Renovasi Stadion Kanjuruhan Dipastikan Mundur hingga September 2023

Pemenang tender renovasi Stadion Kanjuruhan belum diputuskan

Malang, IDN Times - Renovasi Stadion Kanjuruhan hungga saat ini belum juga dilaksanakan. Padahal sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Malang, Firmando Hasiholan Martondang mengungkap kalau Kanjuruhan akan direnovasi pada Minggu kedua di bulan Agustus 2023.

Nyatanya hingga saat ini stadion berkapasitas 38 ribu penonton ini masih belum dilakukan perubahan. Ternyata kemunduran ini terjadi lantaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) belum mengumumkan pemenang tender dalam proyek ini.

1. Renovasi Stadion Kanjuruhan dipastikan molor hingga September 2023

Renovasi Stadion Kanjuruhan Dipastikan Mundur hingga September 2023Kantor Dispora Kabupaten Malang yang berada di Stadion Kanjuruhan. (Foto: Rizal Adhi Pratama)

Kepala Bidang Sarana Prasarana Dispora Kabupaten Malang, Lusiani Ferelia menjelaskan jika tanda tangan kontrak antara perusahaan pemenang tender dengan Kementerian PUPR RI baru akan dilaksanakan pada 22 hingga 23 Agustus 2023. Sementara pengerjaan renovasi baru hisa dilaksanakan setelah tanda tangan kontrak sudah dilakukan. Sehingga hampir mustahil jika renovasi dilakukan pada bulan ini.

"Jadi seperti seperti itu (mundur), kalau lihat jadwal lelangnya, baru direnovasi mungkin awal September. Karena keputusan akhir tetap di PUPR," terangnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (12/8/2023.

Renovasi ini sendiri diketahui akan merombak stadion milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang ini. Kapasitas stadion juga akan turun menjadi 21.734 orang karena akan dibuat tribun single seat. Rinciannya akan ada 8 sofa di tribun VVIP, 100 seat tribun VVIP, 2.560 seat tribun VIP, 18.918 seat tribun Ekonomi, 88 seat tribun media tanpa meja, dan 54 seat tribun media dengan meja.

2. Pedagang yang ada di ring satu Stadion Kanjuruhan harus pindah

Renovasi Stadion Kanjuruhan Dipastikan Mundur hingga September 2023Penampakan ruko di Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Lusiani juga menjelaskan kalau seluruh pedagang yang berada di ring satu Stadion Kanjuruhan harus pindah. Pasalnya nantinya ring satu harus steril dan hanya boleh dilewati penonton dengan tiket. Artinya, sebanyak 53 pedagang yang menyewa ruko yang menempel di Stadion Kanjuruhan harus pindah.

"Para pedagang penyewa ruko keputusan akhirnya akan dipindah ke area parkir di taman. Kita sudah siapkan tempat relokasi di sana agar mereka tetap bisa berdagang," jelasnya.

Mereka telah mempersiapkan tenda semi permanen sebesar 3×4 meter. Belu ada keputusan dari Dispora ataupun Pemkab Malang apakah nantinya akan dibangun bangunan permanen semacam ruko di tempat relokasi tersebut.

3. Pedagang kaki lima di Stadion Kanjuruhan juga diberikan tempat khusus

Renovasi Stadion Kanjuruhan Dipastikan Mundur hingga September 2023Lokasi relokasi pedagang di Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Tidak hanya menyewa ruko, pedagang kaki lima juga disiapkan tempat khusus di Stadion Kanjuruhan. Berbeda dengan kenyewa ruko yang disediakan tenda semi permanen, mereka hanya menyediakan tempat bagi pedagang kaki lima. Di sana para pedagang akan ditata lokasi berdagangnya agar tidak kumuh dan terkesan rapi.

"Tetap satu komplek dengan penyewa ruko, tapi tempatnya di belakangnya. Jadi terpusat di satu titik ada makanan hingga mainan di sana," tandasnya.

Sebelumnya, para pedagang diberikan waktu mengosongkan ring satu Stadion Kanjuruhan sampai 10 Agustus 2023. Karena jadwal renovasi yang molor, para pedagang diijinkan tetap berdagang di lokasi semula sampai akhir Agustus 2023.

Baca Juga: Gowes Malang-Jakarta untuk Kanjuruhan, Midun Ngaku Sempat Dihalangi

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya