Viral Tiang Listrik di Kayutangan, Pemkot Malang: Harus Dipindah 

Ada rencana penanaman kabel di Kayutangan Heritage

Malang, IDN Times - Tiang listrik di perempatan Rajabali kawasan Kayutangan Heritage, Kota Malang sudah terlanjur viral di Twitter. Hal ini membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Malang angkat suara.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, mereka akan melakukan dialog dengan pemilik tiang-tiang itu. Tentu saja dialog tersebut untuk memindahkan tiang-tiang yang menutupi zebra cross tersebut.

"Kalau kondisinya seperti ini, memang harus dipindahkan, jadi kita akan koordinasi dengan pemilik tiang. Kita akan berdialog dengan PLN dan Telkom," terang Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto pada Selasa (27/12/2022).

1. Tidak mudah melakukan pemindahan tiang listrik dan provider

Viral Tiang Listrik di Kayutangan, Pemkot Malang: Harus Dipindah Pengguna jalan yang bingung ada tiang listrik berjajar di ujung zebra cross Kayutangan Heritage. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dandung mengakui jika tidak mudah melakukan pemindahan kepada tiang-tiang milik PLN dan Telkom tersebut. Berbeda jika kasus tersebut melibatkan Penerangan Jalan Umum (PJU).

"Kalau PJU bisa kita pindahkan besok juga kalau memungkinkan. Tapi permasalahannya ini milik provider, mereka juga punya perhitungan sendiri," jelasnya.

Baca Juga: Tiang Listrik di Kayutangan Heritage Malang Digunjing Netizen

2. Rencana pemindahan tiang

Viral Tiang Listrik di Kayutangan, Pemkot Malang: Harus Dipindah Tiang listrik yang menghalangi zebra cross di Kayutangan Heritage. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

DPUPRPKP Kota Malang mengatakan belum bisa memastikan rencana apa untuk memindahkan tiang-tiang tersebut. Sebenarnya ada beberapa pilihan diantaranya dipindahkan, dirapikan, atau ditanam menggunakan ducting.

"Pilihannya kemungkinan dipindah atau rapikan. Karena itu dianggap menghalangi zebra cross, kasian yang nyebrang," tandasnya.

Pemkot Malang sendiri sebenarnya sudah memiliki rencana untuk menanam kabel-kabel tersebut agar terlihat lebih rapi. Namun, rencana tersebut masih dalam penggodokan.

"Kita susah memberikan fasilitas duckting untuk koridor 2 dan 3. Tinggal kita minta provider untuk menurunkan kabel mereka," paparnya.

3. Rencana penanaman kabel tahun depan

Viral Tiang Listrik di Kayutangan, Pemkot Malang: Harus Dipindah Tiang listrik yang menghalangi zebra cross di Kayutangan Heritage. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Pemkot Malang mengatakan jika sudah merencanakan penanaman kabel pada tahun depan. Namun, belum semua provider mau menurunkan kabelnya untuk ditanam.

"Kita tunggu koridor tiga selesai, baru kita komunikasikan untuk penanaman kabel. Harapannya bisa segera diturunkan dan bisa terlihat kesan heritage-nya yang kental," pungkasnya.

Baca Juga: Dishub Jawab Protes Warga pada Jalur Satu Arah Kayutangan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya