GBT Terancam Dicoret dari Venue Pildun U-20, Terungkap Minusnya

Pemerintah diminta serius benahi lingkungan dan akses ke GBT

Surabaya, IDN Times - Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dikabarkan terancam akan dicoret dari venue Piala Dunia U-20 2023. Federasi sepak bola Indonesia, PSSI Jawa Timur (Jatim) telah mendengar kabar yang berseliweran itu. Namun, kabar tersebut belum dipastikan benar. Karena belum ada surat resminya.

"Belum ada surat masuk resmi dari PSSI pusat maupun FIFA sampe saat ini," ujar Sekretaris PSSI Jawa Jatim, Dyan Puspito Rini kepada IDN Times, Minggu (21/8/2022).

1. Sebut GBT masih minus bau sampah dan akses jalan

GBT Terancam Dicoret dari Venue Pildun U-20, Terungkap MinusnyaStadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya setelah direnovasi. dok. Diskominfo Surabaya.

PSSI Jatim berharap, pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) hingga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama-sama mengatasi catatan dari FIFA sesegera mungkin. Karena sejauh ini belum ada perkembangan yang signifikan.

"(Minusnya) sampah baunya. Sama jalan akses," kata Ririn--sapaan karib Sekretaris PSSI Jatim ini.

Sekadar diketahui, lokasi stadion GBT memang berdekatan dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Benowo, Surabaya. Selain itu, akses jalan menuju stadion yang berada di kawasan pertambakan itu belum mulus.

Baca Juga: Biar GBT Gak Bau Sampah, TPA Benowo Ditutup Geomembran  

2. Berharap catatan minus segera ditangani

GBT Terancam Dicoret dari Venue Pildun U-20, Terungkap MinusnyaPekerja membersihkan bagian tribun penonton di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/9/2020) (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Jika kekurangan itu tertangani dalam waktu dekat, PSSI Jatim ingin stadion yang berlokasi di Benowo, Surabaya itu tetap menjadi salah satu dari enam venue yang ditunjuk. Diketahui selain GBT, juga ada Jakabaring Palembang, Gelora Bung Karno Jakarta, Si Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo dan Kapten I Wayan Dipta Bali.

"Harapan kita semua yang jadi catatan minus FIFA bisa diatasi dan segera realisasi," imbuh Ririn.

3. GBT harus tetap jadi venue Piala Dunia U-20

GBT Terancam Dicoret dari Venue Pildun U-20, Terungkap MinusnyaDok.IDN Times/Istimewa

Yang jelas, sambung Ririn, PSSI Jatim maupun PSSI pusat mendukung penuh pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun depan terselenggara di Stadion GBT. Karena hal tersebut akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Jatim khususnya Surabaya yang dikenal fanatik dengan sepak bola.

"Kita selalu support full harus ada di Surabaya GBT. Karena ini kan artinya besar buat exposure dunia luar," pungkas dia.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Diundur, Risma: Keburu Rusak Stadion GBT

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya