Karhutla Gunung Bromo Bikin 7 Desa Kesulitan Air Bersih

Pipa saluran air bersih yang mengalir ke desa rusak

Malang, IDN Times - Kebakaran di Gunung Bromo ternyata tidak hanya menimbulkan dampak ekologis pada ekosistem di gunung yang didominasi padang savana ini. Ternyata sejumlah desa di sekitar Gunung Bromo juga mendapatkan dampak kesulitan air bersih.

Pasalnya, kebakaran dahsyat beberapa pekan itu telah melelehkan pipa saluran air bersih ke desa-desa yang dihuni masyarakat Tengger. Akibatnya, sejumlah desa mengalami kesulitan air bersih.

1. BB TNBTS Mengungkapkan setidaknya ada 7 desa yang mengalami kesulitan air

Karhutla Gunung Bromo Bikin 7 Desa Kesulitan Air BersihKondisi terkini usai kebakaran Gunung Bromo. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Septi Eka Wardhani mengungkap jika beberapa desa mengalami kesulitan air bersih setelah kebakaran di Gunung Bromo. Hal kni dikarenakan api melelehkan pipa-pipa air yang menyuplai air bersih ke beberapa desa di sekitar Gunung Bromo.

Dilaporkan jika 5 desa di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo mengalami kesulitan air bersih. Kelima desa tersebut di antaranya Desa Ngadisari, Desa Ngadirejo, Desa Wonokerto, Desa Wonotoro, Desa Jetak. Selain 5 desa tadi, ketersediaan air juga terganggu di Desa Mororejo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan dan Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

"Memang dilaporkan banyak pipa-pipa yang rusak akibat kebakaran, kita tidak tahu pasti jumlahnya karena masih dalam pendataan. Tapi memang pipa-pipa tersebut menyuplai air ke beberapa desa di sekitar Gunung Bromo," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (19/9/2023).

Baca Juga: Pasangan Prewedding Flare di Bromo Gelar Resepsi pada Desember 2023

2. Kepala Desa Ngadisari menjelaskan jika warga desanya sudah merasakan dampak kerusakan pipa air

Karhutla Gunung Bromo Bikin 7 Desa Kesulitan Air BersihView rumah warga Tengger di kawasan Bromo. (Unsplash/Fauzan Fayhullah)

Kepala Desa Ngadisari, Surnaryono mengungkap jika desanya sudah mulai merasakan dampak kerusakan pipa air di Gunung Bromo. Warganya mulai kesulitan mendapatkan akses air bersih. Kondisi ini membuat warga kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

"Tetangga-tetangga kami mulai mengalami kesulitan air bersih karena pipa yang rusak. Secara moril para pelaku haris bertanggung jawab kepada masyarakat," tegasnya.

Ia berharap agar para pelaku ikut bertanggung jawab pada kerusakan pipa di yang menyalurkan air bersih ke desa-desa di sekitar Gunung Bromo. Selain itu, ia berharap agar ekosistem di Gunung Bromo bisa pulih dengan menanam bibit-bibit pohon kembali.

3. Pasangan Prewedding Flare di Bromo berjanji akan membantu perbaikan pipa air

Karhutla Gunung Bromo Bikin 7 Desa Kesulitan Air BersihKondisi kebakaran di Gunung Bromo. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kuasa hukum pasangan prewedding flare di Gunung Bromo, Mustaji sebelumnya sudah menyampaikan jika pihaknya berjanji akan ikut memperbaiki kerusakan pipa air. Ia berjanji kliennya tidak akan lari dari tanggung jawab.

"Kami pelan-pelan akan membantumu melakukan perbaikan pipa air. Karena tentu kebutuhan air sangat dibutuhkan masyarakat karena merupakan kebutuhan pokok manusia," tandasnya.

Ia juga mewakili kliennya meminta maaf karena secara tidak sengaja telah membuat kebakaran di Gunung Bromo. Ia meyakinkan jika kejadian tersebut bukan atas dasar kesengajaan.

Baca Juga: Setelah Bara Flare Prewedding Menghanguskan Bromo

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya