Dewanti Rumpoko Diperintah PDIP Nyaleg 

Dewanti tidak maju di Pilkada Kota Batu 2024

Batu, IDN Times - Mantan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko memutuskan tidak ikut kontestasi Pilkada Kota Batu pada 2024 meski masih bisa mencalonkan diri. Perempuan 60 tahun ini justru memilih maju sebagai calon legislatif (caleg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

1. Keputusan Dewanti Rumpoko ternyata adalah keputusan dari PDIP

Dewanti Rumpoko Diperintah PDIP Nyaleg Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat memberi sambutan dalam rangka kunjungan kerja Mentan. (Dok. Humas Pemkot Batu)

Dewanti Rumpoko mengungkapkan keputusannya mencoba berkarir di legislatif karena perintah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Saya selaku petugas partai yang sudah selesai (menjabat Wali Kota Batu), saya diminta mencalonkan diri ke legislatif. Jadi saya akan melanjutkan sebagai calon legislatif 2024," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (11/8/2023).

Kepastian ini memperkuat isu bahwa PDIP akan mengusung Didik Gatot Subroto sebagai Calon Wali Kota Batu 2024. Didik sendiri saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Malang. Didik diketahui juga merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Malang.

Baca Juga: Dewanti Rumpoko, Wali Kota Perempuan Pertama di Kota Batu

2. Dewanti akan mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur

Dewanti Rumpoko Diperintah PDIP Nyaleg Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat menemui pedagang kaki lima di Alun-alun Kota Batu. (Dok. Humas Pemkor Batu)

Dewanti sendiri sudah mempersiapkan diri untuk nyaleg pada 2024. Ia telah mendaftarkan diri sebagai caleg dari PDIP untuk kursi DPRD Provinsi Jawa Timur dan DPR Republik Indonesia (RI). Ia berharap popularitasnya sebagai Wali Kota perempuan akan mendongkrak suaranya.

"Sebagai calon legislatif, saya susah mencalonkan diri di DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur. Karena di mana kita mencalonkan diri itu merupakan keputusan dan perintah partai," tegasnya.

Ia yakin perjalanannya sebagai caleg alan berjalan mulus. Apalagi ia percaya track recordnya di Kota Batu akan membantu dalam Pemilihan Calon Legislatif (Pilleg) 2024.

3. Dewanti mengusung sinergitas Malang Raya sebagai visi misinya menjadi caleg

Dewanti Rumpoko Diperintah PDIP Nyaleg Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko bersama Wali Kota Malang, Sutiaji usai pertemuan di Balai Kota Malang. (IDN Times/Alfi Ramadana)

Dewanti mengakui jika menjadi anggota di DPR RI atau DPRD Provinsi Jawa Timur memiliki tugas yang sangat berbeda dibandingkan saat menjadi Wali Kota Batu. Oleh karena itu, ia mengusung road map untuk membuat sinergitas 3 wilayah di Malang Raya yaitu Kota Malang Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Salah satu sinergitas yang akan dilakukan dengan pembangunan infrastruktur memadai untuk menghubungkan 3 wilayah ini. Ia yakin pembangunan infrastruktur ini akan meningkatkan perekonomian ketiga wilayah tersebut.

"Ketiga daerah ini belum memiliki road map untuk saling menyambung antara daerah satu dengan lainnya. Padahal jika ketiga daerah ini punya satu road map tentu akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa," pungkasnya.

Baca Juga: Dewanti Berakhir, Wali Kota Batu Dipimpin Plh Zadim Efisiensi  

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya