Karhutla Gunung Panderman Menghanguskan 29 Hektare

Jalur pendakian Gunung Panderman ditutup total

Batu, IDN Times - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Gunung Panderman Kota Batu telah memasuki hari ketiga. Api belum bisa dipadamkan dan terus meluas menghanguskan area hutan milik Perhutani.

Kebakaran ini sulit dikendalikan karena kondisi medan yang ekstrim, tim pemadam harus berjalan selama 3 jam melewati tebing dengan kemiringan 60 derajat. Belum lagi kondisi angin yang berhembus kencang membuat api cepat merambat.

1. BPBD Kota Batu memberikan update bahwa kebakaran mencapai 29 hektare

Karhutla Gunung Panderman Menghanguskan 29 HektareUpaya pemadaman kebakaran Gunung Panderman. (Dok. BPBD Kota Batu)

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Batu, Agung Sedayu memberikan update terkait Karhutla Gunung Pandermam. Ia mengatakan jika kebakaran kini telah meluas hampir 30 hektare. Angin yang berhembus dengan kecepatan 30 kilometer per jam membuat api dengan cepat merambat ke pohon, rumput dan ilalang.

"Kebakaran pada Blok 227 atau Blok Wajikan telah mencapai luas 17 hektare. Sementara pada Blok 213 atau Blok Klerek seluas 12 hektare," bebernya saat dikonfirmasi pada Kamis (23/11/2023).

Kebakaran ini sendiri awalnya disebabkan sambaran petir pada salah satu pohon di lereng Gunung Panderman. Percikan api ini membakar hutan hingga ke puncak gunung.

Baca Juga: Kebakaran Gunung Panderman Sudah Hanguskan 3,5 Hektare Hutan

2. BPBD Kota Batu mengatakan jik 42 personil dikerahkan dalam 3 tim untuk pemadaman

Karhutla Gunung Panderman Menghanguskan 29 HektareUpaya pemadaman kebakaran Gunung Panderman. (Dok. BPBD Kota Batu)

Agung mengungkap jika saat ini sebanyak 42 personil gabungan telah dikerahkan untuk memadamkan api Gunung Panderman. Mereka terdiri dari BPBD Kota Batu, Perhutani, TNI/Polri, Damkar Kota Batu, Satpol PP Kota Batu, dan relawan.

"Sejak pagi ini pemadaman dilanjutkan secara manual. Tim dibagi menjadi 3 titik, di Petak 213 ada dua tim, sementara di Tumpak Seruk ada satu tim," ujarnya.

3. Jalur pendakian Gunung Panderman ditutup total

Karhutla Gunung Panderman Menghanguskan 29 HektareUpaya pemadaman kebakaran Gunung Panderman. (Dok. BPBD Kota Batu)

Kepala Resort KPH Oro-oro Ombo, Kamuliono mengatakan jika kebakaran Gunung Panderman titiknya berjarak 3 kilometer dari jalur pendakian. Meskipun demikian, jalur pendakian ke gunung ini ditutup total karena membahayakan.

"Titik api awalnya tidak berada di jalur pendakian. Tapi aktivitas pendakian tetap kita tutup agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tandasnya.

Pendakian Gunung Panderman ditutup sejak kemunculan api pada Selasa (21/11/2033). Kamuliono belum bisa memastikan kapan pendakian akan dibuka kembali karena api belum menunjukkan tanda-tanda akan padam.

Baca Juga: Pemadaman Gunung Panderman Terkendala Medan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya