Salah Tulis Aspirasi, Anggota DPRD Kab. Malang Dirukiah

DPRD salah menuliskan tuntutan keluarga korban

Malang, IDN Times - Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan bersama massa Aksi Kamisan Tragedi Kanjuruhanmemadati Kantor DPRD Kabupaten Malang Jalan Panji Nomor 119, Desa Penarukan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang pada Kamis (03/08/2023). Puluhan massa menggunakan pakaian hitam-hitam memadati gerbang depan gedung rakyat tersebut.

Ternyata mereka tengah melakukan rukiah di depan kantor DPRD Kabupaten Malang. Hal ini dilakukan karena para wakil rakyat telah keliru menuliskan tuntutan mereka usai audiensi pada 12 Juli 2023.

1. Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan mengatakan kalau hasil notulensi DPRD Kabupaten Malang salah

Salah Tulis Aspirasi, Anggota DPRD Kab. Malang DirukiahSalah satu keluarga korban, Nuri Hidayat. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Salah satu Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan, Nuri Hidayat mengungkapkan kalau acara rukiah hari ini dikarenakan dari pihak DPRD Kabupaten Malang sudah mengeluarkan notulen Dengan Pendapat Umum (RDPU) pada 12 Juli 2023 kemarin. Tapi pada poin kedua ada statement bahwa mereka akan mengawal renovasi Kanjuruhan. 

"Padahal saat ketemu tidak ada statement itu. Bahkan, mereka mengatakan akan mendialogkan dengan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) untuk menyampaikan tuntutan keluarga korban. Dan salah satu tuntutan keluarga korban adalah menolak renovasi Stadion Kanjuruhan sebelum keadilan ditegakkan," terangnya saat ditemui usai aksi.

Nuri mengungkapkan ia tidak paham maksud DPRD Kabupaten Malang melakukan kekeliruan tersebut. Menurutnya itu adalah kesalahan yang fatal seandainya benar-benar dikirimkan ke DPR RI.

"Kita tidak tahu apakah di poin kedua ada salah ketik atau apa, makanya kita adakan acara ini. Setelah dialog, katanya dari pihak DPRD akan mengganti," beber ayah dari korban meninggal Tragedi Kanjuruhan atas nama Jovan Varellino Yuseiva.

2. Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan melakukan rukiah agar wakil rakyat tidak salah lagi menulis aspirasi mereka

Salah Tulis Aspirasi, Anggota DPRD Kab. Malang DirukiahAksi rukiyah di depan Kantor DPRD Kabupaten Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Karena kesalahan menulis tuntutan tersebut membuat mereka memutuskan melakukan rukiah di Kantor DPRD Kabupaten Malang. Mereka bahkan menyiapkan ustadz khusus untuk memanjatkan doa-doa di depan gerbang gedung rakyat tersebut. Meskipun mereka tetap tidak diijinkan masuk ke dalam.

"Supaya kealpaan atau kekhilafan tidak terulang kembali. Harapan kita pada rukiah ini agar Rapat Dengan Pendapat Umum (RDPU) pada 12 Juli 2023 tersampaikan dengan betul," ujarnya.

3. Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan sudah berada di Kantor DPRD Kabupaten Malang sejak pagi

Salah Tulis Aspirasi, Anggota DPRD Kab. Malang DirukiahAksi rukiyah di depan Kantor DPRD Kabupaten Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Nuri menjelaskan kalau ia dan keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan sudah berusaha menemui anggota dewan sejak pagi. Namun, ia belum bisa bertemu satupun wakil rakyat di sana. Aksi mereka yang dimulai sejak pukul 16.40 WIB sampai 17.18 WIB juga belum ditemui satupun wakil rakyat.

"Kita sejak pagi sudah di sini untuk bertemu. Tapi saya belum dapat informasi apakah sudah ada pertemuan dengan dewan atau tidak," tandasnya.

Mereka juga telah menyampaikan surat agar bisa bertemu dengan anggota dewan terkait kekeliruan tersebut. Namun belum ada balasan atas surat tersebut hingga kini.

Baca Juga: ASN Kota Batu Gowes Malang-Jakarta Demi Keadilan Tragedi Kanjuruhan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya