Etape Satu, Internasional Tour de Banyuwangi Ijen Susuri Rute 133,2 Km

Etape pertama jadi ajang para raja sprinter

Banyuwangi, IDN Times - Para pebalap etape satu International Tour De Banyuwangi Ijen (ITDBI) yang berlangsung di Kabupaten Banyuwangi diikuti 95 rider dari 23 negara. Pada etape pertama pebalap bakal menempuh jarak 133,2 Kilometer dari Lapangan Maron, Genteng hingga garis finish halaman Kantor Pemkab Banyuwangi.

Sebelum bertanding satu per satu para pebalap melakukan tanda tangan sebagai bentuk kehadiran mengikuti ajang ini. Dari 95 rider, terdapat 6 rider yang absen tidak mengikuti etape pertama.

1. Rute didominasi jalanan datar

Etape Satu, Internasional Tour de Banyuwangi Ijen Susuri Rute 133,2 KmIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Chairman ITdBI, Guntur Priambodo, mengatakan, rute etape satu menjadi rute pemanasan bagi para pebalap. Lintasan yang didominasi rute perkotaan tidak akan begitu memberatkan bagi pebalap.

"Etape satu ini banyak lintasan flat, ada tiga titik sprint bagi para sprinter untuk mencuri poin,” kata Guntur usai para rider melaju di garis start, Rabu (25/9).

Ketiga titik sprint tersebut ada di KM 45,8 Benculuk, KM 63,3 Rogojampi dan KM 103,2 Rogojampi.

“Namun tetap harus waspada karena bakal ada dua tanjakan yang lumayan berat. Meskipun tidak se-ekstrim di tanjakan Ijen,” kata Guntur.

2. Etape satu untuk para raja sprint

Etape Satu, Internasional Tour de Banyuwangi Ijen Susuri Rute 133,2 KmIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Tanjakan yang dimaksud adalah tanjakan di wilayah Desa Sragi Kecamatan Songgon. Pebalap akan mencapai tanjakan ini di KM 80,6. Tingkat elevasinya mencapai 425 meter di atas permukaan laut (mdpl). “Lumayan buat pemanasan sebelum menanjak di Ijen,” cetus Guntur.

Selain Sragi, juga akan ada tanjakan  KM 123,3 tepatnya di Desa Grogol, Kecamatan Licin dengan ketinggian 240 mdpl.

“Biasanya etape pertama ini pemenangnya para jago sprint. Tapi semua pebalap masih memiliki peluang yang sama,” pungkas Guntur.

3. Melibatkan masyarakat untuk gotong royong

Etape Satu, Internasional Tour de Banyuwangi Ijen Susuri Rute 133,2 KmIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar menjelaskan, ajang ITdBI juga melibatkan masyarakat untuk turut serta gotong royong.

"Targetnya bukan hanya wisata dan turis, tapi menggerakkan masyarakat untuk gotong royong menggerakkan masyarakat," kata Anas.

Sepanjang perjalanan, tampak masyarakat turut terlibat mengamankan jalur yang bakal dilintasi pebalap dan mobil dengan kecepatan tinggi. Tidak hanya turut mengamankan bersama Polri, TNI dan Polri, masyarakat juga tampak menyambut dengan antusias bersama para siswa yang dikerahkan menyambut.

"Dan saya minta no plastik di acara ini. Mudah mudahan bisa berjalan lancar," katanya.

Baca Juga: Masuki Tahap Akhir, Begini Serunya Etape II dan III Tour de Ijen

4. Bakal menempuh total 520 Km

Etape Satu, Internasional Tour de Banyuwangi Ijen Susuri Rute 133,2 KmIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

TDBI 2019 akan dilaksanakan selama empat hari, 25 - 28 September 2019 dimana pebalap akan menempuh empat etape dengan total lintasan 520,6 KM. Mereka akan melewati keindaan lansekap Banyuwangi, mulai dari Taman Nasional Alas Purwo hingga melewati rute mendaki ke Gunung Ijen. 

Ke 19 Peserta ITdBI 2019 adalah Team UKYO (Jepang), KINAN Cycling Team (Jepang), Taiyuan Miogee Cycling Team (Tiongkok), St George Continental Cycling Team (Australia), Team Sapura Cycling (Malaysia), Go For Gold (Filipina), Global Cycling (Filipina), Sepahan Cycling Team (Iran), Terengganu Inc. TSG Cycling Team (Malaysia), Omidnia Mashhad Team (Iran), Qinghai Tianyoude Cycling Team (Tiongkok), Aisan Racing Team (Jepang), Nex Cycling Team (Singapura), Tim nasional Malaysia, Tim nasional Indonesia, BRCC Banyuwangi, PGN Road Cycling Team, KGB Jakarta, KFC Cycling Team.

Baca Juga: Etape Pertama Tour de Ijen Dikuasai Pebalap Australia

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya