Nasabahnya Jadi Korban Phising, Begini Jawaban BRI Malang

Uang korban setengah miliar rupiah hilang

Malang, IDN Times - Salah satu nasabah Bank BRI asal Kecamatan Klojen, Kota Malang bernama Irwan Gema (67) menjadi korban penipuan digital atau phising. Ia mendapatkan kiriman aplikasi melalui WhatsApp yang secara otomatis terinstal di handphone saat dibuka. Hasilnya, uang senilai Rp549 juta di aplikasi BRImo hilang tak berbekas. Tercatat beberapa transaksi aneh di aplikasi BRImo yang terjadi tanpa sepengetahuan Irwan.

1. BRI Malang mengatakan kalau korban telah membocorkan kode OTP setelah mengeklik aplikasi ilegal

Nasabahnya Jadi Korban Phising, Begini Jawaban BRI MalangIlustrasi phising. (IDN Times/Aditya Pratama)

Pimpinan Kantor Cabang BRI Malang Soekarno Hatta, Ronaldo Nasution mengungkapkan jika korban telah membocorkan kode OTP (One-Time Password) setelah membuka aplikasi yabg dikirimkan melalui WhatsApp. Ia menjelaskan jika modus penipuan yang dilakukan hacker adalah dengan mengirimkan aplikasi ilegal, dan jika dibuka maka secara tidak sadar telah memberikan izin si hacker untuk mengakses aplikasi SMS demi mencuri kode OTP.

"Kami dari BRI sangat menyesalkan kejadian tersebut, yang bersangkutan merupakan korban tindak kejahatan penipuan online atau social engineering. Ini disebabkan yang bersangkutan membocorkan data transaksi perbankan yang bersifat pribadi dan rahasia kepada pihak yang tidak bertanggungjawab," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (18/07/2023).

Ia mengingatkan para nasabahnya agar tidak asal membuka pesan atau aplikasi dari orang yabg mencurigakan. Karena saat ini tengah marah terjadi kejahatan yang mengincar transaksi perbankan.

Baca Juga: Lagi, Warga Malang Jadi Korban Jebakan Phising 

2. Pihak BRI Malang kemungkinan besar tidak akan mengganti kerugian nasabahnya

Nasabahnya Jadi Korban Phising, Begini Jawaban BRI MalangIlustrasi phising. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ronaldo menjelaskan jika dalam kasus ini merupakan keteledoran yang dilakukan nasabah sendiri. Sehingga kecil kemungkinannya jika pihak bank akan memberikan ganti rugi. Meskipun demikian, pihaknya tetap akan melakukan investigasi mendalam terkait kasus ini.

"Kita tengah melakukan investigasi atas pengaduan ini. Kami juga menyesalkan kejadian tersebut menimpa pada nasabah kami," ujarnya.

Ronaldo menyampaikan kalau menyampaikan rasa prihatin atas kejadian yang menimpa Irwan. Tapi ia kembali menegaskan kalau ganti rugi yang diberikan oleh BRI hanya dilakukan apabila kesalahan dilakukan oleh mereka.

3. BRI Malang mengingatkan nasabahnya agar tidak sembarangan menginstal aplikasi ilegal di handphone

Nasabahnya Jadi Korban Phising, Begini Jawaban BRI MalangIlustrasi phising. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ronaldo mengimbau agar masyarakat tidak sembarangan menginstal aplikasi tidak resmi atau ilegal di handphone mereka. Pasalnya data keuangan di handphone sangat rentan dicuri apabila tidak dijaga dengan benar.

"Jangan membagikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI. Termasuk jangan memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan kepada sumber yang tidak resmi," tegasnya.

BRI juga tidak akan membagikan data nasabahnya kepada pihak lain tanpa ijin dari nasabah. Ia menjamin kerahasiaan data milik nasabah BRI.

"BRI hanya menggunakan saluran resmi baik website maupun media sosial sebagai media komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas. Selain itu, diharapkan masyarakat todak tertipu dengan pihak-pihak yang mengatasnamakan BRI," pungkasnya.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh agar Rekening Bank Tetap Aman dari Phising 

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya