626 Peserta Bolos saat Ujian SKD CASN 2023 di Kota Malang

Tapi tingkat kehadiran peserta ujian mencapai 90 persen

Malang, IDN Times - Sebanyak 22.054 orang memadati Gedung Islamic Center Kota Malang pada Senin (13/11/2023). Mereka akan melaksanakan ujianSeleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023. Tercatat sebanya 8.944 peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 13.110 peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ujian ini akan dilaksanakan dalam 2 kloter, yang mana dalam satu hari ada 3-4 sesi ujian. Seleksi kloter pertama dilaksanakan pada Kamis (9/11/2023) hingga Selasa (14/11/2023) untuk para peserta seleksi CPNS. Kemudian Rabu (15/11/2023) hingga Kamis (30/11/2023) untuk para peserta seleksi PPPK. Namun, diketahui selama 6 hari sudah ada 626 peserta yang bolos ujian.

1. Kantor Regional II BKN Surabaya membenarkan ada lebih dari 600 peserta bolos ujian SKD CASN 2023

626 Peserta Bolos saat Ujian SKD CASN 2023 di Kota MalangPeserta ujian SKD CASN 2023 di Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Koordinator Panitia Ujian SKD CASN 2023 Kantor Regional II BKN Surabaya, Sri Hartini membenarkan jika sebanyak 626 peserta ujian SKD CASN 2023 membolos sejak hari pertama ujian hingga hari Selasa (14/11/2023). Namun, ia tidak memberitahu dengan pasti alasan para peserta ini membolos. Menurutnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi ketidakhadiran sejumlah peserta ujian ini.

"Bisa jadi kejauhan atau seperti apa kurang tahu juga. Atau mungkin dia sudah dapat pekerjaan yang lain sehingga tidak bisa mengikuti seleksi ini," terangnya.

Sri mengatakan jika peserta ujian SKD CASN 2023 di Gedung Islamic Center Kota Malang tidak hanya berasal dari Jawa Timur saja. Pasalnya para peserta dibebaskan untuk memilih lokasi ujiannya. Sehingga bisa jadi ada peserta dari luar Jawa Timur atau bahkan luar Pulau Jawa.

"Jadi misalnya ada orang Trenggalek memilih ujian di Malang bisa. Bahkan kalau orang Malang ingin ujian di Solo juga boleh," tegasnya.

Meskipun demikian, ia menegaskan jika jumlah peserta yang mengikuti ujian sudah memenuhi target mereka. Pasalnya peserta yang hadir mencapai 90 persen di Gedung Islamic Center Kota Malang.

Baca Juga: 63 ASN di Surabaya Dapat Bansos, Eri Sebut Bukan ASN Pemkot

2. Peserta Ujian SKD CASN 2023 sempat mengalami kesulitan untuk login

626 Peserta Bolos saat Ujian SKD CASN 2023 di Kota MalangPeserta ujian SKD CASN 2023 di Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CASN 2023 di Gedung Islamic Center Kota Malang pada hari ini sempat mengalami kendala. Pasalnya, banyak peserta yang mengalami gagal login pada sesi kedua ujian. Namun, Sri menegaskan jika bukam sistem yang mengalami eror, tapi karena perekaman wajah peserta secara langsung mengalami ketidak cocokan dengan foto di kartu ujian.

"Sebenarnya data-data di halaman login seperti NIK, nomor peserta, pin peserta, dan pin sesi sudah terisi semua dengan benar. Lalu sistem juga sudah melaksanakan face recognation untuk mencocokan wajah pada saat ujian itu melalui webcam dan sistem yang ada dengan foto yang sudah diunggah oleh peserta pada saat pendaftaran di SSCASN," bebernya.

Sistem ini sangat diperlukan untuk menghindari adanya joki ujian dalam SKD CASN 2023. Sistem ini juga disebut sukses untuk memfilter peserta yang mencoba berbuat curang dengan memakai joki ujian.

3. Kendala login ujian bisa teratasi sehingga peserta bisa melaksanakan ujian kembali

626 Peserta Bolos saat Ujian SKD CASN 2023 di Kota MalangPeserta ujian SKD CASN 2023 di Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sri mengungkapkan jika kendala ketidakcocokan foto disebabkan backlight, ditambah scan wajah menggunakan webcam yang kualitas gambarnya berbeda jika dibandingkan foto peserta yang menggunakan kamera. Selain itu, ada juga kendala peserta ujian yang gagal memasukkan pin peserta. Sehingga petugas langsung melakukan validasi data peserta ujian.

"Bisa jadi peserta mencatat empat digit angka itu kebalik, atau salah nulis, sehingga pada saat login dia enggak bisa masuk. Sementara kegagalan scan wajah bisa jadi karena pengaruh backlight, jadi mereka harus pas dengan webcamnya. Sehingga kita harus crosschek ulang validitas peserta," pungkasnya.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Lolos Tahap Administrasi Pendaftaran CASN, Siap Lulus?

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya