Satu Warga Jombang Positif COVID-19, Awalnya Berstatus PDP

Kondisi sehat dan diisolasi mandiri di rumah

Jombang, IDN Times - Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, mengumumkan satu warganya positif virus corona. Dengan demikian, wilayah Jombang masuk dalam zona merah. 

"Kondisinya sehat," kata Mundjidah Wahab, dalam konferensi pers di Jombang, pada Senin (30/3). 

1. Warga positif COVID-19 pernah menjalani perawatan di RSUD Jombang

Satu Warga Jombang Positif COVID-19, Awalnya Berstatus PDPBupati Jombang, Mundjidah Wahab, saat umumkan satu warganya positif COVID-19, di kantor Pemkab Jombang, pada Senin (30/3) Dok.Istimewa

Mundjidah menyampaikan, warganya yang terjangkit virus corona tersebut pernah berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Sehingga dia pernah dirawat di RSUD Jombang. Lalu, pada Minggu (29/3), setelah dilkukan tes, dia dinyatakan positif COVID-19.

"Untuk kasus terkonfirmasi ini, kondisinya dalam kondisi sehat. Dan di rumah melakukan isolasi mandiri, setelah dirawat di RSUD Jombang," ujar Mundjidah.

2. Penderita COVID-19 isolasi mandiri di rumah

Satu Warga Jombang Positif COVID-19, Awalnya Berstatus PDPBupati Jombang, Mundjidah Wahab, saat wawancara usai umumkan satu warganya positif COVID-19, di kantor Pemkab Jombang, pada Senin (30/3). Dok.Istimewa

Meskipun positif COVID-19, warga tersebut tidak diisolasi di RSUD Jombang. Menurut Mundjidah, warganya yang positif corona itu melakukan isolasi mandiri di rumah bersama keluarganya. 

"Yang jelas yaitu, yang bersangkutan melalukan isolasi mandiri dengan keluarganya sendiri," tegasnya. 

3. Tim medis akan melakukan swab ulang warga positif COVID-19

Satu Warga Jombang Positif COVID-19, Awalnya Berstatus PDPBupati Jombang, Mundjidah Wahab, saat umumkan satu warganya positif COVID-19, di kantor Pemkab Jombang. pada Senin (30/3). Dok.Istimewa

Mundjidah menyampaikan, tim medis RSUD Jombang akan melakukan uji swab ulang terhadap warga yang positif COVID-19 tersebut. Uji swab ini guna memastikan kondisi pasien. Ia berharap ketika hasil tes swab kedua keluar hasilnya negatif.

"Makanya ini kan masih dini. Kan baru tadi malam kami dapat beritanya. Ini sudah diminta untuk melakukan tes yang kedua. Bagaimana nanti hasilnya, kita tunggu. Mudah-mudahan hasilnya negatif," kata Mundjidah.

4. Warga Jombang harap lakukan imbauan pemerintah

Satu Warga Jombang Positif COVID-19, Awalnya Berstatus PDP(IDN Times/Arief Rahmat)

Selain satu positif COVID-19, di Jombang juga ada 1.232 orang dalam risiko (ODR), 138 orang dalam pantauan (ODP), dan 6 pasien dalam pengawasan (PDP). Karena itulah, Mundjidah berharap jika seluruh warga Jombang melaksanakan imbauan pemerintah yang bersifat antisipatif untuk memutus penyebaran virus corona. Seperti, jaga jarak (physical distancing), menjaga kebersihan lingkungan, dan menjaga kebersihan diri.

“Saat ini Jombang dalam kondisi darurat, saya harapkan kepada seluruh masyarakat Jombang melaksanakan seruan dan imbauan yang sudah kami terapkan. Untuk itu, kami meminta kerja sama semua lapisan masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga: Darurat COVID-19, Pemkab Jombang Mulai Terapkan Sif Kerja untuk ASN

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya