Mobil Terbakar di Tengah Jalan Malang Bikin Pengendara Kocar-kacir

Mobil diduga mengalami overheat

Malang, IDN Times - Pengendara di Jembatan Jalan Ranugrati, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang jadi panik setelah sebuah mobil jenis Mazda Astina dengan Nopol N 1197 GR tiba-tiba terbakar saat dikendarai oleh Maria Ulfa (58) warga Gandon Timur Desa Sukolilo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Kejadian ini terjadi saat jalan tengah ramai pengendara pada Jumat (27/10/2023) siang.

Kejadian ini sontak membuat kemacetan panjang pada jalan raya penghubung Kota Malang dengan pintu Tol Malang-Pasuruan ini. Pasalnya letak kendaraan yang terbakar berada di tengah jalan, sehingga petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang menutup total jembatan tersebut.

1. Maria menceritakan kronologi kebakaran yang menghanguskan mobilnya

Mobil Terbakar di Tengah Jalan Malang Bikin Pengendara Kocar-kacirPetugas Damkar Kota Malang berusaha memadamkan api pada mobil di Jalan Ranugrati. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Maria menceritakan jika kebakaran ini pertama kali ia sadari saat berkendara pada pukul 12.46 WIB. Mobilnya yang berwarna kuning cerah ini melaju dari arah Jalan Ranugati menuju Jalan Mayjend M Wiyono, tiba-tiba mobil tersebut berhenti dengan sendirinya di tengah jembatan tersebut.

Seketika api keluar dari kap mesin mobilnya, api yang keluar begitu saja membesar hingga melahap sebagian besar bodi mobil bagian depan. Ia dan anaknya kemudian cepat-cepat keluar dari mobilnya kemudian memanggil petugas Damkar Kota Malang. Kemudian datanglah 2 unit mobil Damkar untuk memadamkan api.

"Kejadiannya cepat sekali, tiba-tiba bunyi bluk-bluk pada mesinnya. Setelah itu saya mencium bau besin dan langsung keluar api dari dalam mesin. Setelah itu kita langsung lari keluar dari mobil," terangnya saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

Maria menceritakan jika ia dan anaknya baru saja selesai berbelanja di salah satu mall di Kota Malang. Ia saat kejadian tengah dalam perjalanan untuk pulang ke rumahnya di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Baca Juga: 7 Tahanan Arek Malang yang Bebas Disambut Bak Pahlawan

2. Damkar Kota Malang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menangani kebakaran ini

Mobil Terbakar di Tengah Jalan Malang Bikin Pengendara Kocar-kacirPetugas Damkar Kota Malang berusaha memadamkan api pada mobil di Jalan Ranugrati. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kepala Operasional Damkar Kota Malang, Anang Yuwono mengatakan mereka tiba di lokasi sekitar 2 menit setelah mendapat laporan. Mereka membawa 2 unit mobil pemadam dengan 12 personel untuk melakukan pemadaman.

"Untuk waktu pemadamannya sekitar 12 menit, kemudian 8 menit untuk pendinginannya. Jadi total kita membutuhkan 20 menit untuk penanganan," jelasnya.

Anang mengatakan jika akibat kebakaran ini, 60 persen badan mobil ini hangus terbakar. Ia juga mengatakan setidaknya ada 2 kali letupan selama api menghanguskan mobil tersebut.

3. Damkar Kota Malang menduga kebakaran akibat mesin terlalu panas

Mobil Terbakar di Tengah Jalan Malang Bikin Pengendara Kocar-kacirPetugas Damkar Kota Malang berusaha memadamkan api pada mobil di Jalan Ranugrati. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Anang menduga kebakaran ini disebabkan mesin yang terlalu panas atau overheat. Ini diperparah suhu udara di Kota Malang memang sangat panas hari ini. Diketahui jika suhu udara di Kota Malang mencapai 35 derajat celsius siang ini.

"Apalagi kita dapat informasi kalau mobil ini dimodifikasi, sehingga berbenturan dengan kekuatan unit ini sendiri. Menyebabkan overheat dan terjadilah kebakaran," bebernya.

Kebakaran ini sendiri menyebabkan kemacetan sepanjang ratusan meter di Jalan Ranugati hingga pukul 14.00 WIB. Setelah api benar-benar dipastikan padam, petugas dari Damkar Kota Malang membuka lagi akses jalan. Penertiban lalu lintas juga dibantu oleh petugas Satlantas Polresta Malang Kota.

Baca Juga: Hujan Es Mengguyur Sejumlah Titik di Kota Malang

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya