Dua Kali Swab, Istri Wabup Jombang Dinyatakan Positif COVID-19

Diduga terpapar dari transmisi lokal Jombang

Jombang, IDN Times - Wiwin Isnawati, istri wakil bupati (Wabup) Jombang Sumrambah dinyatakan positif COVID-19. Sebelumnya, Wiwin juga sudah di-rapid test dengan hasil reaktif. Saat ini dia sedang menjalani isolasi mandiri.

"Memang positif, tapi kondisi beliau sangat bagus dan sehat. Saat ini masih menjalani isolasi mandiri di rumah dinas," kata Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran dikonfirmasi IDN Times, Senin malam (3/8/2020).

1. Dua kali swab hasilnya positif

Dua Kali Swab, Istri Wabup Jombang Dinyatakan Positif COVID-19Ilustrasi tes swab (Dok. IDN Times)

Pudji menjelaskan, Wiwin telah menjalani dua kali swab test. Pertama dilakukan pekan lalu setelah yang bersangkutan dinyatakan reaktif rapid test. Hasil swab pertama itu positif. Lalu pada swab kedua, Sabtu (1/8/2020) hasilnya juga positif COVID-19.

"Beliau masih menjalani isolasi mandiri, Insyaallah kondisinya masih bagus. Yang jelas hasil rontgen maupun laboratnya bagus semua, rontgennya juga bersih semua," ujar Puji.

2. Diduga terpapar transmisi lokal Jombang

Dua Kali Swab, Istri Wabup Jombang Dinyatakan Positif COVID-19Direktur RSUD Kabupaten Jombang dr Pudji Umbaran. IDN Times/Zainul Arifin

Belum diketahui secara pasti sumber virus yang menulari Wiwin. Pudji mengatakan, dari hasil wawancara yang dilakukan tim Gugus Tugas dengan yang bersangkutan, tidak diketahui dari mana sumber penularan.

Yang jelas, kata Pudji, Wiwin  tidak tertular dari para istri pejabat yang sudah terkonfirmasi COVID-19. Yakni istri sekretaris daerah, istri kepala Disdukcapil, dan istri Kepala Dinsos Jombang.

Pudji menduga, Wiwin terpapar corona dari transmisi lokal Jombang. Sebab, ketua penggerak PKK Kabupaten Jombang itu juga tidak keluar kota.

"Kalau dari wawancara, kami tidak bisa mengetahui dari mana. Yang jelas tidak tertular dari para istri pejabat yang kemarin terkonfirmasi positif. Ya, karena aktivitas lokal di Jombang pun berisiko, mengingat Jombang kan juga zona merah. Ada kemungkinan begitu (transimisi lokal)," jelasnya.

Baca Juga: Istri Wabup Jombang Segera Tes Swab Usai Reaktif Rapid Test

3. Punya riwayat penyakit bronkitis

Dua Kali Swab, Istri Wabup Jombang Dinyatakan Positif COVID-19Wabup Jombang Sumrambah bersama istri Wiwin Isnawati. IDN Times/Instagram.Whienisnawati

Kendati Wiwin positif corona, suaminya, Sumrambah dan dua orang anaknya setelah beberapa kali dilakukan rapid test hasilnya nonreaktif. Sehingga, mereka tidak perlu dilakukan tes swab.

"Keluarga sudah dilakukan rapid test hasilnya nonreaktif semuanya. Tidak perlu swab, beberapa kali rapid test hasilnya nonreaktif," terangnya.

Pudji menyampaikan, Wiwin selama ini memiliki riwayat penyakit bronkitis. Sehingga, kalau batuk lama sembuhnya. Terlebih saat cuaca dingin melanda, maka penyakitnya berpotensi kambuh.  

"Beliau punya riwayat bronkitis, sehingga kalau batuk memang agak lama. Sekarang sudah mulai membaik dan memang di cuaca gini (dingin) ya bronkitis gampang kambuh," imbuhnya.

4. Kondisi kesehatan Wiwin terus dipantau secara ketat

Dua Kali Swab, Istri Wabup Jombang Dinyatakan Positif COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Selama isolasi mandiri di rumah dinas, Gugus Tugas terus memantau kondisi kesehatannya. Tidak ada obat khusus dalam penanganan Wiwin.

Menurut Pudji, yang bersangkutan diminta untuk rajin mengonsumsi vitamin, selalu menjaga protokol kesehatan, walaupun di rumah harus tetap menggunakan masker itu.

"Selama ini beliau sangat patuh, kondisi kesehatan sangat sehat dan masih menjalani isolasi mandiri di rumah dinas," pungkasnya.

Baca Juga: Lewat Instagram, Wabup Jombang Umumkan Istrinya Reaktif Rapid Test

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya