Karhutla Gunung Bromo Diperkirakan Mencapai 500 Hektare

Api sudah padam, tapi bara api masih muncul

Malang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mengungkapkan jika api di Gunung Bromo telah berhasil dipadamkan. Meskipun demikian pemadaman menggunakan helikopter atau water bombing masih dilakukan untuk proses pendinginan.

BPBD Jawa Timur memperkirakan jika kebakaran Gunung Bromo telah menghanguskan ratusan hektare lahan. Menurutnya, kerugian atas kebakaran ini sangat luar biasa.

1. BPBD Jawa Timur memperkirakan kebakaran Gunung Bromo mencapai 500 hektare

Karhutla Gunung Bromo Diperkirakan Mencapai 500 HektareKondisi terkini usai kebakaran Gunung Bromo. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jawa Timur, Gatot Soebroto mengungkap jika ratusan lahan telah ludes terbakar di Gunung Bromo. Namun, jumlah ini belum pasti dan kemungkinan akan lebih luas lagi.

"Untuk luas kebakaran diprediksi BPBD Jawa Timur mencapai 500 hektare. Tapi data resminya akan dipetakan lebih rinci oleh teman-teman TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru)," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (15/9/2023).

Ia menjelaskan jika masih ada beberapa titik bara api. Sehingga masih dilakukan pendinginan dengan menggunakan helikopter atau water bombing. Oleh karena itu, tim gabungan masih berjaga-jaga di sekitar Blok Jemplang Jalan Bromo Semeru, Dusun Jarak Ijo, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

"Beberapa titik di Jemplang masih terlihat masih ada bara api. Kemudian di wilayah Tosari kita juga lakukan water bombing. Dan kita lakukan cek kembali di sekitar Watugede," jelasnya.

Baca Juga: Bromo Tutup Total, Persewaan Mobil Jeep Nganggur

2. Cuaca di Gunung Bromo cerah, water bombing bisa dilaksanakan hingga sore

Karhutla Gunung Bromo Diperkirakan Mencapai 500 HektareHelikopter water bombing untuk memadamkan kebakaran Gunung Bromo. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Gatot menjelaskan jika cuaca di Gunung Bromo hari ini cerah. Sehingga jalannya water bombing bisa dilaksanakan lancar tanpa hambatan. Selain itu angin juga tidak terlalu kencang membuat upaya pendinginan berjalan mudah.

"Water bombing kita maksimalkan hari ini, setidaknya bisa sampai 50 kali sorty atau pelepasan water bombing. Sehingga titik-titik bara tidak memunculkan api setelah water bombing ini. Semoga sampai sore bisa dimaksimalkan water bombing," bebernya.

Ia berharap hari ini upaya pendinginan bisa berjalan lancar hingga sore hari. Sehingga bara api yang tersisa bisa benar-benar padam.

Baca Juga: TNBTS Akui Memulihkan Ekosistem Gunung Bromo Tidak Mudah

3. Hari ini sebanyak 26 personel dikerahkan untuk berjaga di Blok Jemplang

Karhutla Gunung Bromo Diperkirakan Mencapai 500 HektareKepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jawa Timur, Gatot Soebroto. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Lebih lanjut, Gatot mengungkapkan jika hari ini sebanyak 26 orang dikerahkan untuk berjaga di Blok Jemplang. Mereka bersiaga untuk mengantisipasi jika ada api susulan. Ia mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah berjuang memadamkan api di Gunung Bromo.

"Kalau untuk pemadaman lewat darat selalu melibatkan Masyarakat Peduli Api (MPA). Kemudian tentu ada TNBTS dan BPBD," pungkasnya.

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya