Meski Recovery Pendek, Barito Putera Siap Ladeni Arema FC

Tak takut dengan skuat bintang Arema FC   

Malang, IDN Times - Barito Putera menghadapi situasi yang kurang menyenangkan kala menantang Arema FC pada delapan besar Piala Presiden 2022. Laga digelar di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (2/7/2022). Tim Laskar Antasari datang dengan kondisi kurang ideal. Mereka hanya punya waktu recovery tiga hari saja. Sebab, pada 28 Juni lalu, Barito Putera masih bermain, sementara Arema FC sudah tidak menjalani pertandingan kompetitif lebih dari sepekan. 

1. Arema FC lebih diuntungkan

Meski Recovery Pendek, Barito Putera Siap Ladeni Arema FCPemain Barito Putera saat berlatih untuk persiapan babak 8 besar Piala Menpora. Instagram/psbaritoputeraofficial

Pelatih Barito Putera, Dejan Antonic mengakui bahwa Arema FC lebih diuntungkan dari sisi recovery. Tim Singo Edan punya waktu persiapan lebih lama ketimbang anak asuhnya. Namun demikian, Dejan tetap percaya anak asuhnya bisa memberikan kejutan. Terlebih meskipun memiliki istirahat lebih sedikit, anak asuhnya memiliki motivasi tinggi untuk bisa mencuri kemenangan.

"Kondisi tim kami cukup baik. Kami punya waktu recovery lebih pendek dibanding Arema FC. Tetapi semoga pertandingan bisa berjalan normal, lancar dan fair play," katanya, Jumat (1/7/2022). 

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan Bali United Atas Barito Putra

2. Barito Putera tetap punya kesempatan

Meski Recovery Pendek, Barito Putera Siap Ladeni Arema FCPelatih Barito Putera, Dejan Antonic saat sesi konferensi pers jelang laga kontra Arema FC. IDN Times/Alfi Ramadana

Pelatih asal Serbia itu menilai bahwa musim ini Arema FC memiliki skuad yang mewah. Tetapi bukan berarti Barito Putera bakal menyerah begitu saja. Justru dengan kekuatan pemain yang didominasi pemain muda, tim Laskar Antasari siap memberikan kejutan. Ia juga percaya bahwa dalam sepak bola semua tim memiliki peluang yang sama untuk memenangkan pertandingan.

"Saya selalu bilang bahwa sepak bola itu permainan yang sulit diprediksi. Kami sangat menghormati Arema FC. Tetapi Barito Putera juga ingin menang," imbuhnya. 

3. Kritisi mepetnya jadwal

Meski Recovery Pendek, Barito Putera Siap Ladeni Arema FCBarito Putera saat bersiap untuk menghadapi Babak 8 Besar Piala Menpora. Instagram/psbaritoputeraofficial

Meski siap, eks pelatih PSS Sleman dan Persib Bandung itu juga mengkritisi mepetnya jadwal. Sejak babak penyisihan grup, setia tim harus bermain tiga hari sekali. Padahal saat ini adalah masih sesi pramusim. Setiap tim masih dalam tahap persiapan. Tentunya kondisi fisik para pemain belum maksimal. Belum lagi intensitas tiap laga yang sudah selayaknya final membuat energi pemain terkuras. Akibatnya tak sedikit pemain yang harus tumbang karena cedera.

"Saya sebenarnya kurang setuju dengan turnamen yang digelar dengan waktu yang mepet. Tidak ada cukup persiapan untuk tim. Karena situasi yang tidak ideal, maka penonton juga tidak bisa melihat pertandingan yang bagus. Dalam kondisi lelah, para pemain cenderunh tidak fokus bermain, dan cenderung sulit mengendalikan emosi," sambungnya. 

4. Siap dengan skenario terburuk

Meski Recovery Pendek, Barito Putera Siap Ladeni Arema FCPenjaga gawang Barito Putera, Joko Ribowo jelang laga kontra Arema FC. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, penjaga gawang Barito Putera, Joko Ribowo menjelaskan bahwa sebagai pemain dirinya sudah siap dengan skenario terburuk. Salah satunya jika pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Joko mengakui bahwa Barito Putera sudah siap dan akan berupaya memberikan yang terbaik.

"Kalau adu penalti itu urusannya mental. Jadi saya pribadi lebih memperkuat mental agar lebih siap untuk adu penalti," tandasnya. 

Baca Juga: Tumbangkan Persikabo, Arema FC Genggam Satu Tiket 8 Besar   

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya