Profil Penggawa Inti Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

Lawan Ekuador, bertahan atau menyerang nih

Tim Nasional Indonesia segera menjalani debutnya di Piala Dunia U-17 2023. Tim asuhan Bima Sakti ini akan menghadapi Ekuador U-17 pada laga perdana fase Grup A, Jumat (10/11/2023). Garuda Muda menantang negara asal Benua Amerika Selatan itu di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Indonesia resmi menunjuk 21 pemain untuk mereka bawa ke Piala Dunia U-17 tahun ini. Rinciannya ada 18 pemain lokal dan 3 naturalisasi. Mereka yang terpilih merupakan pemain pilihan yang mempunyai keterampilan mumpuni. Yuk, intip sederet penggawa inti dalam skuad Indonesia di Piala Dunia U-17 2023.

1. Arkhan Kaka dan Aulia Rahman diyakini jadi pilihan utama di sektor penyerang

Profil Penggawa Inti Indonesia di Piala Dunia U-17 2023Arkhan Kaka (pssi.org)

Indonesia memiliki beberapa penyerang yang mereka bawa ke Piala Dunia U-17 2023. Tetapi, ada dua saja yang diyakini mampu menempati posisi utama. Mereka adalah Arkhan Kaka dan Aulia Rahman.

Kualitas Kaka tak bisa diragukan sebagai bomber muda. Pasalnya, ia sudah memiliki jam terbang yang mumpuni. Kaka jadi andalan Persis Solo di level klub dan sudah beberapa kali memperkuat timnas junior. Bahkan, kini ia naik kelas usai dipercaya masuk ke bagian dari Indonesia U-20.

Tak terkecuali Aulia. Ia merupakan striker muda yang potensinya baru tercium belakangan. Buktinya, pemain Persita Tangerang ini baru membukukan satu caps untuk Indonesia U-17 sejak debut pada 31 Agustus 2023.

Baca Juga: Larangan Buat Timnas U-17 Selama Piala Dunia, dari Medsos Hingga Game

2. Dua pemain naturalisasi siap memperkuat sektor gelandang

Profil Penggawa Inti Indonesia di Piala Dunia U-17 2023Amar Brkic (pssi.org)

Untuk posisi gelandang, diyakini ada dua nama yang bisa mengambil peran tersebut. Mereka adalah Mokhamad Hanif dan Achmad Zidan. Keduanya berpeluang untuk menjadi rekan duet di lini tengah Indonesia U-17.

Selain itu, ada dua pemain naturalisasi yang siap bersaing untuk memperkuat sektor gelandang Garuda Muda di Piala Dunia U-17 2023. Mereka adalah Amar Brkic (Bosnia-Herzegovina) dan Ji Da Bin (Korea Selatan). Brkic adalah pemain yang ulung bermain di posisi gelandang sayap. Sedangkan Ji Da Bin terampil sebagai gelandang serang.

3. Indonesia U-17 mengandalkan Welber Jardim dan Iqbal Gwijangge untuk memperkokoh tembok pertahanan

Profil Penggawa Inti Indonesia di Piala Dunia U-17 2023Timnas Indonesia U-17 (pssi.org)

Banyak pemain yang siap mengawal lini pertahanan Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Beberapa di antaranya ada Sultan Zaky dan Iqbal Gwijangge. Keduanya diyakini akan menjadi duet di posisi bek tengah Garuda Muda.

Untuk bek sayap, ada dua nama yang kemungkinan besar menjadi pilihan utama, yaitu Welber Jardim dan Habil Abdillah. Jardim merupakan pemain naturalisasi (berdarah Brasil) yang terampil mengisi sektor bek sayap kiri. Sementara, Habil andal menempati pos bek sayap kanan.

4. Andrika Fathir kemungkinan besar mengisi slot kiper utama

Profil Penggawa Inti Indonesia di Piala Dunia U-17 2023Andrika Fathir (instagram.com/andrikafthirr_)

Indonesia membawa tiga kiper untuk berkiprah di Piala Dunia U-17 2023. Mereka di antaranya Andrika Fathir Rachman, Ikram Algiffari, dan Rifki Tofani. Akan tetapi hanya ada satu nama yang dipastikan bakal jadi pilihan utama. Ia adalah Andrika Fathir.

Andrika diprediksi menjadi pilihan utama Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Itu disebabkan kiper muda Borneo FC ini mempunyai keterampilan yang menonjol. Apalagi, ia dibekali dengan postur tinggi badan 178 sentimeter. Tentu merupakan angka yang proposional sebagai seorang kiper muda.

Itulah prediksi mengenai pemain inti dalam skuad Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Seperti apa menurutmu? Pantaskah mereka menempati posisi uttama dengan keterampilan masing-masing?

Baca Juga: Ekuador Siapkan Strategi Bongkar Kekuatan Indonesia

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya