Segera Diperbaiki, Begini K3 di Jembatan Kaca Kampung Warna Warni

Perbaikan jembatan kaca diprediksi menelan Rp100 juta

Malang, IDN Times - Jembatan Kaca yang menghubungkan Kampung Tridi dan Kampung Warna Warni Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kabupaten Malang menjadi heboh. Pasalnya sisi utara beton sambungan plat lantai jembatan dengan kolom mengalami keretakan.

Kondisi ini membuat warga dan pengunjung menjadi ketar-ketir untuk melewati. Oleh karena itu, untuk sementara jembatan ini akan ditutup untuk mendapatkan perbaikan.

1. Disporapar mengatakan jika K3 pada Jembatan Kaca di Kampung Warna Warni sama seperti pada umumnya jembatan kaca di Indonesia

Segera Diperbaiki, Begini K3 di Jembatan Kaca Kampung Warna WarniJembatan Kaca Kampung Warna Warni Jodipan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Kadisporapar) Kota Malang, Baihaqi mengatakan jika penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada jembatan kaca di Jembatan Kaca Kampung Warna Warni tidak jauh berbeda dengan jembatan kaca lainnya di Indonesia. Yang mana ada batasan jumlah orang yang bisa naik ke atas jembatan secara bersamaan.

Jumlah maksimum orang yang naik ke atas jembatan kaca di wilayah Jodipan ini maksimal adalah 50 orang dengan beban 250 kilogram. Tapi belakangan jembatan ini maksimal hanya boleh dinaiki 20 orang sejak kulai muncul keretakan beberapa waktu lalu.

"Tapi karena akan diperbaiki oleh PU (Pekerjaan Umum), maka jembatan akan ditutup untuk sementara. Perbaikan akan menggunakan pendanaan insidentil," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (3/11/2023).

Selain itu, pengunjung dilarang merokok atau membawa makanan dan minuman saat berada di atas jembatan. Meskipun pengunjung diperbolehkan berhenti untuk menikmati pemandangan, dikhawatirkan sampah dari rokok, makanan, dan minuman akan mencemari sungai yang ada di bawahnya.

"Kemudian pengunjung yang membawa anak-anak diharapkan mengawasi anaknya dengan seksama. Karena bahaya jika di atas sana anak-anak bermain tanpa kontrol orang tua," ujarnya.

Terakhir, pengunjung dilarang untuk menaiki atau bersandar pada pagar jembatan. Karena perilaku tersebut akan membahayakan diri sendiri karena beresiko menyebabkan pengunjung jatuh ke bawah.

Baca Juga: Jembatan Kaca Kampung Warna Warni Retak

2. Pemkot Malang gelontorkan Rp100 juta untuk perbaikan Jembatan Kaca Kampung Warna Warni

Segera Diperbaiki, Begini K3 di Jembatan Kaca Kampung Warna WarniKeretakan yang terjadi pada Jembatan Kaca Kampung Warna Warni Jodipan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Kota Malang, Dandung Djulharjanto mengatakan pihaknya akan menggelontorkan dana sebesar Rp100 juta untuk perbaikan Jembatan Kaca Kampung Warna Warni. Dana ini diambil dari dana insidentil Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang. Ini dikarenakan jembatan kaca ini belum menjadi aset milik Pemerintah Kota Malang.

"Karena jembatan ini awalnya dibangun dari CSR, jadi belum dialihkan menjadi aset Pemkot Malang. Jadi tidak bisa menggunakan dana dari belanja modal, oleh karena itu kita menggunakan dana insidentil," bebernya.

Perbaikan sendiri akan difokuskan pada 2 aspek, pertama adalah melakukan perbaikan pada beton yang retak dengan melakukan injeksi semen. Kemudian mereka juga akan memperkuat kaca yang ada di sana, ini berkaca dari kasus kecelakaan pada jembatan kaca The Geong di Hutan Pinus Limpakuwus Kabupaten Banyumas yang pecah sehingga membuat 2 orang wisatawan jatuh, salah satu wisatawan yang jatuh juga dilaporkan tewas.

3. Jembatan Kaca Kampung Warna Warni akan dikerjakan Minggu ini selama 5 hari

Segera Diperbaiki, Begini K3 di Jembatan Kaca Kampung Warna WarniJembatan Kaca Kampung Warna Warni Jodipan. (instagram/@alejsndroayala)

Lebih lanjut, Dandung mengatakan jika perbaikan jembatan kaca ini akan dikerjakan dalam minggu-minggu ini. Oleh karena itu, saat ini jembatan kaca ini sudah tidak dibuka untuk umum lagi. Namun, ia belum membocorkan kapan jadwal perbaikan akan dimulai.

"Kemungkinan untuk pengerjaan perbaikan membutuhkan waktu 4-5 hari. Kalau pengerjaannya dimulai antara Minggu ini atau Minggu depan," ungkapnya.

Perlu diketahui jika Jembatan Kaca Kampung Warna Warni memiliki panjang 25 meter dengan lebar 1,25 meter. Ketinggian jembatan ini juga berada di angka 9,5 meter yang mana di bawahnya adalah Sungai Brantas.

Baca Juga: Ini Penyebab Jembatan Kaca Kampung Warna-Warni Retak

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya