Projo Kabupaten Malang Deklarasi Dukungan Prabowo-Gibran

Gibran dianggap telah dapat restu Jokowi dan Iriana

Malang, IDN Times - Relawan Pro Jokowi (Projo) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Malang akhirnya memutuskan untuk beralih mendukung Prabowo Subianto dalam Pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Keputusan ini setelah Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju ini mendeklarasikan putra sulung Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka sebagai Bacawapres.

Projo Kabupaten Malang menilai jika Gibran sosok anak muda berprestasi yang bisa mensejahterakan rakyat dan melanjutkan program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Oleh karena itu, mereka kini membulatkan tekad untuk mendukung Prabowo-Gibran.

1. Projo Kabupaten Malang ingin program-program Jokowi dilanjutkan

Projo Kabupaten Malang Deklarasi Dukungan Prabowo-GibranKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kanan) mengajari putra Jokowi, Gibran Rakabumi Raka (kiri) berkuda di Hambalang, Sabtu, 18 Juni 2022. (Dok. Gerindra)

Projo Kabupaten Malang menilai jika Prabowo-Gibran akan melanjutkan program-program Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Menurutnya, banyak program Jokowi yang masih berjalan diantaranya pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN). Mereka khawatir program-program unggulan ini akan dihentikan jika presidennya yang lain.

"Prabowo dan Gibran merupakan pasangan ideal yang bisa membawa bangsa dan negara lebih baik. Gibran juga mempunyai daya tarik untuk kaum muda karena prestasinya sukses membangun Kota Solo," terang Ketua DPC Projo Kabupaten Malang, Ahmad Ghufron saat dikonfirmasi pada Senin (23/10/2023).

Selain itu, Gibran yang masih berusia 36 tahun juga memiliki daya tarik pemilih dari kelompok usia milenial dan gen z. Oleh karena itu, mereka menilai sosoknya akan banyak mendulang suara dari pemilih muda. Oleh karena itu, Projo optimis akan memenangkan pilpres kembali.

Baca Juga: Jokowi Merestui Gibran Dampingi Prabowo di Pilpres

2. Gibran telah mendapatkan restu Jokowi dan Iriana untuk jadi cawapres

Projo Kabupaten Malang Deklarasi Dukungan Prabowo-GibranGufron saat Rakernas Projo di Jakarta. (Dok. Projo Kabupaten Malang)

Lebih lanjut, Projo Kabupaten Malang akhirnya memutuskan untuk mendukung pasangan Prabowo-Gibran lantaran Jokowi dan Iriana Jokowi telah merestui langkah Wali Kota Solo ini. Alasan ini yang mendasari Projo akhirnya tidak lagi mendukung capres dan cawapres dari garis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Projo Kabupaten Malang akan berjuang memenangkan Prabowo-Gibran di wilayah Kabupaten Malang. Mereka juga telah mempersiapkan strategi untuk mengkampanyekan Prabowo-Gibran agar mendulang suara di Kabupaten Malang.

"Gibran sudah mendapatkan restu Pak Jokowi, maka Projo Kabupaten Malang siap memenangkan Prabowo-Gibran. Selain itu, Gibran juga merupakan sosok berprestasi yang sukses memimpin Kota Solo," tegasnya.

Baca Juga: Memosisikan Kepala Negara, Jokowi Dukung Semua Calon Pilpres

3. Projo Kabupaten Malang sudah lama mengusulkan Gibran sebagai Bacawapres

Projo Kabupaten Malang Deklarasi Dukungan Prabowo-GibranGufron saat Rakernas Projo di Jakarta. (Dok. Projo Kabupaten Malang)

Gufron melanjutkan jika mereka telah lama mengajukan Gibran agar dijadikan Bacawapres. Ia mengatakan jika usulan mereka sudah disampaikan sejak Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Projo Jawa Timur pada 7 Oktober 2023. Usulan yang sama juga disampaikan saat Rapat Kerja Nasional (Rakerkesnas) Projo di Jakarta pada 14-15 Oktober 2023.

Menurutnya pemilih muda dan pemilih pemula di Indonesia masih dianggap sebelah mata. Padahal dalam Pemilu 2024, jumlah mereka sekitar 60 persen dari total pemilik hak suara. Oleh karena itu, datangnya Gibran akan membuat mereka berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya.

"Gibran sudah sebagai simbol keterwakilan dari generasi milenial dan generasi z. Ini fakta dari garis rakyat dan analisis data," pungkasnya.

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya