Security Malang Plaza Dengar Suara Aneh Sebelum Kebakaran

Menajemen akan diperiksa besok atau Minggu depan

Malang, IDN Times - Satreskrim Polresta Malang Kota telah memeriksa 7 orang terkait kebakaran di Malang Plaza yabg terjadi pada Selasa (02/05/2023) dini hari. Ketujuh orabg yang diperiksa di antaranya adalah 3 orang security, 3 orang petugas keamanan, dan 1 orang teknisi.

Selain itu, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur juga telah melakukan identifikasi di lokasi kebakaran pagi tadi (04/05/2023) sejak pukul 10.00 WIB sampai 11.30 WIB. Dalam identifikasi tersebut, diamankan beberapa sample, seperti abu, arang, dan kabel.

1. Satreskrim Polresta Malang Kota ungkap kronologi lengkap kebakaran Malang Plaza

Security Malang Plaza Dengar Suara Aneh Sebelum KebakaranKasatreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Bayu Febrianto Prayoga. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Satreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Bayu Febrianto Prayoga mengatakan jika pada Senin (01/05/2023) operasional Malang Plaza berakhir seperti biasa pada pukul 23.30 WIB. Kemudian, pihak security yang menjalankan shift mulai berkeliling untuk memastikan tidak ada satupun orang yang masih ada di dalam gedung.

Selama pengecekan, tidak ada satupun kejanggalan dan mall dalam keadaan tidak ada satupun orang yang masih tertinggal.

Namun, saat memasuki pukul 01.00 WIB pihak security mendengar suara aneh di lantai 3. Mereka lalu langsung naik ke lantai tiga untuk memastikan suara aneh yang mereka dengar tersebut.

"Petugas keamanan mendengar suara terbakar ketika berada di lantai satu. Ternyata api sudah besar di lantai 3," terang Bayu saat dikonfirmasi pada Kamis (04/05/2023).

Setelah melihat api yang sudah besar, pihak security langsung membangunkan penghuni kos-kosan yang berada di belakang Malang Plaza. Setelah penghuni kos-kosan keluar, mereka langsung menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang.

Baca Juga: Dianggap Force Majeur, Malang Plaza Merasa Tak Wajib Beri Ganti Rugi

2. Polisi juga memastikan jika saat kebakaran tidak ada orang di Bioskop Mandala

Security Malang Plaza Dengar Suara Aneh Sebelum KebakaranKondisi bangunan Malang Plaza. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Spekulasi awal kebakaran pertama kali terjadi di Cinema 21 atau Bioskop Mandala. Namun, kesaksian pihak security Malang Plaza mengatakan jika operasional bioskop sudah berakhir pada pukul 23.30 WIB. Para pegawainya juga dipastikan sudah tidak ada yang tertinggal karena semuanya memakai akses jalan biasanya, sehingga pihak security bisa melakukan pengecekan.

"Petugas pengamanan melihat keseluruhan dari luar. Ketika dicek secara keseluruhan juga sudah tidak ada orang. Yang artinya bioskop juga tidak ada orang," jelas Bayu.

Pihak security saat dimintai keterangan mengatakan tidak tahu dari mana api berasal. Mereka hanya mengatakan api sudah membesar di lantai 3 Malang Plaza. Kondisi tersebut membuat kepanikan diantara tim security.

"Sekitar pukul 1 (dini hari), ada suara barang terbakar. Ketika mendengar suara terbakar, mereka naik ke lantai 2 dan terpantau aman, tapi ketika hendak ke lantai tiga, api sudah besar," ucapnya.

3. Manajemen Malang Plaza akan segera dilakukan pemeriksaan oleh Satreskrim Polresta Malang Kota

Security Malang Plaza Dengar Suara Aneh Sebelum KebakaranPemadam kebakaran yang berhasil memadamkan api di Malang Plaza. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Satreskrim Polresta Malang Kota mengatakan akan segera melakukan pemeriksaan pada Manajemen Malang Plaza. Pemeriksaan akan dijadwalkan pada Jumat (05/05/2023) atau Minggu depan.

"Kalau misalnya ternyata besok tidak ada kegiatan, besok juga bisa kami mintai keterangan. Sementara pemilik kios belum kami mintai keterangan karena situasinya masih dalam kena musibah," paparnya.

Satreskrim Polresta Malang Kota akan menunggu sampai para pemilik kios siap untuk dimintai keterangan. Karena saat ini yang paling utama adalah pemeriksaan pada saksi yang pertama kali melihat kebakaran.

Terakhir, Bayu juga menyampaikan jika samapai saat ini gedung Malang Plaza masih dipasang garis polisi. Oleh karena itu, ia mengingatkan agar tidak ada satupun orang yang masuk ke dalam bangunan mall tersebut.

Baca Juga: Wali Kota Malang Tuntut Pertanggungjawaban Manajemen Malang Plaza

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya