Stadion Kanjuruhan Direnovasi Besok, Begini Perubahannya

Kapasitas penonton Stadion Kanjuruhan dipastikan akan turun

Malang, IDN Times - PT Waskita Karya dipastikan sebagai pemenang tender dalam proyek renovasi Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Bupati Malang, Muhammad Sanusi juga telah meneken kontrak agar renovasi bisa segera dilaksanakan. Renovasi ini rencananya akan menelan biaya Rp331 miliar dengan pengerjaan selama 16 bulan.

Sanusi menyampaikan sangat menyambut kepastian ini, ia sudah sangat berharap agar Stadion Kanjuruhan bisa segera direnovasi. Sehingga kedepannya bisa kembali difungsikan sebagai stadion berstandar FIFA.

1. Bupati Malang menyampaikan kalau renovasi akan mulai dilaksanakan besok

Stadion Kanjuruhan Direnovasi Besok, Begini PerubahannyaBupati Malang, Muhammad Sanusi. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Bupati Malang, Muhammad Sanusi menyampaikan jika renovasi Stadion Kanjuruhan akan dimulai pada Sabtu (9/9/2023). Artinya, hari ini Stadion Kanjuruhan sudah harus steril karena beberapa material sudah akan masuk.

"Rencananya Sabtu besok mulai ada yang dibongkar. Jadi hari ini akan ada alat berat dan material yang masuk (ke Stadion Kanjuruhan)," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (7/9/2023).

Sanusi mengatakan jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tidak memiliki request khusus pada renovasi besar-besaran ini. Namun, ia meminta gate 13 dijadikan museum untuk mengenang Tragedi Kanjuruhan.

"Di gate 13 tidak akan ada garis polisi selama pembangunan. Nanti cukup ditutup kaca rencananya, jadi hanya orang tertentu bisa masuk ke situ," bebernya.

Baca Juga: Renovasi Stadion Kanjuruhan Dipastikan Mundur hingga September 2023

2. Wajah Stadion Kanjuruhan akan mengalami perubahan 60 persen

Stadion Kanjuruhan Direnovasi Besok, Begini PerubahannyaDesain terbaru Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Yuni Ahmad Arifianto selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Stadion Kanjuruhan mengatakan kalau wajah Stadion Kanjuruhan akan berubah 60 persen. Renovasi juga akan dikerjakan secara kerjasama antara PT Waskita Karya dan PT Brantas Abipraya.

Ianjuga menjelaskan kalau kapasitas Stadion Kanjuruhan akan mengalami penurunan karena tribun penonton akan diubah menjadi single seat. Kapasitas penonton yang awalnya mencapai 38 ribu penonton akan menjadi 21.734 penonton, ini sudah termasuk kursi untuk penonton VVIP.

"Perubahan lainnya adalah terkait pencahayaan di lapangan akan kita ganti sesuai guideline dari FIFA, kemudian rumput. Begitu juga akses keluar masuk penonton yang awalnya curam akan menjadi lebih landai," bebernya.

Pria yang akrab disapa Yayan ini mengungkap pengerjaan awal renovasi Stadion Kanjuruhan alan dimulai dengan pembongkaran struktur, jadi struktur yang sudah ada akan diperkuat agar tahan gempa. Kemudian dilakukan penggantian atap di tribun barat agar sesuai dengan standar FIFA. Ia mengungkapkan jika berdasarkan desain yang sudah diberikan, atap stadion memang hanya ada di tribun barat.

Ia juga menyampaikan jika pada gate 13 memang akan dibuatkan museum untuk mengenang korban Tragedi Kanjuruhan. Salah satu kios di gate 13 akan dimanfaatkan untuk menjadi museum yang bisa dikunjungi penonton.

"Di sana akan ada nama-nama dan foto-foto dari korban Tragedi Kemudi ada rencana juga mencantumkan prestasi yang pernah diraih oleh Arema. Jadi seperti stadion-stadion di luar negeri," jelasnya.

3. Alasan anggaran untuk renovasi Stadion Kanjuruhan turun

Stadion Kanjuruhan Direnovasi Besok, Begini PerubahannyaYuni Ahmad Arifianto selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Awalnya, anggaran renovasi Stadion Kanjuruhan disampaikan Bupati Malang pada Januari 2023 akan menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencapai Rp1 triliun. Anggaran ini kemudian turun menjadi Rp390 miliaran setelah diumumkan oleh Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Lalu turun lagi usai Waskita Karya memenangkan tender dengan nilai Rp331 triliun.

"Karena dari awal pagi yang ditetapkan itu Rp390 miliar, ini sudah sesuai dengan konsultan dari Komisi Keselamatan Bangunan Gedung (KKBG) setelah Tragedi Kanjuruhan. Dan berdasarkan instruksi dari Presiden RI juga dirasakan Rp390 miliar ini sudah cukup untuk merenovasi stadion ini," tandasnya.

Menurutnya penurunan ini adalah hal yang wajar, pasalnya setelah dilakukan pengecekan ternyata struktur bangunan Stadion Kanjuruhan tidak memerlukan banyak perubahan. Sehingga bisa menghemat biaya tanpa perlu melakukan perobohan bangunan.

Baca Juga: Sunyi, 12 Foto Kondisi Terkini di Dalam Stadion Kanjuruhan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya