Demi Prabowo-Khofifah, 7 Santri Jalan dari Makam Gusdur ke Grahadi

Demi ketemua Khofifah diduetkan dengan Prabowo Pilpres 2024

Jombang, IDN Times - Kopi Sadur atau komunitas pemuda Indonesia santri pecinta Gus Dur jalan kaki dari Jombang menuju ke Grahadi di Kota Surabaya, Jawa Timur. Mereka menempuh jalan kaki sejauh 90 kilometer demi bertemu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk dipasangkan dengan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Mengawali keberangkatan, mereka yang berjumlah 7 orang terlebih dahulu ziarah ke makam Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang, Kamis (8/9/2022). 

1. Diawali dengan ziarah Makam Gus Dur di Tebuireng Jombang

Demi Prabowo-Khofifah, 7 Santri Jalan dari Makam Gusdur ke GrahadiKopi Sadur saat ziarah di Makam Gus Dur Tebuireng Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Di makam keluarga pesantren Tebuireng yang terdapat makam pendiri Nahdatul Ulama Hadratussekh KH Hasyim Asy'ari, KH Abdul Wahid, KH Salahuddin Wahid dan lainnya, mereka memanjatkan doa dengan khusuk. Doa itu berlangsung sekitar 30 menit.

Setelahnya, mereka berjalan kaki menuju Grahadi Surabaya. Ketujuh anak muda itu memakai kaos putih bergambar Prabowo dan Khofifah. Selain itu, juga terlihat membawa bendera merah putih dan bendera bergambar Prabowo dan Khofifah

"Kita longmarch ke Grahadi (Surabaya) sambil jalan kaki, karena itu membulatkan tekat kami," kata salah satu perwakilan dari Kopi Sadur, Ainul Hamdi usai ziarah makam Gus Dur.

2. Berkeyakinan Khofifah adalah orang yang tepat mendampingi Prabowo

Demi Prabowo-Khofifah, 7 Santri Jalan dari Makam Gusdur ke GrahadiPerwakilan Kopi Sadur Ainul Hamdi saat diwawancarai di area Makam Gus Dur Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Tekat yang mereka maksud adalah menduetkan ketua umum Partai Gerindra dengan Khofifah pada Pemilu Presiden 2024 nanti. Mereka meyakini, menteri pertahanan dengan Gubernur Jatim merupakan pasangan yang ideal untuk memimpin bangsa ke depannya.

"Kami mempunyai keyakinan, insyaallah sesuatu yang baik ini akan menjadi baik untuk perbaikan nusantara kita di 2024 nanti," kata Ainul.

Lantas, mengapa mengawali dari ziarah ke makam Gus Dur? Ainul menyebut bahwa Gus Dur di detik-detiknya sebelum wafat menyampaikan jika Prabowo akan menjadi Presiden di usia tua.

"Dan kami meyakini bahwa yang tepat untuk mengawal beliau adalah ibu Khofifah, karena beliau orang baik, ikhlas dan minim konflik. Bisa diterima di seluruh kalangan," katanya.

3. Diagendakan bertemu Khofifah besok pagi di Grahadi Surabaya

Demi Prabowo-Khofifah, 7 Santri Jalan dari Makam Gusdur ke GrahadiKopi Sadur saat tiba ziarah di Makam Gus Dur Tebuireng Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Ia menjelaskan, tim yang berangkat jalan kaki dari Jombang menuju ke Grahadi Surabaya berjumlah tujuh orang dari berbagai daerah. Di antaranya dari Jombang, Nganjuk hingga ada yang dari luar Jawa.

Jumlah 7 orang ia artikan sebagai pitulungan atau pertolongan untuk masyarakat Indonesia. Kemudian, di Mojokerto ada satu orang yang bergabung dan begitu juga di Sidoarjo juga ada satu orang lagi yang menyertai perjalanannya.

"Sehingga di Surabaya nanti insyaallah 9 orang. Sembilan itu mengartikan walisongo," katanya.

Perjalanan darat Kopi Sadur ditargetkan tiba di Surabaya Jumat besok pagi (9/9/2022) sesuai dengan agenda mereka bertemu dengan Gubernur Jawa Timur. "Insyaallah diagendakan (bertemu Khofifah) besok pagi," katanya.

Pada saat bertemu Khofifah, mereka bilang akan meminta kesediaan mantan menteri sosial itu untuk mendampingi ketua umum Partai Gerindra pada Pilpres mendatang.

"Kita minta dengan kerendahan ibu khofifah untuk bisa mengawal dan mendampingi bapak Prabowo di periode 2024 nanti," katanya.

Baca Juga: Khofifah Berpeluang ke Pilpres, 5 Nama Ini Bakal Ramaikan Pilgub Jatim

Zain Arifin Photo Community Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya