Khofifah Berpeluang ke Pilpres, 5 Nama Ini Bakal Ramaikan Pilgub Jatim

Onok pilihanmu ta rek?

Surabaya, IDN Times - Elektabilitas Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa terus melejit. Terbaru, Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil survei elektabilitas tokoh yang berpotensi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Nama Khofifah membuntuti elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Nah, jika Khofifah bertarung di Pilpres mendatang, Direktur SSC Mochtar Wahyu Oetomo bilang kalau Pemilihan Gubernur Jatim tetap akan seru. Momen itu akan menjadi panggung besar bagi kandidat lain yang mempunyai elektabilitas di bawah Khofifah. Mengingat, elektabilitas Khofifah tak terkejar di Pilgub Jatim yakni 30 persen. Sementara para pesaingnya tidak lebih dari 15 persen.

"Kalau Bu Khofifah sebagai petahana wajar menjadi yang tertinggi. Tetapi ketika beliau ke Pilpres, saya kira Pilgub Jatim akan seru, di mana nama-nama alternatif di luar Bu Khofifah punya peluang sama," ujarnya saat rilis hasil survei di Hotel Narita Surabaya, Senin (29/8/2022).

1. Nama Risma, Emil, Gus Ipul, Eri hingga Anwar Sadad jadi alternatif

Khofifah Berpeluang ke Pilpres, 5 Nama Ini Bakal Ramaikan Pilgub JatimMensos Tri Rismaharini atau Risma (Istimewa)

Nama-nama yang berpeluang itu seperti yang tertera dalam hasil survei SSC. Data yang diterima IDN Times ada lima nama yang bisa bersaing antara lain Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma dengan elektabilitas 12,8 persen, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak 9,8 persen, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul 5,7 persen, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi 4,5 persen dan Wakil Ketua DPRD Jatim sekaligus Ketua Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad 2,5 persen.

"Peluang calon-calon lain sama. Ada nama Risma, Emil, Eri Cahyadi, Gus Ipul. Kalau sebagai ketua partai saya lihat progres yang baik dari Anwar Sadad baik elektabilitasnya sebagai cagub atau cawagub. Namun tentu, angkanya masih kecil dan beliau harus kerja keras. Tetapi, dengan nilai plus sebagai seorang Nahdliyin juga sekarang menjabat Wakil Ketua DPRD Jatim tentu peluangnya naik di Pilgub Jatim sangat terbuka lebar," kata dia.

Baca Juga: Cacar Monyet Masuk Indonesia, Khofifah: Tingkat Penularannya Rendah

2. Nama alternatif masih perlu kerja keras tingkatkan elektabilitas

Khofifah Berpeluang ke Pilpres, 5 Nama Ini Bakal Ramaikan Pilgub JatimKetua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad. (dok. Istimewa)

Mochtar mengakui, sejauh ini, di luar nama Khofifah, belum ada nama-nama yang dominan di Pilgub Jatim 2024. "Tinggal bagaimana calon-calon alternatif itu bisa memanfaatkan momentum yang ada, dan terus sosialisasi ke bawah. Menurut saya pun, angka elektabilitas Khofifah juga belum sepenuhnya aman untuk Pilgub Jatim, apalagi pemilih yang belum menjawab masih 23,8 persen," kata dia.

Senada dengan Mochtar, peneliti senior SSC Surokim Abdussalam mengatakan kalau masih banyak peluang bagi semua calon. Terpenting calon yang ada sekarang ini bisa menjaga konsistensi dan terus turun ke masyarakat untuk mengenalkan diri. Sekaligus menjaga diri sendiri agar tidak tersandung kasus apalagi skandal.

"Kalau dijaga kemudian elektabilitasnya sudah 18 persen lebih itu bisa bersaing di Pilgub. Asal tidak kena kasus apalagi asusila. Setinggi apapun elektabilitasnya pasti akan jeblok," kata dia.

3. Survei SSC libatkan 1.200 warga Jatim dengan margin of error 2,83 persen

Khofifah Berpeluang ke Pilpres, 5 Nama Ini Bakal Ramaikan Pilgub Jatimilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 1-10 Agustus 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Baca Juga: Elektabilitas Capres 2024: Ganjar Prabowo Bersaing, Khofifah Menguntit

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya