Kontroversi Farmel FC, Ini Kata Komite Wasit

Laga Farmel FC vs Persikota Tangerang diwarnai baku hantam

Surabaya, IDN Times - Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh angkat bicara perihal kericuhan dua laga perdana babak 16 besar Liga 3 Nasional. Kedua laga antara Farmel FC Vs Persikota Tangerang dan Deltras Vs PS Palembang diwarnai baku hantam lantaran dipicu kepemimpinan wasit di lapangan.

1. Tugaskan wasit Liga 2 untuk 16 besar Liga 3

Kontroversi Farmel FC, Ini Kata Komite Wasitfoto pertandingan liga 3 ( facebook.com/INFO PERSIB BANDUNG

Riyadh cukup heran dengan masih adanya keputusan-keputusan kontroversial di pertandingan Liga 3. Padahal, dia sudah meminta ke Direktur Komite Wasit untuk menerjunkan wasit-wasit Liga 2 pada babak 16 besar Liga 3 Nasional.

"Saya minta ke Direktur Wasit untuk wasit liga 2 yang diturunkan untuk memimpin ke liga 3. Agar lebih profesional, lebih berpengalaman," ujarnya.

Baca Juga: Imbang Lawan Farmel, PSDS Pastikan Tiket ke-16 Besar Liga 3

2. Hanya akan dievaluasi tidak dihukum

Kontroversi Farmel FC, Ini Kata Komite WasitIlustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

Lebih lanjut, Riyadh mengakui bahwa keputusan yang kontroversial dan menjurus fatal merugikan tim yang bertanding akan segera dievaluasi total. "Ternyata masih ada satu, dua yang perlu dievaluasi total. Bahwa kepemimpinannya tidak memuaskan," katanya.

Kendati begitu, sambung dia, Komite Wasit PSSI tidak akan menghukum wasit yang kontroversial. "Wasit tidak kita hukum. Hukum kan Komdis ranahnya kalau dia unproferssional. Tapi kalau dia salahnya gak keliahatan, misal offside tapi gak offside, itu kan (perlu) pembinaan," ucap Riyadh.

3. Tim tak bisa pilih wasit, wewenangnya Komite Wasit

Kontroversi Farmel FC, Ini Kata Komite Wasitwww.irishnews.com

Terkait adanya isu kalau tim yang bertanding bisa memilih wasit, Riyadh secara tegas menepisnya. Menurut dia, tim yang berlaga tidak memiliki hak untuk memilih pengadil lapangan. Nah, yang bisa menugaskan ialah pihak Komite Wasit PSSI.

"Gak ada, gak boleh pilih tim itu. Yang milih Komite Wasit. Berdasarkan ranking wasit penugasan dan jumlah penugasan. Kesalahan yang dulu poinnya nanti dievaluasi," pungkasnya.

Sekadar diketahui, pada babak 16 besar Liga 3 Nasional, Farmel FC menang dengan skor 3-0 atas Persikota saat bertanding di Gelora Delta Sidoarjo. Sedangkan Deltras menang 1-0 melawan PS Palembang ketika berlaga di Stadion Joko Samudro, Gresik.

Baca Juga: Liga 3, PSDS vs Farmel FC: Tak Mau Sekadar Satu Poin

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya