Bus Rombongan TK Tabrak Rumah Warga di Pasuruan

Salah satu bus mengalami rem blong dan menabrak bus depannya

Malang, IDN Times - Sebuah bus berpenumpang rombongan siswa Taman Kanak Kanak (TK) terguling dan menabrak sejumlah rumah warga di jalur Taman Safari Indonesia 2 di Dusun Sekar, Desa Watuagung Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Dari informasi yang dihimpun jurnalis IDN Times, di dalam bus tersebut dipenuhi anak-anak TK yang perjalanan pulang dari Taman Safari pada Selasa (14/02/2023) sore pukul 17.00 WIB.

Kejadian ini langsung membuat warga desa tersebut geger, pasalnya saat kejadian kondisi pemukiman warga sedang ramai. Sehingga banyak orang yang menyaksikan kejadian tersebut.

1. Kronologi kejadian

Bus Rombongan TK Tabrak Rumah Warga di PasuruanBus rombongan TK menabrak pemukiman warga di Prigen. (IDN Times/istimewa)

Kronologi kejadian sendiri bermula dari 3 bus yang melaju dari arah Taman Safari 2 menuju jalan raya Pasuruan-Malang di Dusun Sekar, Desa Watuagung. Ketiganya memang rombongan bus pariwisata yang berjalan beriringan depan belakang.

Namun, tiba-tiba bus nomor dua mengalami rem blong. Sementara jalan tersebut memiliki kemiringan hingga 70 derajat ke bawah dengan kondisi jalan juga licin akibat hujan gerimis.

"Kita melihat rem memang tidak bisa digunakan. Terlihat juga di aspal tidak ada bekas ban yang menunjukkan tanda-tanda aktivitas pengereman," terang Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Yudhi Anugrah Putra saat dikonfirmasi pada Selasa (14/02/2023).

Bus nomor 2 akhirnya menabrak rombongan bus paling depan. Sopir bus nomor satu lalu banting setir ke arah kiri, yang berakibat menabrak pemukiman warga.

Baca Juga: Santri Korban Pembakaran Senior di Pasuruan Meninggal Dunia

2. Dampak kerusakan

Bus Rombongan TK Tabrak Rumah Warga di PasuruanBus rombongan TK menabrak pemukiman warga di Prigen. (IDN Times/istimewa)

Hantaman bus yang dahsyat membuat bangunan rata dengan tanah. Tercatat ada satu rumah warga, warung, dan musala sudah tidak berbentuk.

Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, pasalnya dalam bangunan tersebut sedang tidak ada penghuninya. Namun, setidaknya ada puluhan penumpang dalam bus yang mengalami luka-luka.

3. Rombongan dari Blitar

Bus Rombongan TK Tabrak Rumah Warga di PasuruanBus rombongan TK menabrak pemukiman warga di Prigen. (IDN Times/istimewa)

Kapolsek Prigen, AKP Sugianto menerangkan jika rombongan siswa TK tersebut berasal dari Blitar. Mereka sebenarnya berencana pulang setelah berwisata di Taman Safari 2.

"Mereka ini rombongan taman kanak-kanak dari Blitar. Habis dari Taman Safari dan mau pulang. Karena kejadian ini mereka yang terluka langsung dibawa ke puskesmas," jelasnya.

Sementara kendaraan bus yang masih terguling di pemukiman warga kini tengah dievakuasi. Dibutuhkan alat berat untuk mengevakuasi karena badan bus yang sangat besar.

Baca Juga: Carok di Pasuruan, Diduga karena Beda Pilihan saat Pilkades

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya