Gempa 4,8 Magnitude Guncang Malang

Gempa tidak menimbulkan kerusakan ataupun korban jiwa

Malang, IDN Times - Gempa berkekuatan 4,8 magnitudo mengguncang Malang pada Jumat (23/06/2023) sekitar pukul 18.30 WIB. Gempa tersebut terjadi laut sebelah selatan Kabupaten Malang.

Gempa ini tergolong rendah sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Beberapa warga bahkan mengaku tidak sadar jika baru saja terjadi gempa.

1. BMGK Malang beberkan lokasi pusat gempa di Malang

Gempa 4,8 Magnitude Guncang MalangIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) Kabupaten Malang mengatakan jika gempa ini berpusat pada 9,15 derajat lintang selatan, 112.62 bujur timur. Jika disimpulkan, gempa ini berada 112 kilometer tenggara Kabupaten Malang dengan kedalaman 87 kilometer.

BMKG Kabupaten Malang menyebut jika gempa dirasakan oleh masyarakat dengan kekuatan MMI II di daerah Prigi, II Trenggalek, II Kec. Puger, I Kec. Gondanglegi, II Kec. Pronojiwo, II Lumajang.

Baca Juga: Pakar Sebut Gempa Mojokerto Sesar Baru

2. BPBD Kabupaten Malang menyebut tidak ada korban jiwa dalam gempa ini

Gempa 4,8 Magnitude Guncang MalangIlustrasi alarm gempa. (IDN Times/Arief Rahmat)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyebutkan jika gempa ini tidak menimbulkan satupun korban jiwa. Pasalnya kekuatan gempa yang cukup lemah membuat tidak ada kerusakan yang terjadi.

"Jadi sampai saat ini dari tim di lapangan tidak mendapatkan laporan kerusakan. Korban juga belum ada sejauh ini laporannya," terangnya.

Fuad mengakui jika meskipun gempa pelan, tapi tetap bisa dirasakan. Oleh karena itu, ia berharap tidak ada kerusakan apapun.

"Mudah-mudahan tetap aman. Tapi kita tetap mengumpulkan informasi ke wilayah-wilayah," tegasnya.

3. Warga di Cyber Mall tidak merasakan adanya gempa di Malang

Gempa 4,8 Magnitude Guncang MalangKondisi bioskop di Cyber Mall Malang usai gempa 4,8 magnitude. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sementara itu, sebagian pengunjung Cyber Mall Kota Malang santai-santai saja saat terjadinya gempa. Aktivitas di mall gadget terbesar di Malang ini berjalan seperti biasa.

"Saya tidak merasakan adanya gempa, malah baru tahu setelah keluar gedung bioskop. Saya cek di media sosial katanya ada gempa," ucap Bayu, salah satu pengunjung bioskop di Cyber Mall.

Ia bersyukur karena gempa kali ini cukup pelan, sehingga tidak ada kepanikan di dalam mall. Juga tidak ada kerusakan apapun akibat gempa ini.

Baca Juga: Korban Gempa Malang Menagih Janji Bantuan Pemerintah

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya