7 Eks Pemain Liga 1 yang Diboyong Gresik United Musim Ini

Ada mantan Arema FC dan Persebaya

Gresik United gencar memburu pemain pada bursa transfer musim panas 2023 lalu. Itu dapat dibuktikan setelah mereka mendatangkan 14 pemain baru. Hal ini sekaligus menjadi bukti jika Laskar Joko Samudro memasang target tinggi di Liga 2 Indonesia 2023/2024.

Menariknya, dari semua penggawa baru itu, Gresik United sukes memboyong tujuh pemain dari klub Liga 1. Hal itu memunculkan ekspetasi jika ketujuh pemain tersebut memiliki kualitas yang lebih. Dikatakan demikian karena mereka memiliki latar belakang pernah memperkuat klub di kasta teratas Liga Indonesia.

Berikut daftar 7 pemain Gresik United yang diboyong dari klub Liga 1 pada 2023/2024.

1. Renshi Yamaguchi

7 Eks Pemain Liga 1 yang Diboyong Gresik United Musim IniRenshi Yamaguchi (instagram.com/gresikunited)

Gresik United berhasil menggaet eks pemain asing Arema FC pada 2023. Ia bernama Renshi Yamaguchi, pemain berdarah Jepang. Pemain berusia 30 tahun itu dikenal ahli sebagai seorang gelandang di atas lapangan. Renshi diambil secara gratis dari Arema.

Renshi sendiri memiliki rekam jejak yang lumayan ciamik bersama Arema FC. Selama 2 musim membela, ia sudah mempersembahkan satu gelar juara Piala Presiden pada 2021/2022. Pencapaian itu jelas menjadi salah satu pertimbangan Gresik United memilih mendatangkan Renshi musim ini.

Baca Juga: Gabung Gresik United, Ini Kiprah Samsul Arif selama di Liga 1

2. Samsul Arif

7 Eks Pemain Liga 1 yang Diboyong Gresik United Musim IniSamsul Arif (instagram.com/gresikunited)

Gresik United berhasil menjalin kontrak kerja dengan Samsul Arif pada 2023/2024. Hal ini jadi sebuah pilihan yang tepat karena veteran 38 tahun itu mengantongi sepak terjang yang mumpuni. Samsul sempat jadi andalan sejumlah klub besar, seperti Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan Arema FC.

Gresik United diketahui mendatangkan Samsul usai dilepas Persis Solo musim ini. Mereka mendapatkan pemain kelahiran Bojonegoro itu secara bebas transfer atau gratis. Diperkirakan, Samsul dilepas Persis karena persoalan usia yang tidak muda lagi.

3. Muhammad Ridwan

7 Eks Pemain Liga 1 yang Diboyong Gresik United Musim IniMuhammad Ridwan (instagram.com/gresikunited)

Pemain Persik Kediri, Muhammad Ridwan, juga ada dalam daftar pemain baru Gresik United pada 2023/2024. Eks penggawa Timnas Indonesia U-23 itu didatangkan secara permanen. Ridwan sendiri ulung bermain di posisi striker ketika bertanding.

4. Ahmad Birrul Walidain

7 Eks Pemain Liga 1 yang Diboyong Gresik United Musim IniBirrul Walidain (instagram.com/gresikunited)

Gresik United juga menggaet pemain jebolan Persela Lamongan yang bernama Ahmad Birrul Walidain. Mereka merekrut bek sayap 27 tahun itu dari Persija Jakarta. Menilik kariernya, Birrul Walidain pernah berkiprah di Liga 1 bareng empat klub, seperti Persela, Persikabo 1973, Madura United, dan Persija.

5. Frank Sokoy

7 Eks Pemain Liga 1 yang Diboyong Gresik United Musim IniFrank Sokoy (instagram.com/gresikunited)

Frank Sokoy merupakan pemain kelahiran 16 Juli 1997 (27 tahun) asli dari Papua. Ia masuk ke dalam daftar rekrutan baru Gresik United pada 2023/2024 ini. Ia diboyong secara cuma-cuma dari Barito Putera.

Frank Sokoy merupakan pemain yang biasa bermain di lini kedalaman. Mantan pemain Persebaya ini andal mengisi sektor bek sayap kiri. Karena usia yang tergolong muda, Sokoy bisa menjadi pemain aset jangka panjang Gresik United.

6. Irvan Febrianto

7 Eks Pemain Liga 1 yang Diboyong Gresik United Musim IniIrvan Febrianto (instagram.com/gresikunited)

Di urutan keenam, ada Irvan Febrianto. Pemain berusia 26 tahun yang biasa merumput di pos bek kanan. Gresik United berhasil mendatangkan eks penggawa Persebaya itu dari Persita Tangerang pada 2023/2024 ini.

7. Mokhamad Syaifuddin

7 Eks Pemain Liga 1 yang Diboyong Gresik United Musim IniMokhamad Syaifuddin (instagram.com/gresikunited)

Mokhamad Syaifuddin menempati tangga terakhir sebagai pemain baru Gresik United pada 2023/2024. Bek sayap 31 tahun itu digaet setelah dilepas Dewa United. Bahkan, sebelumnya eks pemain PSS Sleman dan Persebaya ini sempat menganggur selama 1 musim pada 2022/2023 lalu.

Kedatangan semua eks pemain Liga 1 di atas pastinya menimbulkan anggapan jika mereka mempunyai keahlian yang lebih pada 2023/2024 ini. Itu disebabkan status mereka yang pernah berkiprah di ajang tertinggi Liga Indonesia. Namun, hal ini tak bisa menjadi patokan. Performa ketujuh pemain itu bahkan bisa saja buruk bersama Gresik United musim ini.

Baca Juga: Profil Victor Bertomeu, Bomber Asing Gresik United

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya