TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rekap Hasil Uji Coba Indonesia U-17 di Eropa

Hasil yang ditorehkan belum memuaskan

Indonesia U-17 dalam laga uji coba melawan FC Koln U-17 pada 2023. (pssi.org)

Tim Nasional Indonesia banyak melakukan persiapan jelang tempur di Piala Dunia U-17 2023. Salah satunya, tim besutan Bima Sakti ini fokus melakukan pemusatan latihan (TC - Training Center) di Jerman. Garuda Muda menjalaninya dari 18 September—23 Oktober 2023.

Di sela-sela TC, Indonesia U-17 juga melakukan pertandingan uji coba melawan klub-klub lokal di Jerman. Ada setidaknya tujuh klub yang sudah dijajal kekuatannya oleh mereka. Lantas, siapa saja klub yang dilawan Indonesia U-17 selama di Jerman? Bagaimana dengan hasilnya?

Baca Juga: Profil Penggawa Inti Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

1. Indonesia kalah tipis atas TSV Meerbusch U-17 pada uji coba pertama

Indonesia U-17 dalam laga uji coba melawan Meerbusch U-17 pada 2023. (pssi.org)

Indonesia U-17 melakoni laga uji coba perdana di Jerman pada 27 September 2023. Mereka menghadapi TSV Meerbusch U-17 kala itu. Dalam laga ini, Bima Sakti gagal membawa Garuda Muda menang selepas kalah tipis 0-1 di lapangan TSV Meerbusch e.V.

Kendati menderita hasil kurang memuaskan, coach Bima tetap bangga kepada pemainnya. Sebab ia percaya jika proses tak bisa dilalui dengan cara instan. Bima tetap terus memberikan motivasi kepada anak asuhnya selepas laga melawan TSV Meerbusch U-17.

"Para pemain luar biasa, cara main baik. Kita harus adaptasi dulu. Pemain jangan down, jangan merenung. Ini semua proses," kata Bima dilansir situs resmi PSSI.

2. Indonesia meraup kemenangan perdana kontra SC Paderborn Youth di Jerman

Indonesia U-17 dalam laga uji coba melawan SC Paderborn Youth pada 2023. (pssi.org)

Kemenangan perdana Indonesia U-17 akhirnya diraih pada laga uji coba kedua di Jerman. Arkhan Kaka dan kawan-kawan sukses menggasak SC Paderborn Youth (U-17 dan U-19) pada 2 Oktober 2023. Indonesia menang dengan skor 1-0 kala itu.

Nabil Asyura menjadi pahlawan usai mengemas satu-satunya gol dalam laga uji coba ini. Ia berhasil mencetak gol cepat pada menit ke-3 laga babak pertama. Nabil pun bangga setelah memberikan kontribusi positif bagi Indonesia U-17.

3. Indonesia melanjutkan tren positif saat melawan VFL Osnabruerck U-19

Indonesia U-17 dalam laga uji coba melawan VFL Osnabruerck U-19 pada 2023. (pssi.org)

Pada uji coba ketiga, lagi-lagi hasil positif dibukukan Indonesia U-17. Mereka kembali meraup kemenangan selepas mengalahkan VFL Osnabruerck U-19. Garuda Muda berhasil unggul dengan skor 2-1 di Sportplatz SW Osterfeine, Damme, Jerman, pada Kamis (5/10/2023) waktu setempat.

4. Indonesia kalah telak atas Eintracht Frankfurt U-19

Indonesia U-17 dalam laga uji coba melawan Eintracht Frankfurt U-19 pada 2023. (pssi.org)

Selepas mendulang kemenangan, sayang Indonesia U-17 harus menelan kekalahan pada uji coba keempat. Mereka dibantai Eintracht Frankfurt U-19 dengan skor 0-3 pada 9 Oktober 2023. Hasil ini menjadi kekalahan terbesar Bima Sakti selama melakukan uji coba di Jerman.

5. Lalu, kembali dipecundangi FSV Mainz U-19

Indonesia U-17 dalam laga uji coba melawan SV Meppen U-17 pada 2023. (pssi.org)

Alih-alih bangkit, Indonesia U-17 malah terbantai lagi pada laga uji coba kelima di Jerman. Mereka kalah setelah menantang FSV Mainz 05 U-19 di Training Field Stadion am Bruchweg, Mainz, Sabtu (14/10/2023). Skor kedudukan yang dihasilkan dalam laga ini pun mencolok. Kemenangan 3-0 menjadi milik tuan rumah.

6. Imbangi SV Meppen U-17, pemain naturalisasi jadi penyelamat Indonesia

Indonesia U-17 dalam laga uji coba melawan SV Meppen U-17 pada 2023. (pssi.org)

Indonesia U-17 mengemas hasil lumayan positif pada pertandingan uji coba keenam. Kali ini, mereka mampu mencuri satu poin di markas SV Meppen U-17. Garuda Muda meraihnya setelah imbang 1-1 atas tuan rumah di Lapangan SV Hemsen, Meppen, Jerman, Selasa (17/10/2023).

Salah satu pemain naturalisasi menjadi penyelamat Indonesia U-17 dalam laga ini. Ia adalah Amar Rayhan Brkic, pemain keturunan Bosnia-Herzegovina. Ia pun senang setelah bisa mencetak gol bagi Garuda Muda.

"Senang perasaan saya selepas mencetak gol perdana bagi Indonesia. Saya sangat emosional, tidak bisa mengontrol perasaan. Luar biasa sekali untuk diri saya sendiri" kata Amar di PSSI.

Baca Juga: Nonton Piala Dunia di GBT Naik Shuttle Bus, Nyaman!

Verified Writer

rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya