Menpora Tengok Stadion Kanjuruhan

Menteri Dito sambangi pintu 13 Stadion Kanjuruhan

Malang, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Mepora) Republik Indonesia (RI), Dito Ariotedjo didampingi Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto mengunjungi Stadion Kanjuruhan pada Jumat (6/10/2023). Kedatangannya untuk meresmikan Kejuaraan Antarkampung Piala Kemenpora 2023 di Kabupaten Malang.

Tidak hanya itu, ia juga melihat langsung proses renovasi Stadion Kanjuruhan yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya dan PT Brantas Abipraya. Ia juga melihat pintu 13 Stadio Kanjuruhan yang menjadi saksi bisu banyaknya korban Tragedi Kanjuruhan.

1. Menpora RI berdoa di pintu 13 Stadion Kanjuruhan, targetkan 2024 renovasi akan rampung

Menpora Tengok Stadion KanjuruhanMenpora RI saat melihat langsung kondisi pintu 13 Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dito saat melihat langsung pintu 13 Stadion Kanjuruhan langsung melantunkan doa bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Malang. Di sana ia melihat benar-benar kerusakan akibat Tragedi Kanjuruhan yang jadi saksi bisu tragedi yang menewaskan 135 jiwa. Ia juga mengatakan bahwa Stadion Kanjuruhan akan dibangun kembali dengan target akan selesai pada 2024.

"Dalam rangka bulan Oktober dan kemarin peringatan 1 tahunan, kita selalu berdoa untuk setelah meninggal dan keluarga korban juga. Tadi sempat mampir lihat stadionnya juga sudah direnovasi, insya Allah akan selesai di tahun 2024," terangnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk merefleksikan Tragedi Kanjuruhan untuk lebih baik ke depannya. Sehingga kejadian serupa tidak akan terjadi lagi kedepannya.

Baca Juga: Setahun Petaka di Kanjuruhan, Mencari Keadilan yang Ditiup Angin

2. Menpora RI janjikan Stadion Kanjuruhan akan jadi tuan rumah event olahraga internasional

Menpora Tengok Stadion KanjuruhanMenpora RI memantau perkembangan renovasi Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dito juga mengatakan jika Stadion Kanjuruhan akan dimanfaatkan sebagai venue event-event olahraga tingkat internasional. Pasalnya renovasi Stadion Kanjuruhan sudah dilaksanakan sesuai standar FIFA, sehingga akan percuma jika tidak sering diselenggarakan event-event bergengsi.

"Stadion Kanjuruhan sudah direnovasi standar FIFA, tujuannya untuk kedepannya dilaksanakan agenda-agenda internasional. Kalau stadion ini selesai direnovasi pasti ini menjadi opsi banyak agenda olahraga," ujarnya.

Ia mengatakan jika Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Asia Wanita U-17 pada 2024 di Palembang. Sehingga tidak menutup kemungkinan di masa depan event dengan kelas yang sama akan diselenggarakan di Jawa Timur khususnya Malang.

3. Menpora RI dapat tugas dari Presiden RI untuk melaksanakan talent scouting hingga tingkat kampung

Menpora Tengok Stadion KanjuruhanPelempar lembing Sumatera Utara Abd Hafiz mengikuti nomor Final Lempar Lembing PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Selasa (5/10/2021). (Dok.IDN Times/PB PON XX Papua)

Lebih lanjut, Dito menyampaikan ia datang langsung memantau Kejuaraan Antarkampung Piala Kemenpora 2023 di Stadion Kanjuruhan karena atas instruksi Presiden RI untuk memantau bakat-bakat olahraga hingga tingkat kecamatan dan desa. Ia mengatakan jika dalam kompetisi ini ada setidaknya 600 atlet yang mengikuti 5 cabang olahraga diantaranya voli, badminton, tenis meja, basket, dan atletik.

"Dengan adanya kejuaraan tarkam yang targetnya diselenggarakan di 150 titik kabupaten/kota, otomatis bisa langsung melihat bagaimana situasi di daerah tersebut dan bagaimana prasarananya. ini bisa jadi catatan kita buat kita berjuang untuk daerah memajukan, dan pemerintah pusat memajukan juga," tandasnya.

Politisi dari Partai Golkar ini mengatakan bahwa atlet-atlet yang memiliki potensi akan mendapatkan beasiswa olahraga untuk mengembangkan bakatnya. Mereka bahkan telah bekerjasama dengan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) agar atlet mendapatkan pendidikan perkuliahan.

Baca Juga: Polisi Sebut Aremania Bantu Renovasi Kanjuruhan dengan Bakar Rumput

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya