6 Terduga Pembakar Bukit Teletubbies Bromo Diperiksa Polisi

Belum ada tersangka yang ditetapkan

Probolinggo, IDN Times - Viral di media sosial, sekelompok orang yang melakukan foto prewedding di Blok Savana Lembah Watangan atau biasa dipanggil Bukit Teletubbies. Tidak sekedar berfoto, mereka menyalakan flare sehingga diduga membuat hamparan savana di sana terbakar.

Setelah kejadian tersebut, sebanyak 6 orang diamankan karena disinyalir sebagai penyebab bertambahnya titik api di Gunung Bromo. Mereka akan diperiksa guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Baca Juga: Karhutla Gunung Bromo, Pintu Masuk Via Pasuruan Ditutup

1. Terduga pelaku pembakaran Bukit Teletubbies di Gunung Bromo dibawa ke Polres Probolinggo

6 Terduga Pembakar Bukit Teletubbies Bromo Diperiksa PolisiVideo viral prewedding dengan flare bikin Bukit Teletubbies Bromo terbakar. (Instagram/@updatemalang)

Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana membenarkan jika sebanyak 6 orang yelah diamankan karena diduga membakar Bukit Teletubbies di Gunung Bromo. Keenamnya adalah 2 orang perempuan dan 4 orang laki-laki. Jajaran Polres Probolinggo masih merahasiakan identitas keenamnya.

"Mereka awalnya diamankan di Polsek Sukapura. Saat ini sudah tiba di Polres Probolinggo untuk pemeriksaan lebih lanjut," terangnya saat dikonfirmasi pada Kamis (7/9/2023).

Belum ada satupun yang ditetapkan sebagai tersangka hingga saat ini. Pihaknya masih mendalami kasus ini untuk menentukan siapa yang bersalah dalam kejadian pada Rabu (6/9/2023) siang.

"Kalau pemeriksaan sudah selesai, kami akan menyampaikan melalui pers rilis. Jadi mohon bersabar dulu saat ini," ujarnya.

2. Kronologi kebakaran di Bukit Teletubbies Gunung Bromo

6 Terduga Pembakar Bukit Teletubbies Bromo Diperiksa PolisiPengumuman penutupan Gunung Bromo. (Dok. BB TNBTS)

Balai Besar (BB) TNBTS mengungkap jika merekantidak mengetahui secara pasti jam berapa keenam orang ini masuk ke Gunung Bromo. Mereka hanya mengatakan kalau pada Rabu (6/9/2033), mereka hendak melakukan foto prewedding.

Kemudian pada pukul 12.30 WIB, mereka melihat ada titik api baru yang ada di Savana Lembah Watangan atau biasa dipanggil Bukit Teletubbies. Mereka lalu melakukan pengecekan untuk memastikan sumber api. Benar saja di sana ternyata ada titik api baru yang disebabkan oleh flare.

Keenan orang yang membakar flare tersebut kemudian diinterogasi, kemudian dibawa ke Polsek Sukapura untuk dimintai keterangan. Dan hingga saat ini, api masih belum bisa dipadamkan.

3. Api kian besar, Gunung Bromo akhirnya ditutup total untuk sementara

6 Terduga Pembakar Bukit Teletubbies Bromo Diperiksa PolisiPengumuman penutupan Gunung Bromo. (Dok. BB TNBTS)

Hingga Rabu pukul 22.00 WIB, BB TNBTS masih belum bisa menjinakkan api yang berasal dari Bukit Teletubbies. Untuk menjaga agar tidak ada wisatawan yang terluka, mereka memutuskan untuk menutup akses wisata Gunung Bromo secara total.

"Wisata Gunung Bromo ditutup secara total sejak Kamis pukul 22.00 WIB. Penutupan ini hingga waktu yang belum ditentukan," tutup Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardhani.

Baca Juga: Gunung Bromo Ditutup Total Setelah Kebakaran Kian Meluas

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya