Tanggul Sungai Jebol, Jalan Nasional di Jombang Terendam Banjir

Arus dialihkan lewat Jalan Tol

Jombang, IDN Times - Tanggul sungai Brawijaya di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang jebol akibat tak mampu menahan debit air yang tinggi. Air kemudian meluap menggenangi sebagian permukiman warga dan jalan raya nasional Surabaya - Madiun. Hal itu menyebabkan arus lalu lintas setempat juga terganggu.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Pengairan Perak, M Herman menyampaikan luapan air sungai Brawijaya itu disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Malang dan Kediri hingga membuat debit air di sungai Konto bertambah. Ditambah lagi, banyaknya material sampah kayu dan lumpur semakin membuat aliran air terhambat.

"Ini dampak dari kali Konto di Damarwulan Kediri yang tinggi. Air gak muat dan bawa sedimen berupa kayu-kayu banyak, air turun dam Gude sampai masuk ke avur Besuk dan Avur Brawijaya ini," ungkapnya.

1. Tanggul sungai Brawijaya jebol dan air meluap

Tanggul Sungai Jebol, Jalan Nasional di Jombang Terendam BanjirJalan raya nasional Surabaya-Madiun terendam banjir. IDN Times/Zainul Arifin

Herman menuturkan jebolnya tanggul itu terjadi pada Rabu malam, 3 Februari 2021. Debit air di Dam atau bendungan Gude naik dratis sekitar jam 18.30 wib hingga kemudian Avur Brawijaya meluap karena tak mampu menahan derasnya arus sungai

"Akhirnya tanggul jebol dan meluap," kata dia.

Dia juga mengatakan, kejadian ini sudah ditangani oleh Dinas PUPR Jombang. Salah satu upayanya akam menutup sejumlah saluran untuk sementara waktu.

"Karena informasinya waduk Selorejo ini juga dibuka total karena airnya tak menampung."

2. Kemacetan hingga 4 kilometer

Tanggul Sungai Jebol, Jalan Nasional di Jombang Terendam BanjirKapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho meninjau banjir di Bandarkedungmulyo Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Berdasarkan pantauan, arus kendaraan di Jalan raya Surabaya - Madiun tepatnya di lintasan kereta api Bandarkedungmulyo terjadi kemacetan cukup panjang. Kendaraan berjalan padat merayap. Hal itu karena air sungai Brawijaya meluap dan menggenangi sebagian jalan raya itu.

"Tadi (kemacetan) sudah hampir 4 kilometer pas saya menuju ke sini, kemcetan dari pintu tol bandar sampai ke sini. Kita lakukan pengaturan lalu lintas supaya tidak semakin macet," kata Kapolres Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho saat meninjau lokasi banjir.

Baca Juga: Tahun Ini Kenduri Durian Wonosalam Jombang Dibatalkan akibat Pandemik

3. Pengalihan lalu lintas lewat pintu tol

Tanggul Sungai Jebol, Jalan Nasional di Jombang Terendam BanjirBanjir di Bandarkedungmulyo Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Agung mengungkapkan, selain menerjukan anggota Satlantas untuk melakukan pengaturan, pihaknya juga bekoordinasi dengan pemerintah kabupaten setempat untuk menangani kejadian itu. Ia menambahkan, untuk mengurai kemacetan, arus lalu lintas akan dialihkan lewat jalur Tol Bandar.

"Kita turunkan anggota untuk lakukan pengaturan, nanti saya koordinasi dengan Pemda terkait teknisnya supaya air cepat surut dan tidak terjadi kemacetan. Mungkin dari arah Surabaya nanti rencananya akan kita alihkan masuk pintu tol, kita berikan imbauan bahwa jalur macet silahkan melalui jalur tol. Kalau yang ke Kediri lewat pintu tol Nganjuk, agak melambung sedikit tapi lebih cepat untuk saat ini," kata Agung.

Baca Juga: Panther Pecah Ban Lalu Tabrak Pembatas Tol Jombang, Sopir Meninggal 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya