Suasana Haru Pemakaman 3 Korban Pesawat Super Tucano di Malang

Pemakaman ketiganya berjalan dengan upacara militer

Malang, IDN Times - Suasana haru menyelimuti Taman Makam Pahlawan (TMP) Surapati Jalan Veteran Nomor 8, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Pasalnya, ada pemakaman tiga korban jatuhnya pesawat Super Tucano milik TNI AU yaitu Letkol Penerbang Sandhra Gunawan, Kolonel Administrasi Widiono Hadiwijaya, dan Kolonel Penerbang Subhan.

Pemakaman ketiganya dilaksanakan dengan prosesi upacara militer. Warga yang melintas juga tampak berbondong-bondong melihat prosesi pemakaman.

1. Jalannya pemakaman secara militer pada 3 korban jatuhnya pesawat TNI AU

Suasana Haru Pemakaman 3 Korban Pesawat Super Tucano di MalangProsesi pemakaman militer 3 korban pesawat TNI AU di TMP Surapati Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ketiga jenazah tiba di TMP Surapati pada Jumat (17/11/2023) sekitarnya pukul 10.18 WIB dengan iring-iringan para prajurit TNI AU Lanud Abdulrahman Saleh Malang. Terlihat ketiga peti perwira menengah ini terbungkus bendera merah putih dan digotong oleh rekan-rekannya di Skuadron 21. Ketika memasuki pintu masuk TMP Surapati tembakan salvo dibunyikan sebagai tanda upacara pemakaman dimulai.

Setibanya di depan liang lahatnya, prosesi upacara militer dilakukan dengan dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Panglima Komando Operasi Udara II, Marsekal Muda TNI Budhi Achmadi. Tampak tangis hari dari keluarga dan kerabat dari ketiga korban.

Ketiga jenazah dimasukkan ke liang lahat sekitar pukul 11.00 WIB dengan diikuti tembakan salvo kedua. Terlihat juga anak-anak dari ketiga korban melihat langsung proses penguburan ayah mereka.

Baca Juga: Para Korban Pesawat Super Tucano Dimakamkan di 2 Lokasi

2. Pemakaman ketiga jenazah juga dihadiri oleh Wakil KASAU

Suasana Haru Pemakaman 3 Korban Pesawat Super Tucano di MalangKepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Agung Sasongkojati. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Pemakaman ketiga korban ini dihadiri oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Agung Sasongkojati dan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau), Marsdya TNI Gustaf Brugman. Sementara Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Laksamana Udara Soerjadi Soerjadarma tidak bisa hadir karena mendapatkan tugas di Arab Saudi.

"Ketiga almarhum yaitu Subhan, Widiono dan Sandhra Gunawan telah dimakamkan dengan Inspektur Lemakaman Pangkops Udara II. Pemakaman ini juga dihadiri Wakil KASAU," terang Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Agung Sasongkojati saat dikonfirmasi di lokasi pemakaman.

Agung mengatakan jika jenazah Mayor Penerbang Yuda Seta juga telah diterbangkan ke Madiun. Ia akan dimakamkan di TMP Madiun sesuai keinginan pihak keluarga.

3. TNI AU kini tengah fokus menenangkan pihak keluarga korban

Suasana Haru Pemakaman 3 Korban Pesawat Super Tucano di MalangProsesi pemakaman militer 3 korban pesawat TNI AU di TMP Surapati Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Agung menjelaskan jika saat ini pencarian data recorder pesawat di lokasi kecelakaan. Tapi kini mereka sendiri tengah fokus menenangkan keluarga korbam yang masih berduka.

"Tim investigasi sudah di lokasi mengumpulkan data dan barang terkait kecelakaan termasuk data recorder. Akan kita ikuti terus perkembangan penyelidikan. Tapi sekarang kita fokus menenangkan pihak keluarga," pungkasnya.

Baca Juga: Spesifikasi Super Tucano, Pesawat dari Brasil yang Alami Kecelakaan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya