Comscore Tracker

Hamka Hamzah Sayangkan Insiden di Stadion Maguwoharjo 

Semua harus berbenah untuk kemajuan Liga Indonesia

Malang, IDN Times - Arema FC harus menuai hasil buruk pada laga perdana Liga 1 2019. Tim Singo Edan tumbang atas tuan rumah PSS Sleman dengan skor 3-1. Laga tersebut sempat diwarnai kericuhan pada saat memasuki menit 30'. Hal itu sempat membuat laga terhenti lebih dari 15 menit. Kejadian tersebut sedikit mempengaruhi mental bertanding para pemain. 

1. Sayangkan keributan tersebut

Hamka Hamzah Sayangkan Insiden di Stadion Maguwoharjo IDN Times/ Alfi Ramadana

Atas kejadian tersebut, Arema FC tampaknya paling merasa dirugikan. Pasalnya kericuhan pecah sesaat setelah Tim Singo Edan menyamakan kedudukan melalui Sylvano Comvalius. Kejadian tersebut juga sangat disayangkan oleh kapten Arema FC, Hamka Hamzah. 

"Kami sebagai pemain sebenarnya ingin melihat perubahan sepak bola Indonesia ke arah lebih baik. Tetapi kita tidak bisa menyalahkan siapapun baik dari Aremania maupun Slemania. Namun, sangat disayangkan terjadi momen seperti itu. Apalagi saat ini merupakan bulan Ramadan," bebernya. 

Baca Juga: Hamka Hamzah Ingin Bawa Arema FC Juara Liga 1

2. Awalnya tak ada indikasi ricuh

Hamka Hamzah Sayangkan Insiden di Stadion Maguwoharjo IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih lanjut, Hamka Hamzah menjelaskan bahwa pada awalnya tidak tidak ada indikasi akan terjadi kericuhan. Aremania sebagai tim tamu dari awal sudah bernyanyi memberikan dukungan kepada tim. Bahkan sejak tim datang memasuki area stadion Maguwoharjo.

"Saat kami pemanasan, mulai ada insiden pelemparan. Tetapi tidak tahu siapa yang memulai. Karena pemain memang tidak melihat. Setelah itu, mulai terjadi saling lempar sampai laga dihentikan," ujarnya. 

3. Minta untuk tak saling menyalahkan

Hamka Hamzah Sayangkan Insiden di Stadion Maguwoharjo IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, saat laga dihentikan sempat terjadi pertemuan dengan PT LIB, Panpel dan perwakilan kedua tim. Saat bertemu tersebut Hamka meminta kepada semua pihak untuk tak menyalahkan salah satu pihak. 

"Semua salah dan ini menjadi introspeksi untuk semuanya. Terutama untuk semua suporter di Indonesia, jangan sampai Liga 1 harus dihentikan," imbuhnya. 

4. Minta maaf tak bisa persembahkan kemenangan

Hamka Hamzah Sayangkan Insiden di Stadion Maguwoharjo IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, Hamka Hamzah berharap para suporter Aremania bisa kembali ke kota masing-masing dalam keadaan sehat. Meskipun saat kejadian sempat ada beberapa suporter yang mendapat perawatan. Selain itu, dirinya juga meminta maaf karena Arema FC gagal mempersembahkan kemenangan. 

"Sebagai kapten tim saya mohon maaf karena gagal memberikan hasil baik. Tetapi doa kami dan tim tadi adalah semoga Aremania bisa kembali ke daerah asal masing-masing dengan selamat," jelasnya. 

5. Kericuhan ganggu pertandingan

Hamka Hamzah Sayangkan Insiden di Stadion Maguwoharjo IDN Times/ Alfi Ramadana

Kesedihan yang sama juga diungkapkan striker Arema FC, Sylvano Comvalius. Pemain yang sempat membuka asa Arema FC usai mencetak gol penyeimbang tersebut mengaku sangat sedih dengan kerusuhan yang terjadi di stadion. Kondisi tersebut diakuinya cukup mempengaruhi permainan di lapangan. 

"Suporter datang ke stadion tentu untuk memberikan dukungan ke tim. Mereka seharusnya beradu kreatifitas dalam nyanyian dan chants buka dengan lemparan batu atau lainya. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi permainan di lapangan karena laga harus terhenti. Kejadian ini tidak bagus dan semoga saja di laga berikutnya atmosfer di stadion lebih baik," tandasnya.  

Baca Juga: Laga PSS Sleman Vs Arema FC Sempat Ricuh, Ini 3 Fakta di Baliknya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You