5 Alasan Argentina Juara Piala Dunia 2022

Kutukan Piala Dunia masih amat sangat kuat

Piala Dunia 2022 Qatar telah mencapai klimaks, mempertemukan Argentina vs Prancis. Pada final di hari Minggu 18 Desember 2022, pertandingan dimenangkan oleh Argentina dengan skor 3:3 ( agregat pinalti: 4:2). Berikut 5 alasan kuat versi IDN Times yang mendasari kemenangan Argentina.

1. Haus juara, 36 tahun tanpa gelar 

5 Alasan Argentina Juara Piala Dunia 2022Selebrasi gol Argentina di Final Piala Dunia 2022. (FOTO: Instagram/ fifaworldcup)

Sebagaimana diketahui, Argentina sudah 36 tahun berpuasa gelar dalam perhelatan Piala Dunia. Terakhir kali, Argentina menjuarai Piala Dunia di edisi 1986. Secara total, Argentina sudah mengoleksi 2 juara Piala dunia. Juara pertama diraih Argentina pada tahun 1978. 

Pada final Piala Dunia 2022 ini, wajar jika Argentina menjadi sangat agresif melawan Prancis. Selama pertandingan berlangsung, nampak Argentina berjuang keras meski dengan pemainnya yang mayoritas hampir kehabisan nafas. 

Baca Juga: Serunya Nobar Final Pildun di Lereng Gunung Raung Banyuwangi

2. Kado terakhir Lionel Messi di akhir karir 

5 Alasan Argentina Juara Piala Dunia 2022Lionel Messi. (FOTO: Instagram/ fifaworldcup)

Rumor menyebutkan, Piala Dunia 2022 Qatar ini akan menjadi laga terakhir dari sang kapten Argentina, Lionel Messi. Ini karena, pada edisi Piala Dunia selanjutnya, Messi sudah berusia kepala 4 dan pensiun untuk bermain sepakbola.

Maka dari itu, wajar jika Messi pada final ini bermain lebih agresif daripada biasanya. Pada final ini, penonton juga dibikin takjub oleh Messi dengan performanya yang menggila sepanjang permainan. 

3. From hero to be a legends

5 Alasan Argentina Juara Piala Dunia 2022Perubahan penampilan waktu ke waktu Lionel Messi. (FOTO: Instagram/ fifaworldcup)

Faktor lain yang memotivasi Lionel Messi harus menang melawan Prancis di Piala Dunia 2022 ini adalah soal legenda sepakbola Argentina. Sejauh ini, legenda yang pernah membawa kemenangan Argentina di Piala Dunia hanyalah Diego Armando Maradona saja.

Berkali-kali menyabet gelar pemain terbaik, Messi akhirnya sukses membawa timnas Argentina memegang tropi juara Piala Dunia. Messi bahkan juga menerima gelar sebagai pemain terbaik selama Piala Dunia 2022 ini. Messi mencatatkan 7 gol dan 3 assist. 

4. Sejarah Argentina vs Prancis 

5 Alasan Argentina Juara Piala Dunia 2022Kartu AS Argentina vs Prancis, Lionel Messi dan Kylian Mbappe. (FOTO: Instagram/ fifaworldcup)

Dalam sejarah sepakbola dunia, dua negara ini pernah bertemu beberapa kali. Dalam pertemuan tersebut, kemenangan lebih banyak didapatkan oleh Argentina. Berdasarkan histori 5 pertemuan sebelumnya, Prancis hanya bisa menang sekali saja. Tidak hanya menang, bahkan torehan gol Argentina ke gawang Prancis lebih banyak.

5. Kutukan back to back juara Piala Dunia 

5 Alasan Argentina Juara Piala Dunia 2022Kutukan juara bertahan Piala Dunia. (Grafis: Istimewa)

Memang, ini merupakan faktor X. Namun demikian, pada kenyataannya sejak abad 21, tidak ada negara yang bisa beruntun menjuarai Piala Dunia. Dalam sejarahnya, Prancis juga pernah mengalami. Pada edisi 2022 ini, Prancis harus kembali mengalami kutukan untuk kedua kalinya.

Baca Juga: Perjalanan Dramatis Argentina Jadi Juara Piala Dunia 2022

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya