Pedagang Malang Plaza akan Direlokasi Bulan Depan

Saat ini sidah ada 85 pedagang yang setuju pindah ke Sarinah

Malang, IDN Times - Ketua Paguyuban Pedagang Malang Plaza, Fathul Aziz mengaku akan mendapatkan relokasi ke lantai 2 Mal Sarinah Malang. Mereka direncanakan akan kembali berdagang pada Juni 2023.

"Kemungkinan dalam satu bulan ke depan kami sudah masuk untuk berjualan kembali. Sekarang kami tengah menata stan para pedagang," terangnya saat dikonfirmasi pada Kamis (18/05/2023). Relokasi ini sendiri akan memakai sistem sewa dengan membayar tiap bulan. Pihak pengelola Malang Plaza hanya akan menanggung biaya sewa para pedagang untuk sebulan saja.

Baca Juga: Pemkot Malang Pertemukan Pedagang dan Manajemen Malang Plaza

1. Sebanyak 85 pedagang Malang Plaza sudah mendaftar untuk direlokasi ke Mal Sarinah Malang

Pedagang Malang Plaza akan Direlokasi Bulan DepanKondisi Malang Plaza pasca kebakaran. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Aziz menjelaskan hingga saat ini sudah ada 85 pedagang di Malang Plaza yang mendaftar untuk direlokasi ke Mal Sarinah Malang. Mereka sudah tidak sabar untuk bisa kembali memutar roda perekonomian setelah musibah kebakaran di Malang Plaza.

"Ini adalah kesempatan yang baik, kami ada pertemuan dengan perwakilan dari konter-konter untuk memutuskan sepakat berjualan di Sarinah," ujarnya.

Ia menjelaskan jika kebanyakan pedagang yang sudah setuju direlokasi di Mal Sarinah Malang adalah pedagang elektronik dan gadget. Pasalnya memang mayoritas pedagang Malang Plaza adalah penjual handphone atau smartphone hingga aksesorisnya.

"Kita memilih Sarinah karena lokasinya yang strategis. Ditambah mal tersebut dekat dengan lokasi sebelumnya jadi memudahkan para pelanggan," tukasnya.

Dengan begini, mereka tidak akan kehilangan pelanggan yang sudah akrab saat masih berjualan di Malang Plaza. Pasalnya jarak kedua mall hanya beberapa puluh meter saja. 

2. Sudah 15 hari pedagang Malang Plaza kehilangan pendapatan akibat si jago merah

Pedagang Malang Plaza akan Direlokasi Bulan DepanPara pedagang Malang Plaza yang mencoba menyelamatkan barang dagangannya. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Para pedagang Malang Plaza sendiri kini tengah terpuruk karena tidak mendapat penghasilan selama 15 hari akibat kebakaran pada Selasa dini hari. Mereka hanya bisa mengitungg kerugian yang mereka dapatkan karena barang dagangan ludes dilahap si jago merah. 

 

3. Pedagang sempat diberi beberapa pilihan relokasi

Pedagang Malang Plaza akan Direlokasi Bulan DepanPenampakan puing-puing bangunan Malang Plaza. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Hingga saat ini para pedagang yang terdampak kebakaran Malang Plaza Jalan Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang belum bisa berjualan lagi. Pasalnya gedung yang terbakar pada Selasa (02/05/2023) dini hari ini sidah tidak bisa lagi digunakan karena terbakar hampir 100 persen.

Setelah melakukan audiensi, para pedagang sempat diberikan beberapa pilihan relokasi untuk berjualan kembali seperti Mal Sarinah, Cyber Mall, Malang Creative Center, dan Ikan Bakar 52 yang berada di seberang Malang Plaza. Para pedagang akhirnya memilih Mal Sarinah Malang yang lokasinya ada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat Nomor 2A, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Baca Juga: Wali Kota Malang Tuntut Pertanggungjawaban Manajemen Malang Plaza

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya