50 persen Sekolah di Jatim Pakai Smartphone untuk USBN

Pemprov belum tentukan apakah UN akan gunakan smartphone

Surabaya, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Saiful Rachman, memperkirakan lebih dari setengah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkatnya seperti Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Kejuruan, menjalani Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menggunakan gawai pintar atau smarphone. Sebagai diketahui, ujian akhir menggunakan ponsel pintar merupakan salah satu inovasi Jawa Timur untuk meningkatkan mutu pendidikan.

1. Hampir 50 persen menggunakan smartphone

50 persen Sekolah di Jatim Pakai Smartphone untuk USBNIDN Times/Vanny El Rahman

Berdasarkan keterangan Saiful, hampir 50 persen sekolah di Jawa Timur memanfaatkan gawai untuk USBN. “Sudah 100 persen di Jawa Timur (menggunakan laptop atau pc). Kurang lebih sekitar 50 persen sekolah menggunakan smartphone,” kata dia usai meninjau lokasi USBN bersama Gubernur Jawa Timur di SMA kompleks, Surabaya, Senin (4/3).

2. Smartphone menjadikan ujian berjalan satu sesi

50 persen Sekolah di Jatim Pakai Smartphone untuk USBNIDN Times/Vanny El Rahman

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, keterbatasan komputer dan laptop yang dimiliki sekolah menjadikan ujian berjalan dua hingga tiga sesi. Dengan menggunakan gawai, ujian bisa berjalan serempak hanya satu sesi. “Sekolah ada yang berambisi 1 sesi, biasanya kan 2 atau 3, pada 1 sesi otomatis akan banyak yang pakai smartphone,” lanjut dia.

3. Gawai belum tentu digunakan saat Ujian Nasional

50 persen Sekolah di Jatim Pakai Smartphone untuk USBNIDN Times/Vanny El Rahman

Hingga saat ini, belum ada keluhan terkait penggunaan gawai sebagai instrumen ujian. Namun, atas saran dari Gubernur, Saiful mempertimbangkan kembali apakah gawai akan kembali digunakan untuk Ujian Nasional (UN).

“Kalau MTK, takutnya ada layar yang terang, ada yang kurang terang. Kalau utk angka-angka tingkat presisinya harus tinggi, ada grafik, prisma, kubus, lebih bagus pakai laptop,” tambah Khofifah.

Baca Juga: USBN SMA di Jatim Bisa Pakai HP Android

4. Lebih dari 175 ribu siswa ikut USBN

50 persen Sekolah di Jatim Pakai Smartphone untuk USBNIDN Times/Vanny El Rahman

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur, jumlah peserta USBN tahun ini mencapai 175 ribu siswa. Saiful optimis rangkaian ujian akhir akan berjalan aman tahun ini.

“Kita UBNK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sudah tahun ketiga, Sudah berjalan dengan baik. Kami siapkan URC, Unit Reaksi Cepat. Kalau ada masalah dari provinsi, kabupaten/kota siap antisipasi,” tutup Saiful.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Pastikan Tidak Ada Kebocoran Soal USBN

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya