USBN SMA di Jatim Bisa Pakai HP Android

Asal gak dibuat contekan aja ya

Surabaya, IDN Times - Dinas Pendidikan Jawa Timur (Jatim) terus berinovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kali ini satu terobosan baru akan dilaksanakan dalam Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN). Rencananya ujian ini bisa menggunakan gawai pintar atau smartphone.

1. USBN BKS untuk SMA

USBN SMA di Jatim Bisa Pakai HP AndroidANTARA FOTO/M Agung Rajasa

 

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Saiful Rachman mengatakan bahwa memang ada kejutan di USBN untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Karena cukup membawa gawai ke sekolah, mereka sudah bisa mengerjakan ujian. "Kami punya USBN Berbasis Komputer dan Smartphone (BKS), anak-anak (siswa) cukup dengan android," ujarnya, Rabu (27/2).

Baca Juga: Sekolah SMP di Pelosok Garut Mulai Terapkan Sistem UNBK Tahun Ini

2. Hanya bisa akses program USBN

USBN SMA di Jatim Bisa Pakai HP AndroidPexels/Bruce Mars

Meski menggunakan gawai, nantinya para siswa tidak bisa mengoperasikan aplikasi seperti media sosial maupun mesin pencarian. Pasalnya, semua aplikasi akan dikunci oleh sistem. Sehingga peserta ujian hanya dihadapkan dengan program USBN di layar smartphone.

"Kunci program lain. Tidak perlu karantina (HP), Sudah terkunci masuk programnya langsung terkunci lain. Tidak bisa buka Google, WhatsApp, dokumen gak bisa. Mati semua. Yang muncul hanya itu (USBN)," papar Saiful.

3. Cukup satu sesi ujian

USBN SMA di Jatim Bisa Pakai HP AndroidANTARA FOTO/Didik Suhartono

Dengan USBN BKS itu, maka SMA di Jatim hanya menggelar satu sesi ujian. Karena peserta ujian bisa langsung mengerjakannya di jam yang sama tanpa harus bergiliran menggunakan komputer. "Besok USBN silahkan lihat. Tidak perlu 2-3 sesi. Satu sesi cukup," tukas Saiful.

4. Usul UNBK tiru USBN BKS

USBN SMA di Jatim Bisa Pakai HP AndroidIDN Times/Ardiansyah Fajar

Jika nantinya inovasi ini sukses, Dinas Pendidikan Jatim akan bergegas mengusulkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bisa meniru USBN BKS. Karena program ini akan menjadi yang pertama dan diterapkan SMA di Jatim.

"Saya usul UNBK ke depan pakai itu lebih bagus. Program Jatim, inovasi Jatim. Diterapkan (tahun) ini," tandas Saiful.

Baca Juga: UNBK, Dinas Pendidikan Jatim Gelontorkan Rp20 M untuk Komputer

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya