Renovasi Kanjuruhan Dikerjakan PT Waskita Karya dengan Nilai Rp331 M

Renovasi ditargetkan selesai dalam 16 bulan

Malang, IDN Times - Renovasi Stadion Kanjuruhan yang berada di Jalan Trunojoyo Dusun Krajan, Desa Kedungkandang, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang akhirnya telah dipastikan siapa kontraktornya. PT Waskita Karya akhirnya didapuk sebagai pemenang tender.

Bupati Malang, Muhammad Sanusi bahkan telah meneken kontrak dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini. Sehingga kini pihak PT Waskita Karya tinggal melaksanakan proses renovasi saja.

1. Anggaran yang digelontorkan untuk merenovasi Stadion Kanjuruhan nilainya turun

Renovasi Kanjuruhan Dikerjakan PT Waskita Karya dengan Nilai Rp331 MBupati Malang, Muhammad Sanusi. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Bupati Malang, Muhammad Sanusi mengatakan kalau harga untuk merenovasi Stadion Kanjuruhan menjadi Rp331 miliar. Sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang sempat merilis HPS (Harga Perkiraan Sendiri) untuk merenovasi Stadion Kanjuruhan ada Rp390 miliar. Nantinya uang yang akan digunakan adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pengerjaan renovasi oleh PT Waskita Karya diharapkan tidak memakan waktu lebih dari 16 bulan. Bahkan kalau perlu lebih cepat maka akan lebih baik lagi, agar stadion kebanggaan warga Kabupaten Malang ini bisa segera difungsikan kembali.

"Tentu kita berharap agar Stadion Kanjuruhan ini bisa segera digunakan kembali. Jadi akan lebih baik kalau pengerjaannya kurang dari 16 bulan," terangnya saat dikonfirmasi pada Kamis (7/9/2023).

2. Bupati Malang sangat bahagia dengan hadirnya PT Waskita Karya sebagai pemenang tender

Renovasi Kanjuruhan Dikerjakan PT Waskita Karya dengan Nilai Rp331 MBupati Malang, Muhammad Sanusi. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sanusi menyamping kalau ia sangat senang dengan terpilihnya PT Waskita Karya sebagai pemenang tender renovasi Stadion Kanjuruhan. Pasalnya dengan begini maka renovasi Stadion Kanjuruhan akan segera terealisasi. Sehingga menjawab keraguan masyarakat karena renovasi yang seharusnya dilaksanakan pada bulan Agustus ini molor.

"Akhirnya apa yang diharapkan warga Kabupaten Malang ini menjadi kenyataan. Renovasi Stadion Kanjuruhan ini akan segera dimulai. Semoga renovasi ini berjalan lancar tanpa hambatan," ujarnya.

Kader PDIP ini mengatakan kalau renovasi ini akan menjadi tonggak sejarah bagi Stadion Kanjuruhan. Pasalnya sejak diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri pada 9 Juni 2004, belum pernah dilakukan renovasi besar-besaran setelahnya.

3. Pemkab Malang segera melakukan sterilisasi pedagang Stadion Kanjuruhan

Renovasi Kanjuruhan Dikerjakan PT Waskita Karya dengan Nilai Rp331 MPenampakan ruko di Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Setelah kontraktor renovasi Stadion Kanjuruhan sudah ditentukan, kini tugas Pemkab Malang adalah melakukan sterilisasi para pedagang di Stadion Kanjuruhan. Satpol PP Kabupaten Malang akan melaju relokasi pada pedagang yang menempati ruko-ruko di Stadion Kanjuruhan.

Saat ini ada 2 tempat relokasi pedagang Stadion Kanjuruhan yang diusulkan. Lokasi pertama di depan kolam renang Stadion Kanjuruhan, dan loaksi kedua adalah di sebelah barat Stadion Kanjuruhan. Saat ini tinggal menunggu kesepakatan dari Paguyuban Pedagang Stadion Kanjuruhan saja.

"Dari Bank Jatim akan memberi bantuan pada para pedagang ini. Akan dibantu membangun bangunan sementara untuk relokasi pedagang di Kanjuruhan," pungkasnya.

Baca Juga: 2 Polisi Dihukum Perkara Tragedi Kanjuruhan, Ini Kata Keluarga Korban

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya