Perahu Terbalik di Sungai Brantas Jombang, Empat Orang Masih Hilang

Lokasi sungai berada di perbatasan Nganjuk dan Jombang

Jombang, IDN Times - Sebuah perahu penyeberangan yang mengangkut enam orang tenggelam di Sungai Brantas, Dusun Klaci, Desa Brodot, Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang, Sabtu malam (29/2). Hingga Minggu pagi (1/3), petugas gabungan dari Basarnas masih terus melakukan pencarian korban. Mereka menyusuri sungai dan menyebar ke beberapa titik.

1. Perahu yang terbalik angkut enam orang penumpang

Perahu Terbalik di Sungai Brantas Jombang, Empat Orang Masih HilangTim SAR melakukan pencarian korban. IDN Times/istimewa

Informasi yang diperoleh IDN Times, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 22.30 WIB, Sabtu malam (29/2). Perahu saat itu ditumpangi enam orang, termasuk satu orang pengemudi perahu.

Perahu menyeberang dari Dusun Sentanan, Desa Ngrombot, Kecamatan Patianrowo, yang masuk wilayah Kabupaten Nganjuk. Di tengah perjalanan di sungai Brantas menuju Bandarkedungmulyo, Jombang, mesin perahu tiba-tiba mati. Lantaran arus deras, perahu hanyut ke arah Utara lalu terbalik.

"Saat itu, ada enam orang penumpang dan tiga unit sepeda motor. Satu orang berhasil menyelamatkan diri dan lima orang tenggelam," kata Eka, petugas dari PMK Jombang yang ikut melakukan pencarian di lokasi kejadian, Minggu pagi (1/3).

2. Dua orang ditemukan selamat

Perahu Terbalik di Sungai Brantas Jombang, Empat Orang Masih HilangKorban selamat (kaos putih) Ferdiansyah. IDN Times/zainul arifin

Penumpang yang menyelamatkan diri bernama Ferdiansyah (25), warga Dusun Sentanan, Desa Ngrombot, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk. Ferdiansyah ditemukan warga dalam kondisi selamat, Minggu, dini hari tadi.

Selain Ferdiansyah, penumpang yang selamat bernama Sukar (55), warga Dusun Klaci, Desa Brodot, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang. Saat ini keduanya masih syok dan mendapat perhatian dari petugas untuk memulihkan psikologisnya.

Baca Juga: Minta Anaknya Mengemis, Keluarga Ini Diamankan Satpol PP Jombang 

3. Empat penumpang masih dicari

Perahu Terbalik di Sungai Brantas Jombang, Empat Orang Masih HilangPencarian perahu terbalik di sungai brantas. IDN Times/zainul arifin

Dengan ditemukannya dua orang korban selamat, maka tinggal empat orang penumpang yang hilang belum ditemukan. Dari data yang diperoleh IDN Times, identitas korban hilang yakni Anista Sugandis (18) dan Surip (45), keduanya warga Brodot, Kecamatan Bandarkedungmulyo. Kemudian Dadang (22), warga Ngrombot Kecamatan Patianrowo Nganjuk dan Septi (20), warga Mojokrapak, Tembelang Jombang.

"Tim SAR melakukan penyusuran sungai dengan menggunakan perahu karet. Selain itu, sejumlah petugas bersama warga dan tim relawan menyisir sungai brantas dan melakukan pemantauan di DAM (bendungan) brantas," ujar Kasi Kesiapsiagaan BPBD Jombang, Gunadi.

Baca Juga: Lima Anak Hanyut di Sungai Pucang Sidoarjo, Satu Meninggal Dunia

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya