Hamka Hamzah Ingin Bawa Arema FC Juara Liga 1

Kehadiran Comvalius akan sangat membantu Arema FC

Malang, IDN Times - Arema FC tak main-main pada kompetisi Liga 1 kali ini. Tim Singo Edan menargetkan prestasi lebih baik ketimbang Liga 1 musim lalu. Bahkan jika ada peluang bukan tak mungkin Arema FC juga mengejar gelar juara Liga 1. 

Bukti keseriusan Arema FC adalah dengan mendatangkan Sylvano Comvalius. Meskipun kurang bersinar kala berkarir di Thailand dan Malaysia, reputasi Comvalius sebagai juru gedor tak perlu diragukan. Gelontoran 37 gol kala masih memperkuat Bali United sudah cukup membuktikan betapa berbahayanya pemain asal Belanda itu di depan gawang. 

Kehadiranya menumbuhkan rasa optimisme di kubu Arema FC. Salah satunya diungkapkan oleh kapten tim Hamka Hamzah. Ia menilai sosok kehadiran penyerang bertinggi 192 cm tersebut akan membantu upaya Arema FC mengejar gelar juara Liga 1.

1. Hamka ingin bawa Arema FC juara liga 1

Hamka Hamzah Ingin Bawa Arema FC Juara Liga 1IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini manajemen Arema FC tak mematok target muluk. Mereka mematok target untuk bisa bermain di level Asia musim depan atau dengan kata lain finish 3 besar. Namun demikian, Hamka tampaknya memiliki pemikiran lain. Ia mengakui ingin Arema FC bisa meraih gelar juara Liga 1. 

"Sebagai pemain tentu saya ingin mendapatkan gelar Liga 1. Sebab, sebuah kebanggaan ketika bisa memenangkan gelar," ucapnya. 

Baca Juga: Arema FC Gasak Shingasari FC 13-0 Dalam Laga Uji Coba 

2. Anggap semua klub punya peluang sama

Hamka Hamzah Ingin Bawa Arema FC Juara Liga 1IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk menggapai gelar juara tentu bukan pekerjaan mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan. Termasuk juga memetakan kekuatan calon lawan yang akan dihadapi. Sebab, semua peserta Liga 1 tentu saat ini mengincar Arema FC sebagai lawan yang harus dikalahkan. Apalagi tim Singo Edan baru saja memenangi Piala Presiden. 

"Semua tim sekarang semakin bertambah kuat. Bahkan tim promosi seperti Kalteng Putra saja sudah mampu tampil bagus di Piala Presiden. Termasuk juga tim seperti Badak Lampung FC juga bagus dan sangat serius membangun tim. Mungkin baru akan terlihat persaingan siapa yang akan mendapatkan gelar Liga 1 adalah saat akhir putaran pertama," tambahnya. 

3. Bakal hadapi jadwal padat

Hamka Hamzah Ingin Bawa Arema FC Juara Liga 1IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak bisa dipungkiri bahwa sistem penjadwalan kompetisi Liga 1 masih amburadul. Apalagi baru-baru ini kick off Liga 1 dipastikan mundur sepekan dari jadwal semula 8 Mei. Tentu saja kondisi ini berdampak pada klub. Mereka harus menjalani kompetisi dengan jadwal padat. Hal itu tentu saja akan sangat menguras fisik dan psikis para pemain. 

"Kalau sudah masuk kompetisi, mungkin dengan jeda pertandingan sekitar 4 hari sudah cukup. Beda dengan di Piala Presiden kemarin yang jeda waktu pertandingan hanya dua hari. Kalau dengan jeda waktu yang ada 3 sampai 4 hari l tentu pintar-pintarnya pemain untuk menjaga kondisi," tambah mantan pemain Sriwijaya FC dan Persija Jakarta ini. 

4. Mulai dorong pemain muda

Hamka Hamzah Ingin Bawa Arema FC Juara Liga 1IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, Hamka Hamzah juga mulai menyadari bahwa dirinya tak lagi muda. Ia mengakui bahwa cukup sulit untuk selalu bermain kompetitif sepanjang Liga 1. Oleh karena itu, ia mengakui bahwa kesempatan untuk menjadi pemain utama tentu akan semakin berkurang. Untuk itu, dirinya perlahan mulai mempersiapkan diri jika memang nantinya mulai jarang mendapat kesempatan turun sebagai pemain pengganti. 

"Kalau memang nantinya Arema FC bisa juara Liga 1 tahun ini, mungkin tahun depan saya ingin berikan kesempatan kepada pemain lain untuk berkembang. Mungkin ada Ikhfanul Alam, ada Rahmat atau pemain lain yang berposisi sama dengan saya bisa mendapatkan kesempatan bermain," jelasnya. 

5. Kunci keberhasilan Arema FC adalah kekeluargaan

Hamka Hamzah Ingin Bawa Arema FC Juara Liga 1IDN Times/ Alfi Ramadana

Pemain berusia 35 tahun itu mengakui bahwa selama ini kunci keberhasilan dirinya dan rekan tampil bagus di Arema FC adalah kekeluargaan. Hal itu juga yang membuat tim Singo Edan tampil spartan sepanjang gelaran Piala Presiden lalu. Bahkan hingga Arema FC meraih juara, kekeluargaan adalah kunci utamanya. 

"Saya raaa kalau untuk strategi bermain itu nomer sekian. Yang paling utama adalah kekeluargaan dan kebersamaan. Itu yang bisa membuat Arema FC berrestasi," tandasnya. 

Baca Juga: 10 Potret Hamka Hamzah Kapten Arema FC Best Player Piala Presiden 2019

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya