pungkas Riyadh.

Baca Juga: Kontroversi Farmel FC, Ini Kata Komite Wasit

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya